Membuat Tv LCD dari Layar Notebook dengan Universal Mesin Tv

Ini kisah 3 tahun lalu dan baru sempat dituliskan tahun ini. Awal cerita ketika 3 tahun lalu membeli notebook rusak melalui media online. Notebook accer aspire model 532h-2Cr dengan kondisi semua rusak dan hanya layar lcd yang masih hidup. Dulu dibeli ketika berniat pengen dibetulin eh setelah dipikir-pikir kok modalinnya lumayan banyak, akhirnya tidak jadi dibetulin dan memilih untuk bikin komputer pc saja. Akhirnya itu notebook hanya nongkrong ditumpukan barang bekas, menunggu siapa tahu suatu waktu ada yang mencari bekasan lcd model ini. Namun sudah 1 tahun berlalu kok tidak ada yang membutuhkan. Mungkin yang pada punya notebook model ini lcdnya pada awet heheh.

Akhirnya sembari beres-beres saya mencari ide untuk memanfaatkan lcd ini. Ketemulah ide untuk menjadikan lcd sebagai layar tv atau monitor komputer. Kebetulan saat itu menemukan juga mesin universal tv ditumpukkan barang tak terpakai. Berikut ini bahan yang saya gunakan.

  • LCD accer aspire 532h-2Cr seri lcd B101AW03 V0.
  • Mesin universal tv v29.
  • Power supply 12VDC 1A.
  • Kawat email.

Proses saya mulai dengan mencari pinout lvds lcd dan juga pinout lvds mesin universal tv, untuk pin power supply mudah karena hanya +-12VDC dan sudah tersedia. Secara teori lcd harusnya bisa digunakan (menampilkan gambar). Hanya secara fisik dan pinout berbeda sehingga perlu data keduanya agar bisa melakukan perakitan. Berikut data hasil mencari data pinout lcd dan mesin tv.

Data pin lcd dan universal mesin tv lcd.

Selanjutnya saya mulai merakit satu persatu jalur sesuai data. Koneksi saya gunakan sementara menggunakan kawat email dan menyoldernya dibagian TP(test point). LCD membutuhkan supply 3.3VDC diambil dari mesin universal tv, disana tersedia pilihan jumper untuk supply lcd (3.3VDC , 5VDC atau 12VDC). Ground ketemu ground. Kemudian jalur clock dan data, CK1inP CK1inN (clock sda scl), RX1in2P R1in2N, RX1in1P R1in1N, RX1in0P R1in0N (data RGB). Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Koneksi email dari mesin ke lcd.

Dan sudah selesai perakitan saatnya mencoba, hasilnya seperti gambar dibawah. Untuk warna RGB semua nampak sesuai dan pas, dalam arti tidak mencolok salah satu warna dari RGB ( Red Green Blue). Untuk tambahan pengaturan lain dapat dilakukan melalui setting service mode ataupun firmware.

Hasil gambar

Kekurangannya dari segi resolusi. Dimana lcd ini dari datasheet resolusi layar adalah 1200x600 piksel, sedangkan universal mesin tv resolusi paling kecil yang didukung adalah 1200x720piksel. Firmware dukungan mesin konfigurasi terendah yang tersedia adalah 1200x720piksel. Resolusi layar row vertikal terlalu kecil membuat gambar bawah terpotong sekitar 1cm atau 120piksel. Jadi mentok deh,, hehe. Cukup sulit memang menemukan lcd 10in resolusi vertikal diatas 600piksel, kebanyakan dimiliki oleh lcd diatas 13-14inchi.

Hasil gambar

Nah demikian kisah saya memanfaatkan lcd tidak terpakai menjadi tv ataupun monitor menggunakan mesin universal. Semoga kiriman ini  dapat membuka inspirasi teman pembaca khususnya teknisi elektronik yang dalam masa menghadapi peralihan teknologi analog to digital.

Comments