Sharp lcd LED LC 24DC50M standby led merah kedip-kedip

Kendala tidak dapat dinyalakan dan hanya standby dengan led merah mengedip  terus menerus. Langkah pertama yang kami lakukan yaitu megukur  tegangan utama 5V, 3.3V, 1.2V disaat stanby . Sampai disini tegangan terukur normal tidak ada drop maupun berdenyut.  Selanjutnya langkah kedua yang ditempuh yakni me-rewrite ic  SPI flash bios winbond 25Q64BVSG yang berukuran lumayan besar lebih dari 8Mb.  Sesudah me-rewrite data bios kami berharap tv sudah dapat menyala normal kembali. Namun apa daya tv masih genit berkedip-kedip belum mau nyala.


Sempat  kesulitan menganalisa kerusakan tv led Sharp ini. Dikebanyakan problem, problem seperti ini sudah dapat disembuhkan dengan mengeflash firmware atau malah-malah masih sebatas power supply kurang stabil. Beberapa hari  tv kami tinggalkan sambil mencari informasi dari rekan teknisi, sampai akhirnya dua minggu yang lalu kami membaca posting Pak Marsono tentang tv lcd sharp LC32M400 yang mengalami kasus serupa. Memang berbeda modelnya tetapi apa salahnya kami mencoba sebelum berniat mengganti mainboard. Mainboard cukup mahal, sulit dicari yang sama pula.

Dari sumber tersebut mendapat informasi bahwa kedip disebabkan oleh error eeprom pada setingan Backlight inverter.  Default pabrik bila error sudah 5 kali maka eep akan menstandbykan tv. Untuk memperbaikinya harus melakukan “clear eep” melalui service mode. Berikut adalah langkah yang kami coba, sama caranya dengan cara pak Marsono hanya beda sedikit tombolnya.
  • Lepas colokan/ jack AC listrik dari stop kontak.
  • Tekan bersamaan dan tahan tombol INPUT dan VOLUME  Down pada panel TV.
  • Masukkan aliran listrik / tancapkan kembali ke stopkontak.
  • Tunggu beberapa detik maka lampu led hijau ON akan menyala dan dilayar tampil mode “ K “ Model CVBS USB. Jika belum tampil ulangi kembali langkah diatas.
  • Sesudah keluar mode K, tekan CH Down dan VOLUME  Down secara bersamaan pada panel tv agar menu eep (service mode) dapat tampil.
Baca juga postingan tv sharp lcd led yang lain : 
Pada Sharp LC24DC50M menu service mode ada 10 halaman, pada halaman 1 akan tampil seperti gambar dibawah. Disini tampil bahwa jelas ternyata ada laporan error dari backlight inverter, jika error bukan disebabkan oleh rangkaian baclight maka laporan bisa berbeda.  Menu eep clear ada dihalaman 10. Untuk memindah halaman menu menggunakan  CH Up atau CH Down remot control, mengubah nilai dengan VOLUME +/ VOLUME -. Untuk menyimpan dengan memutus aliran listrik/ mencabut jack AC dari stopkontak.

Gbr tampilan layar posisi service mode Sharp.

Jika ingin merubah nilai sebaiknya diingat nilai mana yang diubah atau dicatat agar tidak terjadi kesalahan pemberian nilai yang bisa menyebabkan kerusakan lainnya. 
Untuk mencegah error kembali terulang sebaiknya resolder bagian inverter LED backlight dan berikan garansi servis. Demikian yang bisa kami sampaikan dalam postingan malam ini. Terimakasih untuk narasumber yang sudah berbagi ilmunya. Salam SOLDER.


Comments

  1. sudah saya coba tutorial diatas namun tak ada reaksi, mohon pencerahannya boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus awal bagaimana ya? tombol panel apakah kondisi bagus? jika tombol jrg dipakai los kontak.

      Delete
    2. Mas tv sya led hijau tapi gambar n suara tidak da sya dh ikuti ptunjuk ny tp msh hijau ja led ny mhon pencerahanny

      Delete
    3. Mas tv sya led hijau tapi gambar n suara tidak da sya dh ikuti ptunjuk ny tp msh hijau ja led ny mhon pencerahanny

      Delete
    4. mas Ferdyan, kemungikinan besar sofware korrup atau backlught problem. mksh

      Delete
  2. Sama tuh gan kejadiannya udah ikutin caranya tapi masih sama gak ada perubahan!, gmna tuh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicek lebih lanjut atau bawa ke tukang servis kepercayaan Anda, brand ini sering terkendala di sofwarena. mksh

      Delete
  3. Replies
    1. adanya yg 22L50M yg model ini sy blum ada. trims

      Delete
  4. Guys TV LED Sharp Aquos model LC-40LE265M-WH
    Lampu merah kedip2 cara resetnya gimana tombol nya pakai joistik. Makasih

    ReplyDelete
  5. Selamat siang master saya ada masalah dg sharp aquos lc24 le1571lampu merah berkedip kedip setelah saya coba tekan input dg volume min tetap berkedip.tapi saya coba tekan power lalu saya colokan ac nya hidup lampu hijau bayangan back ligh terlihat sepintas lalu lampu berubah hijau.dan orange kedap kedip mohon bantuannya master trims

    ReplyDelete
  6. Kalau tegangan powersuply ikut berdenyut seiring indikator kedip kedip itu yg rusak motherboard atau psu nya master

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih