Toshiba lcd LED 32PU200 EJ gambar klise terbalik setelah ganti mainboard

Kerusakan awal dari tv ini adalah matitotal. Led merah standby tidak menyala. Tetapi  tegangan standby dari power supply sebesar 5vDC ada, tidak drop maupun berdenyut.  Dari analisa ini pencarian penyebab tv tidak mau hidup difokuskan pada mainboard. Pengukuran tegangan IC regulator mainboard dilakukan, tegangan 3,3vDC terukur ada, testpoin termudah 3,3vdc ini pada bagian sensor IR remot control.  Jika di salah satu kaki IR (kaki vcc) ada tegangan sebesar 3.3v maka  dipastikan tegangan standby  sudah masuk ke microcontrol. Sebaliknya bila tidak ada tegangan maka biasanya IC regulator mengalami kerusakan / drop.  Tegangan ini penting untuk awal mula beroperasinya televisi.
Dalam kasus kami, tegangan 3.3v normal dan seharusnya tv bisa menyala bila ditekan ch-up atau tombol power.  Namun ternyata tidak ada reaksi apapun , led merah dan hijau tetap padam. Akhirnya diputuskan untuk mere-write bios. Butuh berhari hari untuk mendapat firmware pengganti,  bertanya kepada teman-teman seprofesi difesbuk apakah ada yang memiliki fw Toshiba 32pu200ej. Karena pihak Toshiba sendiri  tidak memberikan software update terkini.  Setelah  dapat file tersebut akhirnya ic di backup,di erase dan diflash ulang dengan file baru, dan tidak sabar rasanya menunggu apakah tv dapat menyala kembali? Jawabannya tidak, tv masih tetap seperti semula. Ditahap ini analisa berakhir pada chipset cpu mainboard rusak sehingga harus mengganti satu modul mainboard.

Sesudah disepakati akhirnya pemilik bersedia mengganti mainboard. Dan diperoleh main board yang sama sesuai dengan tipe dan modelnya. Namun lagi-lagi penggantian mainboard pun tidak berjalan dengan mulus. Gambar menjadi terbalik dan  warna seperti klise. Disini ada kemungkinan besar mainboard dan panel lcd tidak matching. Akhirnya bertanya kembali kepada rekan, diberitahu untuk merubah opsi panel dari service mode. Panel harus di-on-kan agar dapat di pakai dalam mainboard yang berbeda. Namun yang kami  coba kombinasi service mode untuk Toshiba lcd tidak dapat diaplikasikan untuk Toshiba led 32PU200EJ ini. Sampai tulisan ini dibuat kombinasi service mode Toshiba led jenis ini belum diketahui, dikarenakan switch menu dipanel tv tidak ada. Mencoba beberapa kombinasi hanya berhasil sampai dihotel mode.

Setelah akhirnya pegang kepala, cara ini itu belum berhasil , terpikir untuk menukar file bios mainboard baru dengan file bios mainboard asli yang semula telah dibackup. Tanpa berlama-lama eksekusi dilakukan dan tarara … blueback tampil dengan warna sempurna tidak terbalik dan klise. Coba tekan menu dari remot dan alhasil tampilnya osd serta gambar pun sudah normal.

Berikut gambar televisi setelah selesai dikerjakan.

Gbr unit tv selesai update file bios.


UPDATE posting.

Firmware bios memori flash dapat diunduh disini.

BACA JUGA ARTIKEL TERBARU >>> Toshiba 32L2400VJ keluhan gambar klise terbalik.

Kesimpulannya, pengaturan atau setting  didalam data firmware mainboard baru yang tidak sesuai dengan panel lcd. Sehingga perlu menyamakan setingan seperti data firmware yang ada di mainboard lama(aslinya). Jika saja bisa masuk ke service mode tentu ini akan menjadi lebih mudah.

Comments

  1. malam gan.. kebetulan tv toshiba saya kena trouble yg sama, klo boleh di sharing, yg wajib di ganti itu mainboard nya atau PSU? trus kira2 harga nya brp trims Elik.

    ReplyDelete
  2. sama seperti diatas, awal nya sulit startup dr posisi standby via remote/ tombol analog, kadang sampai 30 mnt br nyala, terakhir minggu lalu sama sekali gak ada respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak kemungkinan mas,,bisa power supply,,bisa mainboard error,,bisa juga rangkaian backlight.. Terimakasih

      Delete
    2. Mas Toro workshop dmn? Saya bawa 32PU200EJ saya kstu sj gt sm mainboard yg br saya beli? Kasus saya sm, plus USB gak terbaca sm skl. Btw, cara ngopi FW antar mainboard gt gmn ya?

      Delete
    3. Mas Toro workshop dmn? Saya bawa 32PU200EJ saya kstu sj gt sm mainboard yg br saya beli? Kasus saya sm, plus USB gak terbaca sm skl. Btw, cara ngopi FW antar mainboard gt gmn ya?

      Delete
    4. Alamat ada di sub Tentang Kami. paling bawah dihalaman ini. Kalau cara mengkopi file silahkan search dahulu di gooogle, saat ini belum membuat postingan itu.. akan panjang sekali jika dijelaskan. Terimaksih..

      Delete
  3. mas punya pengalaman toshiba android 39l4300 mati total?

    ReplyDelete
  4. Mas bisa share Firmware Toshiba LED 32PU200 EJ kebetulan tv saya sama dengan kasus usb play Movie sering restart tv e
    Trims b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. facebook ada mas? atau email? silahkan masukkan di form "hubungi kami" nanti saya kirim..

      sebaiknya nanti file asli di backup dulu ya,, buat jaga2. terimaksih.

      Delete
  5. kalau untuk masuk service mode toshiba LED tekan mute dan Tahan di Remote dan input di TV, oh ya, firmware 32PU200EJ na bisa di kirim ke neoxlabs@yahoo.com gak? thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya berhasil keluar ''hotel mode'' gan untuk kombinasi itu.. kalau yg lcd dijamin joss.. :D .. kalau tidak nanti lain ksempatan akan saya coba..

      firmware sudah dikiirm .. cek email gan,, makasih sudah berkunjung..

      Delete
    2. terima kasih firmware nya gan, joss ! :D

      Delete
    3. terima kasih firmware nya gan, joss ! :D

      Delete
    4. Gan, Saya punya kasus yang sama 32PU200EJ, udah beli mainboard tapi tidak cocok, gambar terbalik dan klise, katanya mesti update firmware ke mainboard yg baru yg mau dipasangkan supaya cocok dengan layarnya katanya.
      Boleh dong kirim ke email Saya mintak file firmware untuk 32PU200EJ, please...
      ini email Saya: syurahbil@gmail.com

      Delete
    5. kalau mb lama masih ada tinggal copykan saja file firmware mb lama ke mb baru.. terimaksih..

      Delete
  6. gan saya punya kasus yang sama,awalnya tv saya hidup seperti biasa,tapi setelah dimatikan dan dihidupkan lagi,gambarnya terbalik dan klise.apakah perlu melakukan update firmware?bagaimana caranya gan?atau bisa kirimkan ROM firmware nya gan..terimaksi sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin update rom bisa dicoba ,, tapi dr kebanyakan kasus klise terjadi jika ganti maiboard.

      Delete
  7. mas sy mau tanya tipe toshiba saya 32PB201ej,lampu hijau nyala, tapi ga ada gambar suara ada, saya coba ganti power supply nya dgn tipe 32pb200 tp tetap ga ada gambar, kerusakan di led nya apa di mainboard ya mas? tolong di respon ya..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan bukan dari power supply mas.. kemungkinan besar dari mainboard.

      Delete
  8. 32PU200EJ fireware toling bisa di kirim ke email saya mas wardhanijoko@gmail.com, matur suwun

    ReplyDelete
  9. mohon kirim file 32PU200EJ fireware ke email saya mas? sale_his@yahoo.com.. terima kasih

    ReplyDelete
  10. 32PU200EJ fireware tolong bisa di kirim ke email saya mas sgyono002@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Met malem mas,bisa copy fw 32pu200ej.
    Ini email saya.
    Mickodj79@gmail.com makasih mas buat attention nya.

    ReplyDelete
  12. Mas tolong minta freeware 32pu200ej mas, email saya: sihabudinachmad92@gmail.com

    ReplyDelete
  13. malam mas admin....maaf mas..mo nanya
    punya firmware toshiba 32P2400VJ, kalo punya minta tolong bagi dong mas
    ni email saya dijepj@gmail.com, tolong ya mas
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf untuk saat ini file belum dibagikan secara cuma-cuma. mohon harap maklum. terimaksih

      Delete
  14. Mas punya firmware panasonic TH-L32X20S, kalau ada sy minta, masalahnya TV pindah chanel sendiri, tombol2 ngacau, trs tdk berfungsi, remot juga tdk berfungsi, kalau pas normal, hidup normal trs, trnksh

    ReplyDelete
  15. Kalau ada tolong kirim ke hery.purnomo2010@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Link Firmware sudah diupdate.. silahkan diunduh melalui link diatas.. mohon maaf tidak dibalas satu persatu. terimakasih

    ReplyDelete
  17. Mohon maaf mas,,kl ga keberatan tlng kirim firmware toshiba 32pu200ej ke email sy,soalnya sy dah cb unduh link diatas tp gagal terus.terimakasih..bams.tuser@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Mas tolong di kirim firmware y toshiba pu200nya ke cablak_abisss@yahoo.com...tks

    ReplyDelete
  19. Mas bisa di email ke saya firmware ya pu200ya..tks

    ReplyDelete
  20. Sedikit share ni om tv ane pu200 layar ya ngezoom jadi klo buat nonton kepala ya ilang separoh info dunk kerusakan ya...tks

    ReplyDelete
  21. Link Download sudah tersedia,,, mohon untuk download dari link yang sudah diupdate.. terimaksih

    ReplyDelete
  22. minta info LED 32 inch toshiba muncul USB tegangan berlebih coba matikan daya cabut colokan listrik restar ulang . udah banyak kali saya lakukan hasilnya nihil tetap restar@ terus apanya yg bermasalah

    ReplyDelete
  23. Tv saya thosiba 32L2400VJ gambar terbalik dan gambar buram. Suara ok. Terjadi pas saya cabut USB dr tv. Itu kenapa ya mas. Cara memperbaikinya gimana ya mas... Tolong kirim email ya mas samhady17.04@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus sama dengan tv saya dengan tipe yg sama jg. ketika dinyalakan gambarnya jd terbalik. mohon bantuannya.

      Delete
    2. solusi untuk saat ini dengan upgrade sofware . silahkan baca di artikel bulan oktober 2016 diblog ini. termakasih.

      Delete
  24. Mohon bantuannya, Tv saya thosiba 32P2400VJ gambar terbalik dan gambar buram. Kira2 kenapa ya mas? Cara memperbaikinya gimana ya mas... Tolong kirim email saya di dicki.septiyadie@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusi untuk saat ini dengan upgrade sofware . silahkan baca di artikel bulan oktober 2016 diblog ini. termakasih.

      Delete
  25. salam kenal...
    model tv toshiba 39L4300VE..
    HAnya tampilan logo atau juga bisa disebut bootloop artinya TV hanya sampai tampilan logo sessat setelah tv dinyalakan,,mohon bantuan nya..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan besar kerusakan data sofware pak. Bisa dicoba dengan upgrade sofware. terimaksih

      Delete
  26. Gan mohon pencerahannya..tv Toshiba 32pu200ej waktu mau di hidupkan nyalanya nya lama sekali.indikator lampu merah berubah ke hijau nyala..setelah hidup tidak ada masalah yg lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar yang palin sering terjadi tegangan kerja tidak stabil.

      Delete
  27. Password file di atas apa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. konfirm ke email atau kontak sms nomor diatas gan

      Delete
  28. 32PU200EJ fireware tolong di kirim ke email saya mas bayriespecs@gmail.com . Terima kasih banyak mas sebelumnya.

    ReplyDelete
  29. mas masalah saya serupa tapi tipe berbeda apakah mas ada frimware TV Led Toshiba 32p1400, kalau ada bisa kirim ke job.alamsyah@gmail.com ,,, terimkasih sebelumnya atas pencerahanya

    ReplyDelete
  30. maaf gan salam kenal...ikut copas ...yang diinfut ke flasdish format bin atau diektrak pake winrar soalnya minta pasword...kalo bisa kirim ke email cucuasep@ymail.com...mkasih

    ReplyDelete
  31. gan punya firmware buat toshiba 32p2400vj?...

    ReplyDelete
  32. gan punya firmware buat toshiba 32p2400vj?...

    ReplyDelete
  33. maaf gan salam kenal...ikut copas ...yang diinfut ke flasdish format bin atau diektrak pake winrar soalnya minta pasword...kalo bisa kirim ke email cucuasep@ymail.com...mkasih

    ReplyDelete
  34. mas boleh minta password ny tolong kirimin k email : aguzsuaminyaalvi@gmail.com

    ReplyDelete
  35. Mas firmware nya bisa untuk toshiba 32PB200EJ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum dicoba. spertinya kasus akan sama . klise terbalik.

      Delete
  36. mlam mas mohon solusi tv saya thosiba type 32pu200ej indikator led hanya hijau saja pakai remot tidak bisa respon ,sepertinya blank ,wasalam terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba yg termudah, mulai dari isi ulang firmware.

      Delete
  37. Salam kenal mas saya beli tv saya toshiba 32ps200ej kondisi awal nya mati total...lampu indikator tidak menyala lalu saya ukur tegangan standby semua ada lalu saya ambil kesimpulan ic utama mainboard tidak bekerja lalu saya panasi aja pakai blower ternyata berhasil
    Lampu indikator power nyala merah dan di tekan on off tv nyala tapi gelap...lalu saya ukur fuse pada tcon tenyata putus lalu saya jumper dan berhasil gambar nya keluar tatapi masih ada masalah lagi pada warna seperti klise pada tahap ini kalo boleh tahu kerusakan nya apa ya mas apa masih di hw atau sw untuk tegangan pada testpoint ic gamma semua normal..? Mohon pencerhan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti posting diatas pak, yg dicetak tebal, terimaksih.

      Delete
  38. Assalamualaikum..Mas salam kenal,saya punya tv led 32pu200ej.ic biosnya mati udah di ganti dengan yang baru tpi firware yang bawaan tidak bisa di bacup karna icnya kebakar jadi diisi dengan firware yang baru,tapi gambarnya agak klise,boleh minta firware kopian ic yang bawannya..ini email saya kanyangwak@gmail.com..terima kasih sebelumnya wassalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba file diatas. pasword " ..electoroesse.. " tanpa tanda petik.

      Delete
  39. mas tolong d bantu untuk info tv sy led toshiba seri 32p2400vj chanel pindah pindah sendiri gmn mas solusinya trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa tombol panel ditv apakah ada yg tidak kembali. jika bagus maka hubungi tempat servis kepercayaan Anda. terimakasih.

      Delete
  40. UPDATE password file " ..electoroesse.. " tanpa tanda petik.

    ReplyDelete
  41. Om ad fb gk om,q mau tau tentang firmware,

    ReplyDelete
  42. Kasus saya usb tidak berfungsi , tidak dapat membaca flash disini yang ditolak. Mohon pencerahan infonya bisa dikirim di Email saya tenny.mutahang@gmail.com
    Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling sering terjadi regulator usb rusak dan sofware minta diupdate pak. mksh

      Delete
  43. Tv saya toshiba 40 pu200 mati total. 5vdc ngdrop smua, kecuali output regulator 13 volt dan 80 volt ada. Tolong bantu

    ReplyDelete
  44. Mas Toro, mohon bantuannya untuk dapat mengirim firmware 32PU200EJ, krn yang saya download dr Link di atas ada passwordnya shgg gak bisa di extract. ini email saya sudroid72@gmail.com. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  45. Mas Toro, mohon bantuannya untuk dapat mengirim firmware 32P2400VJ Ke email saya dian_febrian_oe09@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kunjungi postingan ini. disana tersedia tempat unduhannya. https://electoro.blogspot.co.id/2016/10/toshiba-32lv2400-vj-gambar-klise.html

      Delete
    2. kunjungi postingan ini. disana tersedia tempat unduhannya. https://electoro.blogspot.co.id/2016/10/toshiba-32lv2400-vj-gambar-klise.html

      Delete
  46. mas boleh minta kirim firmware 32PU200EJ Ke email: oic1209@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  47. Mohon pencerahannya...tv sy toshiba 24inch tdk fungsi colokan hdmi saja...stlh itu ganti panel pny 32inch..alhasil terbalik..bgmn solusinya? Makasih

    ReplyDelete
  48. Saya nyuwun file bios nya 32PB200EJ donk bos..
    Email: enddy.irawan@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih tv nya,, mohon di bantu firmware tv toshiba 32PB200EJ dari pagi ampe mlm gak nemu nemu haduhh,, swmoga dapat bantu,,

      Delete
  49. Mohon di bantu suhu master,, minta firmware tv toshiba 32PB200EJ,, semoga berkah amin

    ReplyDelete
  50. klo kerusakan gambar melebar apa sama

    ReplyDelete
  51. Mas saya mau tanya kalao tv led toshiba 32PU200EJ kasus tv di on, kan nyala suwara normal gambar blang biru polos agak gelap, saya cek dc vol di panel lcd, cek 12vol ada, VDD12- 0 vol, teros cek
    VDD-0 vol, VDA-0 vol,
    VGHP-0 vol, VGL-0 vol
    VAAP-0 vol.
    untuk kapasitornya sudah saya cek semua di panel bagus semua, apa mungkin ic,CM501 di panelnya,, yang rusak ya mas,,mohon informasinya ya mas terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan atau data dari mainboard ada tidak pak? coba dibersihkan dulu flexibelnya.
      kalau dari panel dan t-con(cm501) akan protek jika panel short. jd cek resistansi jalur lagi .

      Delete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih