Cara Memperbaiki compo DVD USB radio philips mati jika menyala lebih dari satu jam

Meskipun compo seperti ini banyak yang bilang ketinggalan jaman tetapi justru bagi sebagian besar orang malah menjadi barang antik dan unik dan itu bisa saja terjadi dikemudian hari. Terlebih tape compo adalah media player yang simpel dan sederhana.


Kali ini penulis menjumpai compo dengan kendala jika dgukan untuk dvd atau usb setelah satu jam  mati sendiri sedangkan untuk radio normal tidak ada kendala.

Pembukaan kesing, pemeriksaan komponen tidak ditemukan kerusakan dalam bentuk fisik. Untuk pengukuran tegangan ada dua tahap yang penulis tempuh. Pertama mengukur tegangan saat bisa hidup normal. Kedua mengukur tegangan saat dvd dan usb tidak dapat hidup.

Setelah itu ditemukan perbedaan pengukuran yaitu di tegangan 3,3v yang hilang. 3,3v disini diambil dari 5v  melalui dioda silikon dan transistor S7725. Dalam gambar dilingkari tanda merah. Dioda dan transistor ini digunkan sebagai regulator tegangan 5v ke 3,3v. Keduanya memang bekerja cukup berat dan menghasilkan panas, sehingga saat sudah lebih dari satu jam menjadi drop.

Gbr mainboard dvd compo philips.


Penggantian dioda dan transistor dilakukan.  Test untuk menyalakan dvd dan usb selama setengah hari belum mengalami problem kembali. Dengan ini dapat disimpulkan penyebab kerusakan hanya dari dioda dan transistor tersebut.

Dioda dan transistor regulator ini juga ada dalam dvd model bukan compo. Bila menjumpai kasus serupa, silahkan cek bagian tersebut. Transistor yang biasa digunakan adalah S8550 dan S8050.


Comments