Tv Cina Suara Ngorok seperti suara helikopter tetapi audio ada

Kasus ini terbilang sangat jarang. Kebanyakan kasus yang terjadi adalah suara ngorok tetapi audio tidak ada. Kata "audio" yang penulis maksud disini adalah suara dari siaran ataupun dari AV input, sekedar untuk membedakan antara suara ngorok dengan suara tv sebenarnya.


Akan penulis bahas keduanya:
1. Suara ngorok audio tidak ada.
2. Suara ngorok audio ada.

Di mesin cina IC suara yang sering dipakai adalah TDA2003. Dari kedua poin diatas yang perlu dilakukan adalah pengukuran tegangan kerja. IC ini akan bekerja dengan baik di rentang tegangan 13v-18vdc. Jika tegangan kurang, periksalah kapasitor penstabil tegangan ( 470uf 25v -1000uf 25v ). Jika melebihi dari itu periksalah blok rangkaian power supply.

Bila belum mempebaiki pemasalahan silahkan lanjut kebawah.
Yang dilingkari tanda merah dalam gambar adalah kapasitor penstabil tegangan.
Gbr skema audio amplifier TDA2003.

* Suara ngorok audio tidak ada.
Bila tegangan terukur normal dan kapasitor dalam keadaan baik. Periksa dan ganti IC suara. Untuk memastikan kerusakan apakah dari ic suara atau rangkaian sebelumnya, potong line input ic suara dan masukkan ke amplifier lain. Perhatikan perbedaannya.
Poin ini sering terjadi dari kerusakan ic suara.

Gbr audio amplifier di pcb tv.

*Suara ngorok tetapi audio ada.
Poin ini biasanya disebabkan oleh kerusakan kapasitor penstabil tegangan dan dioda penyearah.
Lakukan pengukuran nilai kapasitor, sebaiknya menggunakan esr meter agar hasil ukur maksimal. Bila kapasitor baik atau penggantian kapasitor dan dioda penyearah tidak membuahkan hasil, pasang sebuah kapasitor mika nila 100n secara paralel dengan kapasitor tapis. Kapasitor mika ini berfungsi menyaring tegangan AC yang berhasil lolos masuk, karena setelah dioda harusnya hanya DC saja.

Comments