Kerusakan Tv Cina Votre Ada Suara Tidak Ada Gambar

Mesin tv merk ini sering sekali ditemui dengan kerusakan tidak ada gambar tetapi suara siaran ada. Jadi seperti mendengarkan radio.  Mesin yang digunakan pun seperti mesin cina universal kebanyakan yang beredar dipasaran. Tabung crt menurut pengamatan penulis ini mirip tabung bekas monitor computer, ini terlihat dari jenis kumparan defleksi yoke yang lebih besar dari defleksion yoke televise tabung.

Pada mesin jenis seperti  ini ic tunggal yang digunakan berbeda-beda, artinya berbeda tv bisa pula berbeda ic nya meskipun model tv sama. Ada yang memakai LA76931K 7N atau 10190GA 100DD atau yang lain. Tetapi yang penting rangkaian hampir mirip dan sistem kerja serupa.

Berikut adalah gambar pcb bawah mesin tv votre ini.

Gbr mesin tv votre.

Kembali ke judul, beberapa kali yang penulis temui yang menjadi penyebab kerusakan adalah, lihat letaknya pada gambar ini.
  
Kapasitor elko C564 dan C572
  • Kapasitor C564 nilai 470uF 16v dalam rangkaian berfungsi sebagai penstabil tegangan 12v.
  • Tegangan 12v bibagi menjadi dua jalur.  Jalur pertama menuju 5v standby tv.  Jalur 12v kedua difungsikan untuk 5v HVCC dan 9v RGB driver.
  • Jalur kedua ini dimasukkan ke kolektor transistor swit kode V702. Transistor v702 berfungsi sebagai swit on/off tegangan 12v. Saat on tegangan 12v akan diteruskan ke transistor V507 dan V506. Saat off 12v akan berhenti di v702.
  • Bila kapasitor C564 rusak tegangan akan drop sehingga tidak dapat diregulasikan dengan sempurna dan tidak akan sampai ke pin HVcc IC.
  • Untuk memastikan, kapasitor bagian ini dapat diukur dengan alat esr meter. Terkadang bodi kapasitor ini tidak kembung ataupun bocor.
Transistor V507 dan V506
  • Transistor ini letaknya biasanya berjejer. Tipe yang sering dijumpai adalah C2383 dan S8550. V507 berfungsi menurunkan tegangan dari 12v ke 9v. V506 berfungsi menurunkan tegangan dari 9v ke 5v.
  • Kerusakan transistor ini biasa disebabkan oleh panas dan beban yang berat karena mensuplai Hvcc. Sehingga bila kapasitor masih bagus tetapi 5v atau 9v tidak keluar, bisa dipastikan transistor ini rusak.
Tips: Bila mengganti transistor ini sebaiknya di upgrade dengan daya kekuatan yang lebih besar semisal D313, TIP31 atau TIP41. Dan ditambah dengan pendingin.

Pin Hvcc di IC tunggal digunakan sebagai masuknya sumber tegangan untuk awal  proses kerja bagian horizontal. Dari sini disimpulkan tv ini ada suara tetapi tidak ada gambar dikarenakan rangkaian horizontal tidak bekerja. Jenis keluhan kerusakan dalam sebuah televisi bisa sama, penyebab kerusakan dan penyelesaian bisa saja berbeda. Tulisan ini dibuat dari pengalaman pribadi dan sumber teman-teman facebook.

Comments