Membuat kabel usb OTG dan kabel USB DFC.

Zaman modern ini pasti sudah tidak asing dengan namanya USB. USB merupakan kependekan dari Universal Serial Bus yaitu sebuah standar bus komunikasi serial penghubung antar dua perangkat. Dalam perkembangannya kini fitur fungsi USB kian diperbarui dan dijadikan sebagai jalur yang multifungsi. Salah satu contoh usb plugin 2.0 yang disematkan pada ponsel smartphone. USB 2.0 yang banyak digunakan saat ini usb dengan jalur 5 buah (5pin).  Diantaranya jalur positif 5V, negatif 0V,  jalur Data +, jalur Data -, jalur NC atau OTG mode.


Dengan mode koneksi dan keperluan tertentu, usb plugin dapat difungsikan diantaranya sebagai ;
  • Pengisian daya baterai. Pengisian daya umumnya hanya memakai 2 jalur yaitu jalur positif 5V dan negatif 0V.
  • Perpindahan dan pertukaran data. Koneksi ini membutuhkan 4 jalur; positif 5V, negatif 0V , Data + dan Data -. Koneksi ini yang murni disebut kabel data USB.
  • Upload dan download firmware. Keperluan perbaikan perangkat, biasa diperlukan pada saat flashing. Koneksi yang diperlukan sama dengan koneksi perpindahan dan pertukaran data.
  • Mode DFC atau deepflash mode. Keperluan untuk perbaikan perangkat dalam mode booting. Koneksi usb mode dfc sama dengan koneksi kabel data usb biasa, hanya memerlukan sebuah switch trigger (tactile) yang dihubungkan  antara negatif(ground) dan Data +.
  • Mode USB host atau OTG (on the go). Sebuah fitur yang memungkinkan perangkat dapat difungsikan sebagai host. Hampir ponsel model baru sekarang memiliki fungsi ini. Contoh; baca tulis flashdisk (memori atau hdd) melalui ponsel, memasang keyboard eksternal pada ponsel, memfungsikan ponsel sebagai powerbank. Koneksi yang dibutuhkan 5 jalur. Jadi semua pin terkoneksi antara usb male kecil dan usb female besar. Titik penting koneksi ada dipin OTG, saat otg aktif pin ini terhubung ke ground(negatif).

Berikut skema kabel usb Mode DFC.

Skema kabel usb DFC. 

Penjelasan gambar. Tidak semua smartphone dijejali fitur ini. Saat ini tersedia di ponsel xiaomi chipset qualcomn. Point utama skema ini ada diswitch trigger (SW) yang berfungsi untuk trigger on off. Mode ini dapat berfungsi dengan syarat ponsel berada dalam posisi booting bootloader. Switch ditekan tahan beberapa saat sambil koneksi usb ponsel dihubungkan ke komputer. Sistem akan memanggil mode DFC yang sudah terprogram diponsel.
Jika ingin membuat sendiri kabel ini dari kabel usb data biasa maka tinggal dikupas dan diberi switch tactile sesuai skema diatas. Tidak disarankan untuk menggunakan kabel ini tanpa pengetahuan tentang sofware dan firmware ponsel. Hanya untuk kalangan teknisi atau sudah berpengalaman dan mengetahui resiko yang akan terjadi.

Berikut skema kabel usb host OTG.

Skema kabel usb OTG.

Penjelasan gambar. Ketika dalam mode pengisian daya, jalur positif 5V digunakan sebagai LINE IN yakni dari charger menuju ponsel. Dalam mode host OTG jalur 5V akan sebaliknya, jalur ini menjadi LINE  OUT yang mengeluarkan tegangan 5V, dari ponsel menuju perangkat lainnya (misal flashdisk, keyboard atau ponsel lain). Mode OTG aktif saat jalur otg terhubung ke negatif (ground). Jika kabel ini ingin dibuat sendiri dan ingin memiliki fungsi ganda (usb data dan usb otg), maka koneksi pin otg ke negatif perlu diberi switch ON/OFF.

Bagi yang ingin membuat sendiri dari kabel data usb yang tidak terpakai lagi silahkan dicoba, tidak begitu sulit membuat kabel-kabel multifungsi ini namun jika sayang kabel usb datanya dipotong-potong maka pergi ketoko dan beli yang sudah jadi adalah solusinya. Saat ini sudah banyak tersedia dipasaran.



Comments

  1. Mantoel bang, solusi untuk pemanfaatan usb cable yang rusak. Bukan untuk motong2 kabel yang bagus 😂

    ReplyDelete
  2. Kak , kalo otg/usb host yang bisa charger sekalian itu bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gimana ya, agak bingung ini.
      kalau otg/usb host salah satu fungsinya menjadikan port usb hp yg semula IN-put menjadi OUT-put.

      sebagai contoh hp1 dan hp2.

      hp 1 akan difungsikan sbg usb host, sedang hp 2 adl target( yg akan dicharger).

      maka tinggal colokin kabel usb otg di hp 1, dan sambungkan kabel usb biasa di hp 2.

      ----Catatannya adlh, hp 1 sudah support OTG.

      ----bila saat ini sudah keluar teknologi terbaru yg bisa dual fungsi diwaktu yang sama dan port yang sama, penulis belum melihat langsung, tp ada kemungkinan itu terjadi

      makasih, semoga membantu

      Delete
    2. kalau yang ada dipostingan artikel diatas otg sekaligus charger maksudnya untuk keperluan servis/teknis. Tidak bisa umum. sehingga perlu switch(saklar)

      Delete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih