Tv LED Sharp LC-29LE507i gambar gelap suara ada

Beberapa hari lalu ada sebuah televisi sharp LC-29LE507i yang masuk ke tempat servis kami. Keluhan televisi ini yaitu layar hanya gelap sementara suara ada. Sebelum melakukan pembukaan kesing unit, pertama kami memastikan apakah layar masih bekerja dengan baik atau bahkan cacat retak.  Cara yang kami lakukan yakni menyinari layar dengan senter. Gambar pun samar-samar telihat.


Indikasi layar masih bekerja kami pun melanjutkan proses untuk membuka kesing televisi. Kemudian membersihkan kotoran debu yang menempel di mesin sambil memeriksa komponen secara fisik dan mengukur nilai komponen vital . Karena tidak ditemukan kerusakan secara fisik, akhirnya kami  menghidupkan unit untuk melakukan pengukuran tegangan kerja. Titik fokus kami tertuju pada tegangan 24V DC, tegangan ini digunakan untuk mensupply inverter lampu backlight. Tegangan input 24V DC di gandakan menjadi kurang lebih 75 V DC pada output yang diumpankan pada anoda lampu LED backlight.

Hasil pengukuran kami tegangan 75V DC hilang dan hanya terukur 24V DC sama seperti tegangan input. Ditemukan sebuah dioda schottky SB3100 sudah mengalami semi-short. Dioda ini terukur rusak ketika sudah dilepas dari papan pcb. Dioda ini berfungsi sebagai pembatas sekaligus penyearah tegangan output inverter. Sehingga rusaknya dioda ini pun membuat tegangan yang sudah diinduksikan oleh rangkaian inverter menjadi tidak stabil.

Berikut adalah gambar belakang televisi setelah penggantian dioda, nampak lampu led backlight sudah menyala kembali.

Gbr proses perbaikan.

Kerusakan dioda ini cukup jarang, kerusakan yang kerap kali terjadi yakni putusnya lampu led. Jika yang putus lampu led maka yang harus dilakukan adalah bongkar panel. Demikian posting untuk mengisi waktu luang kali ini, semoga bermanfaat.



Comments