Modifikasi Flyback Fbt LG 6174V-6006J dengan LG BSC25-N0363

Tv ini adalah tv LG semi flat 21 dengan fitur dvd. Kasus kerusakan tv tidak bisa hidup. Jika di tekan power on led indikator merah kedip kedip, Pengukuran tegangan standby 5v normal, pengukuran tegangan saat seharusnya on menyala di vcc b+ horisontal 115v terukur drop dan berdenyut. Pemeriksaan lebih lanjut ternyata transistor penguat  horisontal tidak putus atau korslet, kapasitor dumper dan resonansi terukur masih dalam kondisi bagus. Bagian driver horisontal juga terukur bekerja dengan baik. Kesimpulan ada indikasi flyback semi korslet.




Pengukuran dan pemeriksaan flyback dapat dilakukan dengan sedikit teknik. Agar dapat meminimalisir rusaknya TR Hot. Siapkan sebuah lampu pijar 75W atau 100W. 
  • Putus jalur antara Kolektor transistor horisontal dengan sumber tegangan 115v, kemudian diantara kedua ujung jalur tersebut dipasang lampu pijar. 
  • Kali ini kami pakai lampu pijar 75w.Hidupkan tv dan lihat nyala lampu pijar apakah redup, sedang atau terang. Sambil diukur tegangan 115v-nya. Kemudian lihat hasilnya.
  • Jika Lampu redup :Tidak ada beban lebih dirangkaian sesudah lampu pijar. Penyebab kerusakan dirangkaian sebelum lampu pijar, seperti power supply tidak bekerja maksimal.
  • Jika Lampu sedang : Ada beban berlebih dirangkaian sesudah lampu pijar. Bisa disebabkan oleh komponen seperti output sekunder fbt bermasalah, kapasitor dumper resonan dan fbt yang setengah korslet.
  • Jika Lampu terang : Ada beban berlebih (korsleting) dirangkaian sesudah lampu pijar. Bisa disebabkan oleh transistor penguat horisontal korslet, fbt korslet, rangkaian output bermasalah. Periksa rangkaian dan komponen secara detail apabila menemukan kondisi seperti ini. Jangan sampai penggantian transistor horisontal tidak sempurna.
Kasus yang kami jumpai lampu pijar menyala sedang (tidak redup atau terang) dan tegangan terukur normal tidak berdenyut ( normal 115VDC). Lampu menyala sedang mengindikasikan ada beban sedikit erat dirangkaian sesudah lampu yakni rangkaian penguat horisaontal. Kapasitor dan transistor dari hasil ukur terukur bagus.  Disimpulkan kumparan didalam fbt antara kolektor dan B+ sudah mengalami semi korslet sehingga harus mengganti fbt tersebut. Dalam pengukuran lebih lanjut sebelum memvonis fbt jangan lupa mengukur setiap output sekunder fbt, seperti 14v catu vertikal, 180v catu rgb, heater, screen dan fokus.

Dibawah adalah gambar pemasangan lilitan -14v dan 14v.

Gbr pemasangan kawat email.

Setelah memastikan kerusakan fbt akhirnya berburu fbt. Namun ternyata FBT 6174V-6006J sangat sulit dipasaran bebas dan kudu mencari fbt di SC dan itupun indent cukup lama. Karena pingin segera menonton tv akhirnya berdiskusi dengan pemilik tv bagaimana bila fbt diganti dengan fbt LG flat tipe lain. Saat itu FBT  BSC25-N0363 menjadi pilihan.


Data pin flyback ini adalah:

 6174V-6006J 
Col_B+ 115v_-14v_14v_200v_Gnd_NC_26v_ABL_Heater.
 BSC25-N0363 COL_200v_B+ 115v_Gnd_inner_26v_NC_ABL_Heater_AFC.

Untuk memastikan fbt dapat bekerja dengan baik yang pertama kami koneksi adalah pin B+ dan Kolektor, pin lainnya belum dikoneksikan. Hasilnya fbt dapat bekerja dengan baik dan B+ normal, tegangan output 5VAC juga pas (heater jangan lebih dari 7VAC karena bisa merusak filamen tabung). Kemudian dilanjutkan memasang semua kaki fbt. Modifikasi kami lakukan untuk membuat catu vertikal -14V dan +14V. Kawat email yang kami pakai diameter 0.5mm. Proses melilit dilakukan pertahap sampai menghasilkan tegangan yang diinginkan. Setiap satu putaran biasanya menghasilkan 2-3V. Setelah selesai sebaiknya kumparan ( hasil lilit) di lapisi isolasi tahan panas.

Catatan: 
  • FBT adalah singkatan dari flyback Transformator.
  • Penggantian fbt dengan tipe lain sebaiknya disesuaikan. Dalam artian jika yang akan diganti adalah tv jenis slim/flat maka pengganti harus dari jenis slim/flat juga. Jika aslinya slim/flat kemudian diganti dengan fbt untuk tv cembung biasanya akan menyebabkan cacat gambar dan tidak menjamin usia fbt bertahan lama.
  • Jika fbt asli masih ada pengganti akan lebih baik jika diganti sesuai dengan seri aslinya.



Comments

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih