Membedakan ic vertikal LA78141 original dan LA78141 non-original.

IC vertikal LA78141 buatan sanyo yang original saat ini sangat sulit ditemukan di pasaran. Jika ada ic vertikal untuk tv crt slim dan super slim ini harganya sudah melambung tinggi. Seperti terlihat dari foto dibawah, foto electoro ambil tahun 2016 ketika itu sudah banyak komponen yang menyerupai dan terlihat seakan original. Banyak teman teknisi tv yang mengeluh ketika mengganti ic vertikal la78141 kemudian ic rusak lagi. Ada banyak faktor penyebabnya dan mungkin ini salah satu penyebabnya.


Dari foto ini coba electoro memberi ulasan perbedaan mengenai la18141 menyerupai (non-original/kw) vs la78141 original.  Dikatakan menyerupai karena memang menyerupai, bisa dibilang komponen ini seperti nomor seri ic vertikal lain (la78040) kemudian dimodifikasi atau disablon ulang dengan tulisan la78141. Dari hasil test ukur dan analisa lebih dari satu kali, la78141 non-ori bukan tidak bisa dipakai tetapi memang tidak sanggup jika dipasang di mesin crt slim. LA78141 non-original dapat digunakan dengan normal sebagai pengganti la78040 yang sering digunakan di televisi crt non-slim.

LA78141 non-ori vs original.

Penjelasan foto, yang kiri adalah yang menyerupai dan yang kanan original sanyo.

  • Ditandai nomor satu, original memiliki tanda trademark timbul khas. Non-ori tidak ada.
  • Ditandai nomor dua, original sablonan jelas dengan tulisan rapi tebal. Non-ori sablonan tipis tulisan agak tinggi-tinggi, permukaan tampak kasar seperti bekas amplas halus.
  • Ditandai nomor tiga, original kakinya ditekuk seperti difoto. Non-ori kaki lurus lempeng.
  • Ditandai nomor empat, original bodi yang terhubung ke headsink tebal dan kaki juga tebal kaku. Non-ori bodi ke headsink tipis dan kaki juga tipis.

Sekilas itulah cara mudah membedakan ic vertikal la78141 yang original dengan yang kurang bagus. Semoga pengalaman ini mengurangi resiko kerugian akibat dari komponen non-original hehe. Namun penting untuk diketahui sebelum mengganti ic vertikal rusak dengan yang baru atau memperbaiki bagian vertikal. Selalu periksa tegangan kerja supply vertikal normal, komponen pendukung normal seperti kapasitor elektrolit yang sering mengalami kerusakan, periksa juga defleksi yoke tidak short, dan part lain yang dibagian vertikal. Sehingga setelah penggantian ic atau perbaikan tv menjadi awet. Salam solder.

Comments

  1. Terimakasih banyak atas informasinya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. sama saja kang, cm mungkn dari segi usia yang membedakan, slm ini q pakek ic non original aman2 saja

    ReplyDelete
  3. sama saja kang, q pakek non original awet2 sj, yg pntg tegangan input output stabil. bedanya oro dan non ori cm dr segi usia pemakaian saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, termakasih sudah beekunjung dan berbagi.

      Delete
  4. Ok bos...q jg mengalami demikian..dpt ke skrng kapok q

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih