Samsung Duos GT C3322 Lampu LCD backlight mati habis kena air

Beberapa hari yang lalu ada sebuah ponsel samsung duos GT C3322 yang mengalami kasus mati total karena tercelup kedalam air. Apabila pembaca pernah mengalami gagdetnya terkena air langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencabut baterai, karena baterai adalah sumber daya listrik dan dengan mencabut baterai akan memutus aliran listrik yang masuk  sehingga dapat meminalkan kerusakan yang lebih parah. Namun cara ini tidak dapat diterapkan dalam gadget berupa tablet, karena kebanyakan baterai tertanam didalam sehingga harus dibawa ke tukang servis untuk penangganan lebih lanjut. 



Baiklah, langkah kedua yang biasa penulis lakukan adalah membuka kesing dan membersihkan sisa kerak air yang masih basah atau mengering didalam handphone. Untuk pembersihan khusus dibagian pcb/mesin penulis menggunakan tiner kelas A, sedangkan bagian kesing bisa dengan tisu saja. Pembersihan kesing dengan tiner akan merusak kesing karena tiner  bereaksi dengan cat.
Langkah ketiga, adalah mengeringkan mesin sampai benar-benar kering. Bisa dilakukan dengan hotair atau hairdryer. Kemudian mengukur resistansi jalur V-bat, V-led backlight, input output ic power  apakah terjadi korsleting atau tidak. Apabila ada indikasi korsleting wajib dicari dari mana penyebab korsleting. Komponen yang biasa mengalami kerusakan adalah kapasitor, ic power dan bagian dc-dc converter v-led.

Penting diketahui, jangan mencoba memasukkan aliran listrik kedalam mesin handphone baik dengan power supply  ataupun baterai sebelum melakukan semua proses diatas, karena tidak menutup kemungkinan dapat memperparah kerusakan.

Selanjutnya tentang samsung duos C3320 sesudah melewati beberapa tahap diatas ternyata handphone dapat menyala kembali tetapi lcd hanya gelap, lampu backlight tidak menyala sementara lampu keypad menyala semua.  Dari sini dapat diketahui kerusakan bisa disimpulkan terdapat di bagian LCD atau bagian dc-dc converter v-led. Setelah menelusuri skema dan pengukuran jalur akhirnya penulis temukan sebuah FET smd  Q301 dc-dc converter putus.

Berikut ini adalah cuplikan skema jalur v-led backlight C3320.





Dibagian ini adalah letak posisi FET Q301 dipcb. Lihat gambar.
Ini adalah penampakan handphone sesudah penggantian fet tersebut, layar LCD tidak gelap lagi dan handphone dapat dipergunakan kembali. Lihat gambar.
Kebetulan kali ini sang pemilik lupa password kunci cara membuka telepon, jika pembaca mempunyai kasus serupa silahkan temukan pemecahannya dipostingan Kode reset Samsung java.




Comments

  1. Bos hp ane samsung duos gt c3322 ketika layar redup hp restart jika hp sdg gunakan sms nelpon internet hp biasa ajah normal itu kendala nya apa tolong bantu gan

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih