Memperbaiki tv LED Sharp 24LE155 standby sendiri tidak bisa USB.

Setelah dalam kiriman sebelumnya pernah membahas tentang kerusakan tv sharp led model 24le155 matitotal. Saat itu penyebab kerusakan disebabkan oleh rusaknya data software. Diatasi dengan meng-upgrade firmware melalui port usb. Berikut adalah link kiriman tersebut >> Proses memperbaiki tv 24le155 matitotal kerusakan software. Nah, kali ini ada unit tv dengan model sama tetapi kerusakan sedikit berbeda. Kendalanya unit off standby sendiri dan tidak bisa detect usb upgrade.

Perlu diketahui untuk unit model ini port usb belum bisa digunakan untuk memutar file media (musik, foto maupun film) dan hanya bisa digunakan untuk service only, didalam kesing juga tertera tulisan SERVICE ONLY. Sehingga tidak disarankan untuk menggunakan port usb sebagai port media, flashdisk misalnya. Terlebih flashdisk yang terinfeksi virus malware karena akan menimbulkan kerusakan firmware(software) tv itu sendiri. Kesimpulan ini electoro peroleh setelah mendapati kasus kerusakan data firmware. Dan dengan bertanya kepada pemilik kronologi awal apakah pernah mencoba port usb dengan flashdisk berisi file media. Jawabannya "iya" kemudian tv tidak lama menjadi error dan matitotal.

Ok, langsung menuju proses memperbaiki unit yang kadang on off sendiri. Langkah awal electoro mulai mengukur testpoin tegangan kerja utama baik saat standby dan on. Hasil pengukuran saat standby terukur normal, dan saat on ketemulah sebuah kejanggalan. Catudaya 5V v10usb untuk IC utama RTD2634 pin 29 tidak ada. Setelah diukur lebih lanjut ternyata fuse FB3319 putus. Berikut gambar posisi fuse dalam pcb mainboard 24le155 dilingkari merah.

Posisi fuse yang putus.
Berikut ada potongan skema mainboard 24le155 yang telah membantu electoro dalam mencari penyebab tv off sendiri. Posisi dan jalur catudaya 5V untuk usb dilingkari merah pin 29 dengan kode v10usb melalui fuse fb3319. Catudaya ini ada ketika tv on, dan bila tegangan ini tidak ada maka firmware akan mendeteksi adanya kesalahan atau perbedaan konfigurasi, dimana seharusnya ada tetapi tidak ada. Keadaan ini akan memerintahkan program untuk kembali standby. 


Kesimpulan akhir, penyebab awal karena pemasangan flashdisk media sehingga memaksa unit membaca file flashdisk. Beban lebih dan file tidak sesuai membuat fuse putus. Langkah akhir electoro upgrade dengan file upgrade agar konfigurasi menjadi default dan masalah error unit kembali standby telah teratasi.

Comments

  1. Terimakasih sangat manfaat semoga jadi invest amal soleh 🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih