Memperbaiki Tv Sharp led 24LE155 matitotal dengan upgrade firmware

Selamat sore, salam jumpa kembali di blog electoro esse. Kesempatan ini akan bercerita kisah memperbaiki tv led sharp matitotal tetapi lampu indikator masih hidup. Kronologinya, tv bisa di on offkan namun layar hanya blank hitam dan suara tidak ada. Jika di amati dengan seksama ketika posisi  on ternyata lampu penerang (backlight layar) sudah menyala.


Teknologi memang tidak ada habisnya, perkembangan dalam elektronik sangat luar biasa. Contoh penggunaan perangkat lunak di tv lcd led plasma. Bila dipersen, persentasenya 50% hardware dan 50% software. Berbeda dengan tv crt tabung, penggunaan hardware masih mendominasi lebih dari 90% dan sisanya software. Bisa diperhatikan dari jumlah hardware yang digunakan oleh produsen dari waktu ke waktu, semakin sedikit.

Tv sharp LC-24LE155M adalah salah satu jenis tv led yang dikeluarkan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Jadi sudah pasti penggunaan hardware dan software berbanding 50:50. Mengingat hasil kronologi dan rincian diatas maka ada kemungkinan kesalahan data sofware sehingga tv bisa di on tetapi tidak keluar gambar dan suaranya.

Langkah pertama yang electoro esse lakukan yakni dari yang beresiko paling kecil dan tanpa membuka unit tv. Langkah ini merupakan upgrade data software unit tv melalui port usb. Alat yang diperlukan sebuah flashdisk 2gB dan firmware upgrade khusus untuk sharp 24LE155.

Caranya, format flashdisk kemudian masukkan file 24le155 kedalam flashdisk. Selanjutnya masukkan flashdisk ke port usb, kemudian hidupkan tv sambil menekan tombol power + info dipanel. Setelah sistem berhasil membaca file upgrade didalam flasdisk kurang lebih akan terlihat seperti foto Gbr.01.

Gbr.01 Proses Upgrade.

Alhasil dengan langkah pertama ini sudah berhasil mengembalikan unit tv menjadi normal kembali. Proses upgrade ini kurang lebih sekitar 10 menit. Setelah upgrade semua program dan setelan akan kembali ke default pabrik. Proses upgrade selesai tanpa ada kendala akan tampil seperti Gbr.02 dengan notifikasi dilayar " Instal Completed".

Gbr.02 Selesai Upgrade.
Untuk kasus kerusakan disebabkan oleh data sofware, sharp 24le155 umumnya ditandai dengan menyalanya lampu penerang layar (backlight) saat tv on. Jika  lampu penerang tidak menyala maka ada kemungkinan kerusakan hardware ( bagian lampu backlight), namun perlu dicoba dengan memaksimalkan bagian software terlebih dulu.

Comments

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih