Mengatasi TV LCD LG 32LD330 - TA mati total

Selamat malam. Kembali lagi untuk sekedar berbagi pengalaman servis televisi LCD LG 32LD330-TA. Tulisan kali ini adalah kali pertama untuk bahasan mengenai televisi LCD, karena bahasan diposting sebelumnya kebanyakan adalah televisi tabung crt.


Kebetulan juga waktu lalu adalah servis panggilan didaerah lippo selatan. Teve LCD ini mempunyai keluhan mati total tanpa ada tanda led indikator hidup ( pikirku dalam hati sebelum buka kesing, sudah pasti adalah psu bermasalah nih..sehingga tidak ada supply tegangan ke mainboard).

Baca juga kisah memperbaiki tv lcd led dipostingan yang lain:
Setelah buka kesing, hal pertama yang saya lakukan adalah melihat tabel tegangan yang tertulis dipcb bagian soket output power supply. Output power supply ada 24 pin dimana untuk satu jalur yang sama memakai dua buah pin (kabel). Berikut adalah urutan data pin output power supply untuk LG 32LD330.

Tegangan 3.5VDC digunakan untuk tegangan standby televisi jenis ini. Dan beberapa brand lain menggunakan tegangan tegangan 5vDC untuk standby-nya yang diregulasikan ke 3.3vDC didalam mainboard. Tegangan ini penting karena sistem dalam mainboard seperti led standby, power on, ic program, memori dan bagian kontrol lainnya menggunakan tegangan ini.

Setelah memiliki acuan itu akhirnya saya memulai dengan mengukur tegangan dibagian tertulis 3.5vDC ternyata hanya terukur 3,26vDC sementara jalur tersebut bila dicut yang menuju main board dapat terukur 3.4vDC. Kemudian saya sempatkan mengganti 2 buah elko 1000uF10V di bagian regulator 3.5vDC tersebut dan mencabut menggencangkan konektor. Kemudian steker tv saya tancapkan ke stopkontak namun belum membuahkan hasil.  Sudah mulai pusing, menghisap rokok sambil minum es sirup yang sudah disuguhkan...belum sampai habis satu batang rokok ehhh kepikiran lagi,,kenapa led standby ga hidup? Padahal tegangan standby sudah ada.

Akhirnya pun mengukur hambatan ditiap in out regulator 3.5vDC jalur stanby,dan diketemukan out IC 1007 hampir 0 ohm probe bolak balik. Karena penasaran benar tidak bagian ini yang menjadi penyebab akhirnya pengukuran dilakukan saat ada tegangan masuk di IC 1007, dan benar outnya hanya terukur 1V.

Gbr mesin tv 32LD330

Wah pasti IC regulator ini sudah melemah nih...( pikirku dalam hati).
Namun setelah terdiam sejenak naluri berkata untuk mencabut kapasitor dahulu sebelum IC, karena di in out IC terpasang kapasitor kering dan dengan asumsi apabila yang rusak short adalah bukan kapasitor maka akan mudah untuk melakukan cabut pasang kapasitor berkaki 2 dari pada sebuah IC regulator yang memiliki 8 buah kaki dan sangat sulit dipasaran bahkan mungkin tidak ada.


Dan berhasil setelah kapasitor( C1062 dan C1063) output di lepas ternyata di jalur regulator tidak short lagi dan kapasitor yang sudah dilepas terukur mengalami hubung singkat(short).
Setelah pengfantian kapasitor tv saya nyalakan dan jrengggg,,, Lampu led merah menyala kemudian saya tekan power on menyala lampu biru kedip-kedip dan layar lcd menampilkan raster kepyur. Amin... Tampilan televisi saat test menyala ada di gambar ini.

Tegangan di power supply saat power on sudah terukur stabil sesuai tabel dan selanjutnya menutup kesing dan menyerahkan kembali kepada konsumen.

Update: Terimakasih sudah berkunjung dan membaca kiriman ini, mohon maaf sementara komentar langsung "khusus" dikiriman ini dinon-aktifkan karena sudah lebih dari 200komen, sehingga menyebabkan komentar tertutup avatar. Semoga nanti cepat diperbaiki.

Comments

  1. mas mau tanya.. tv LG lcd ku mati gara" kemarin kilo meter lampunya turun, pas di nyalain lagi langsung Mati tuh tv.. kira" apanya yg rusak.? trus perbaikanya butuh dana berapa yah.. tq
    rizal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu led indikator masih menyala tidak? kalau tidak, kemungkinan besar masalah dari power supply. iaya perbaikan harus tahu spesifik data tv dulu mas, karena tiap tv beda2. terimakasih

      Delete
  2. Gara gara mati lampu, tv lcd merek LG saya jadi rusak. Lampu merah nyala, tapi tidak mau on.. Mohon maaf, itu penyakitnya apa yaa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak kemungkinan pak.. Bisa power supply bermasalah, bisa dari sofware, bisa juga dari perangakat yang lain.. terimakasih.

      Delete
  3. mas, ini ada LG 32 in. lampu led stanby itu mau nyala, tapi layar tetep padam. kira2 apanya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah ada tanda led stanby berubah warna ketika tombol on ditekan?
      Sekilas saja, untuk selanjutnyaq harus melalui pengukuran.

      Jika berubah kemungkinan kerusakan dari psu on, backlight
      Jika tidak kemungkinan kerusakan dari power supply stnby atau dari mainboardnya. Terimakasih

      Delete
  4. Mas, tv saya lcd 32" tiba" pln mati lampu trus nyala lg. Tp ko tv saya mati tidak nyala lmpu indikator merahnya. itu rusak kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  5. Mas, tv saya lcd 32" tiba" pln mati lampu trus nyala lg. Tp ko tv saya mati tidak nyala lmpu indikator merahnya. itu rusak kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar power supply rusak akibat dari tegangan pln yang tidak stabil pada saat itu, tegangan yg tidak stabil akan sangat mempengaruhi kerja power supply. terimaksih.

      Delete
  6. Tv saya lg 32lb53. Pas nonton tiba2 layarnya hitam kedap kedip dan suara nya normal, padahal baru pulang dari sc lg dengan masalah yang sama. Tapi pas standby lampu merah nya nyala. Krn tempat tinggal saya yg jauh dari sc jadi malas bolak balik. Mgkn dr pengalaman mas ada pernah mengatasi masalah yang sama. Tolong dong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempo lalu kerusakan dikarenkan kenapa pak? Biasanya ada lampu backlight(led layar ) yang hendak mati. Jadi mengganggu kerja seluruh lampu yang ada, jdnya mengedip. terimakasih

      Delete
  7. Mat malam mas mohon bantuan,tv lg 21inch rf21cc20v mati total lampu indikator tidak nyala,sebelumnya tr horizontal jebol trus saya ganti,tapi masih mati total, terdengar suara tek tek tek and lampu ndak nyala juga mohon bantuanya mas,semoga mas sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan kerja bagaimana pak? 115v, 12v nya? Jika drop maka tektek kemungkinan tr hot rusak.. tr hot rusak bisa membuat tegangan hilang/drop. Ganti komponen dijalur kolektor tr hot(kapasitor 561p/681p, 183n dan fbt bila rusak)

      Delete
  8. Mas..tv LED saya saat ini mati..
    Memang sudah lama tidak di hidupkab sih..nah kira" gimana caranya agar bsa hidup kembali ya ?
    Jika di reparasi kira" ada penggantian element nya tidak?
    Oh iya, ini tv sudah tidak nyala sekitar 4 bulanan
    Terimakasih mas

    ReplyDelete
  9. Mas..tv LED saya saat ini mati..
    Memang sudah lama tidak di hidupkab sih..nah kira" gimana caranya agar bsa hidup kembali ya ?
    Jika di reparasi kira" ada penggantian element nya tidak?
    Oh iya, ini tv sudah tidak nyala sekitar 4 bulanan
    Terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tnda indikator menyala tidak pak? Kalau tidak menyala biasa power suply bermasalah. Tapi untuk ada yang diganti atau tidak harus dicek dahulu, ada bnyak kemungkinannya. Termakasih

      Delete
  10. Mas, tv saya lcd LG 32LE4500-TA.
    Waktu pertama dihidupkan normal, gak lama mati sendiri.
    Klau dihidupkan lagi, kadang normal sebentar trus layar hijau aja mas.
    Kira2 apa yg rusak nya mas?

    ReplyDelete
  11. Bisa disebabkan oleh power suply tidak stabil. Bisa juga flexibel/t-con/panelnya yg bermasalah. Termksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya mas, tv led LG 32 inc sya hdp tp cma ada suara doang, tpi klo di trawang kliatan gmbar nya,.tlg bntu slusi nya mas, soal nya anak ku udh nangis2 pngen nonton tv mas,. Tanks sblm nya.

      Delete
    2. Mau nanya mas, tv led LG 32 inc sya hdp tp cma ada suara doang, tpi klo di trawang kliatan gmbar nya,.tlg bntu slusi nya mas, soal nya anak ku udh nangis2 pngen nonton tv mas,. Tanks sblm nya.

      Delete
    3. Silahkan dibawa ke tukang servis lcd led terdekat mas,, atau hubungi tkg servis panggilan yg dipercaya.. Kemungkinan backlight mengalami kerusakan. Terimaksih..

      Delete
  12. Klo tv samsung led f5000 mati total bisakah fi jelaskan cara prbaikan nya..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terpenting mengetahui fungsi kerja komponen, sistem kerja rangkaian dan mampu menggunakan alat ukur minimal multimeter. Langkah awal bisa dmulai dgn memeriksa steker listrik ac, rangkaian power supply. Jika sudah tidak ada masalah dibagian tersebut dilanjutkan ke bagian mainboard dan aksesorisnya. terimakasih

      Delete
  13. Mhn petunjuknya mas...tv sy LG model 42LW5700-TA, mati tp led stanbynya hidup. Dihidupkan pakai remote atau langsung nekan tombol yg di tv jg gk nyala n led stanbynya tetap hidup tp terang tedup bergantian trs. Mksh sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panaskan processor XD LG yg dicover heatsink berwana hitam segi empat buka clipnya pakai blower 5 menit lalu tutup kembali covernya . silahkan hidupkan kembali pasti kembali normal

      Delete
  14. Ada kemungkinan salah satu bagian mainboard bermasalah. Terimakasih.

    ReplyDelete
  15. Mas mohon petunjuk. TV led 32" mark Samsung. Tiba2 layar blank Hitam tapi suara normal. Dicoba nyalakan ulang layar tidak ada perubahan sama Sekali tetap blank hitam seperti tidak dapat daya,tetapi suara normal. Kira2 kerusakannya dimana ya Mas? Mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerusakan yang sering terjadi; rangkaian inverter bermasalah(tegangan untuk lampu led backlight lcd), tegangan untuk rangkaian inverter tidak ada, lampu led ada yang rusak/putus, rangkaian t-con bermasalah.
      terimakasih.

      Delete
  16. Master.. mu tanya. LCD Polytron PLN2461, Dinyalain nyala.. berlogo Polytron doang, tombol tombol menu tak berfungsi, di remot berfungsi cuman sekali saat nyalain kesana.. protek semua, mu mati in juga harus cabut kabel, kenapa ya.. kalo di bedah operasi bagian mana nieh.. gak mungkin kalo gara gara masuk angin..

    ReplyDelete
  17. Sorry.. Tanya gi, LCD LG 32LN5100, Gak ada gambar, Gelap.. Kata empunya cuman ada suaranya doang, tapi saat yang didengar suara alunan music, apa salah dengar kalee ya.. abis di bengkel sambil dengarin music, Cek and Ricek block ReG 12.V Hilang, di cek.. belom ketemu, yang jelas d cek gak mungkin harus ketemunya diBANK.., mungkin dikit tau, harus gimana, bagaimana... tapi jangan katakan gak ada gambar, solusinya tempel in sja photo artis. oke.. master

    ReplyDelete
  18. Mu tanya gi boleh gak Master.. LCD Polytron 123 gambarnya gak karuan, padahal udah di kasih tau kalo buat gambar yang bener, jawabnya ReGulator ngdrop, emang bener mas.. begitu.., N' belom di cek sich.. soalnya tau sendiri banyak tanya.. kapan kerjanya... ya gak, hehe. Salam kenal saja dariku.. oke master, sMoga.. sukses slalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya, salam kenal kembali.

      Delete
  19. Mas mau nanya ni tv lg32ls3110 saya mati
    Psu nya cuma keluar tegangan 3.5v,12 sma 24 voltnya ga keluar krsknya dmn ya mas ,,minta tolong nI mas.
    Trus apakah di jalur power on psu hrs ada tegangan dari main board,baru bisa menghidupkan psupsu?
    1 Lagi lampu standby yg normal pada tv led biasanya bagaimana pada saat tv hidup?
    Trims mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kurang jelas,, bila yang dimaksud 24v tidak keluar(dg catatan tanpa short) maka tv masih dalam kondisi standby.
      Psu stnby dan on dikontrol oleh mainboard, lihat gambar pertama postingan diatas. Terimaksih

      Delete
  20. Mas.. Bisa benerin tv saya ga ? Saya d jbbeka 2. Problem nya sama mati total. Tv nya lcd lg scarlet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf pak sebelumnya untuk saat ini hanya melayani servis panggilan sekitar Tangerang. Terimakasih.

      Delete
  21. Mas.. Bisa benerin tv saya ga ? Saya d jbbeka 2. Problem nya sama mati total. Tv nya lcd lg scarlet

    ReplyDelete
  22. Mas mau Tanya..TV led saya lG..d screen ada menyala lampu 2 titik seperti di sorot lampu senter gitu..tapi semua gambar normal..haya terganggu 2 titik cahaya yg lumayan silau ITU. Penyebab Dan mengatasinya gimana..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebabnya biasa disebabkan oleh lampu LED didalam panel rusak/ reflektor berubah posisi. Solusinya harus buka panel LCD nya. Terimkasih.

      Delete
    2. Mas kasus tv saya seperti itu sm LG jg. Harus gimana mengatasinya? Setelah buka panel lednya truz hrs di apaain? Kl lmpu lednya yg rusak belinya dimana?

      Delete
    3. Mohon maaf sebelumnya silahkan buka thread baru agar terbaca.. :) Dan agak kesulitan juga menjawab pertanyaan ini, silahkan bawa ke tukang servis ahli lcd terdekat. terimaksih

      Delete
  23. Mas mau tanya, tv led saya LG 20LB450A mati total lampu indikator tidak menyala kira2 apa nya mas.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling sering adalah maslah dipower suply dan mainboard pak. terimaksih

      Delete
  24. Terimakasih, blognya bermanfaat banget, sangat informatif!
    Sy mo ikut brtanya spt teman2 yg lain ttg TV saya LG 32LS3110.
    Awalnya tv tdk mau nyala, posisi dlm keadaan standby terus dg led indikator warna merah berkedip kedip tanpa henti, berhenti berkedip kl steker dicabut. Di "on" kan dengan remote ato tombol on d tv ngga ada efek. Kira2 itu kerusakannya dimana?

    Sy pernah mendatangkan teknisi ke rumah utk perbaiki, trus sama teknisi itu di bongkar 1 blok pcb power supply katanya ada yg perlu diganti… eh malah si teknisi sampai sekarang (hampir setahun) tak kunjung balik lagi. Lost contact.
    Saya inisiatif utk beli spare part 1 blok PSU itu di online shop. Ternyata tersedia 2 jenis PSU utk tv model itu. PSU dg tegangan 5V & PSU dg tegangan 3,5V. Kira2 bagaimana caranya utk tau PSU mana yg cocok dg tv sy itu?
    Terimakasih pak atas bantuan jawabannya.

    ReplyDelete
  25. TV LED Thosiba mati total mas. tegangan out dr power yang stand by 5v ada normal.
    di in maintboard ada tp tidak sampai ke led stand by.

    apanya ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa ic regulator penurun tegangan dr 5v ke 3.3v dan 1.2v/1.8v. Buka skematik untuk lebih detailnya. Terimaksih

      Delete
  26. mas saya punya LG 32LG60UR permaslahannya klo sdh 10 menit jadi blinking kelap-kelip gtu..
    kira2 kerusakannya dbagian mnanya??
    btw tanggerangnya dmna mas?? saya dciledug
    tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada masalah dari panel, flexibel atau t-con. saya lokasi di karawaci. Bila ingin servis panggilan kontak ke nomor/w.a saya. terimaksih

      Delete
  27. Mas tv saya lg 32" lampu stanby,ketika di on cma gelap lalu ke stanby lagi,kira" apa'nya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sering backlight bermasalah pak,, Terimakasih

      Delete
  28. Gak keluar tegangan 24 volt gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 24v umumnya dipakai untuk supply inverter backlight. untuk cek penyebab kerusakan ada di rangkaian backlight atau dipsu, coba dilepas dahulu jalur 24v itu. Diamati apakah saat dilepas tegangan keluar? Jika keluar maka rangkaian inverter bermasalah (kasus ini biasa R fuse putus). Jika tidak keluar maka Psu yang bermasalh.

      Catatan semua tegangan lainnya normal. Terima kasih

      Delete
  29. modif untuk driver backlight 24v to 33v gmn skemanya gan?

    ReplyDelete
  30. Mas tv lcd LG saya tiba2 mati layarnya tapi suara masih ada ,itu knapa ya mas ? Sma gara2 apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. backlight bermasalah gan,, dikarenakan pemakaian dan panas saja gan..

      Delete
    2. Itu gnti item atau bsa prbaikan aja mas ? Biaya srvis nya kisaran brp mas ?terima ksh

      Delete
    3. biaya masih bisa agak murah bila layar tidak retak. bila servis biasanya ada item yang diganti.. biaya servis umumnya mengikuti besar inchi..

      Delete
  31. Gan tv led LG saya tidak mau menyala sama sekali,sepertinya terjadi konslet karena sempat terjadi percikan api, kondisi kabel ada bocor karena digigit tikus, padahal satu hari sebelumnya TV mau menyala dengan normal, kemudian ketika saya pindahkan terjadi konsleting stelah beberapa menit terpasang, apakah adaftor kabelnya saja yg rusak atau ada kerusakan lain? Yg pasti tvnya jadi mati total, padahal setelah saya cek arus sebelum dan sesudah adaftor masih memiliki arus, walaupun kabel setelah adaftor seprrtinya listriknya melemah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar ya dari bagian kabel atau power supply itu gan,, terimaksih

      Delete
  32. mas mau ikutan tanya Tv LG 22 inc saya mati gara2 listrik turun. pas listrik nyala tv ga mau nyala, tapi pas saya cabut kabel trus saya colokin lampu standby nyala trus langsung mati tp TV ga nyala, itu kenapa ya mas?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa power supply tidak bekerja dengan baik/ drop,, bisa juga mainboard softwer error.. terimakasih

      Delete
  33. terimaksih gan atas kunjungannya...

    ReplyDelete
  34. Gan mau nanya ne kenapa tv lg lcd saya ne gmau keluar channelnya dikarenakan koneksi antena ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga karena antene tidak terkoneksi dengan baik, daya terima lcd memang tidak sekuat tv tabung,, bisa juga karena tuner rusak atau mainboard eror..

      Delete
  35. Mau tanya dong ... kalau tv Lg ld330 saya layar panel nya retak itu bisa di perbaiki ga ? Kiranya berapa untuk biaya servis

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diperbaiki hanya dengan mengganti layar panel lcdnya.. harga masih tinggi 32 in sekitar 1.5jt. trmksh

      Delete
  36. gan mau tanya,,,polytron PLM32H12A awal mati total ,ternyt fet utama mati,, setrlah diganti,,bs hidup..tegangan ,,5.12,24,,,saat kluar gambar /lampu backlight nyala ,,tegangan semua drop.. 5 jd 4 12 jd11,,24 jd 20,,,itu karena yg salaah apanya gan ,,mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa bagian inverter lampu backlight gan,, terimaksih

      Delete
  37. Gan mau tanya klo tv sony tipe klv24 ex430, tanpa dikonek ke lcdnya klo dinyalain suar tetap bisa nyala ngk,? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semisal tahu posisi terakhir ada di tv/av/hdmi ya bisa saja,, tinggal menyesuaikan gan..

      Delete
  38. Tv led saya kemaren sehat2 aja tp wkt di bawa naik motor sesudah sampe tujuan kenapa ga mau hidup ya? Lampu indikator pun ga nyala itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa kabel ACnya gan,, siapa tau belum terpasang dengan sempurna,,

      Delete
  39. Mas maua tanya tv saya lg 42lw5700 lampu stanby kedap kedip warna merah jika di on dg remote relay bekerja tapi tv tetap padam.mohon arahan nya mas terima kasih

    ReplyDelete
  40. Siang mas. Tv saya se tipe. Tapi masalahnya beda tv saya normal hana saja tidak ada gambar nya. Bagaimana ya soalna saya ke tukang service mereka minta 1.5 jt mereka bilang lcd kena blaablablaaa.. karena saya tidak paham saya takut mereka tipu saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang juga. maaf penjelasan kurang detail.. tetapi sekilas menurut saya,, jika sudah diperiksa oleh teknisi dan di minta segitu kemungkinan kerusakan ada dibagian "panel" lcdnya.. saat ini harga panel lcd memang masih 2/3 harga tv baru. terimaksih atas kunjungannya

      Delete
  41. Mas..tv lcd sharp 32inch saya nyalanya sebentar trus mati sendiri..tp lampu lednya nyala
    Kira kira itu kenapa ya mas?
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa power supply tidak stabil, mainboard error atau inverter lampu latar eror.

      Delete
  42. Misi gan mau tanya tv led lg ane 32", lampu standbyenya nyala tapi pas di nyalain cuma keluar logo lg doang sebentar trus mati lagi.
    Itu kalo di servise kena berapa ya gan...??
    Ada nmer wa ga gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nomor WA ada diatas/header gan.. terimaksih

      Delete
  43. Mas tv saya polytron 32", saat saya hidupkan tampilan logo polytron hanya tampil sebentar langsung blank tapi suaranya normal, tapi klo saya tekan trus remote power on/off selama 1/2 - 1 jam baru tampilan logonya normal trus gambarnya normal lg, klo itu apanya yg rusak mas. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. macam macam untuk kerusakn seperti ini penyebab kerusakannya mas,,, silahkan dibawa ke tkang servis kepercayyaannya. terimaksih

      Delete
  44. siang mas,TV LCD merk LG 32" dirumah ibu saya mati. Awalnya lagi di stel trus mati ngga lama masih bisa hidup lagi. Begitu terus. Sekarang bener-bener mati tapi lampu stand by masih nyala. Kl kita coba tekan tombol channel seperti berkedip. Apanya tuh mas.Thks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. perkiraan ada di bagian inverter lcd atau power supply. silahkan dibawa atau panggil tukang servis kepercayaannya. terimaksih.

      Delete
  45. Mau berbagi pengalaman dalam menangani lg tv smart type 42 lw5700 TA. Yg mana masalah ini pernah saya tanyakan dlm blog ini. Masalah mati total backlight juga mati serta suara mati yg ada hanya lampu stanby yg bekedip kedip. Akhirnya setelah saya check tegangan psu 3.5 12 dan 24 normal semua fuse keseluruh rangkaian bik semua sehingga cukup menyita wktu selama 4 hari. Akhirnya setelah minum kopi sambil santai saya buka processor xd lg yg dicover dengan heatsink saya buka dan saya panaskan dengan heater blower selama 4 menit dg temperatur 200° lalu sy dinginkan dancover dipasang kembali . lalu sy nyalakan alhamdulilah tv kembali normal sediakala demikian pengalamn ini sy share semoga dapat menolong terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimasih sudah berbagi pengalaman. semoga bermanfaat untuk rekan2 yang lain.

      Delete
  46. Tv saya LG 32ld330, kondisi awalnya hanya muncul garis horisontal ditengah layar namun tv msh berfungsi, lama kelamaan layar berubah kadang warna biru tidak karuan atau padam sesekali. Sekarang muncul dua garis horisontal kadang normal kadang mati tapi suara tetap ada. Kira-kira apa masalahnya, mohon petunjuk. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar kabel lvds atau panel bermasalah. Terimakasih

      Delete
    2. Terimakasih penjelasannya. Kalau panel ada hubungan dengan inverter dan lampu baclight ya?, Untuk liat lampu backlight ada yang mati sangat sulit harus lepas casing panel depan.

      Delete
  47. Replies
    1. terimaksih pak atas kunjungannya.. salam solder.. :)

      Delete
  48. mas TV LG LED tipe LB53 saat itu pada posisi stand bye tiba2 nyala sendiri tapi ada tulisan fungsi ini sekarang tidak tersedia dan lampu nya nyala kedip2 terus kalo mau di posisi stanbye tidak bisa kalo mau matiin tv harus cabut kabelnya...kira2 kenapa itu ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek tegangan kerja . jika normal coba flashing firmwarenya gan.. terimkasih..

      Delete
  49. Mas TV LG LCD Type 32CS410 lampu stand by menyala, saat di hidupkan suara ada gambar ga ada .. blank, kadang keluar warna ngacak.. ini kenapa ya mas???
    kalau di servis brapa duit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak kemungkinan pak.. mulai dari kabel flexibel, tcon sampai panel. Jadi harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Kemungkinan kerusakan terberat yaitu ganti panel harga masih 2/3 harga tv baru.. terimaksih.

      Delete
  50. saya mau tanya pak untuk output dari travo 24 volt dan 12 volt tidak keluar?padahal lampu led nya on
    untuk Tv LED Model 32LV2130-TD
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisi ini adalah kondisi stanby. jadi yg keluar hanya tegangan standby, 24v 12v akan keluar jika sudah ada perintah ON. terimaksih

      Delete
  51. kalo ganti ic hdmi tv led lg 32le4500 bisa ga boss?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti IC hdmi sama dengan ganti cipset cpu pak. untuk jenis ic tertentu sudah ada tersedia di indonesia. Terimakasih

      Delete
  52. Mas mau tanya! Tv LED sharp 23" saya lagi nonton tiba" mati total. Ga jelas kenapa2 nya! Saya coba cabut semua colokan ke listrik dan di diemin lalu saya colokin lagi dan ternyata masih mati. Kira2 apanya ya mas?? Mohon pencerahan. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar gangguan didlm power supply pak. Untuk memastikan harus dicek. Terimaksih

      Delete
  53. Tanya mas tv LG 22LB450A tau2 mati gak ada sebab,lampu indikatornya jg gak nyala,kira kira apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus cek fisik dan cek tegangan apakah masuk sampai kedalam rangkaian atau tidak. Yang paling sering terjadi adalah power supply tidak bekerja. terimakasih

      Delete
  54. tv led saya terpisah adaptornya yg mw saya tanyakan lampu stanby ga nyala padahal adaptor d tes out put nya masih 19 v ..mohon pencerahannya... trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus cek fisik dan tegangan kerja dalam rangkaian dahulu pak, setelah itu baru tahu letak kerusakan. terimaksih

      Delete
  55. Klu tv LG 32ld330 bergaris dibawah apa mas penyebabnya tolong donk
    Thks mas

    ReplyDelete
  56. Klu tv LG 32ld330 bergaris dibawah apa mas penyebabnya tolong donk
    Thks mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar ada pixel panel lcd yg sudah rusak pak. terimaksih

      Delete
  57. Mas mau tanya. TV lcd LG 32in type 32LK311 3,3v keluar tapi 12 & 24 v nya ko g keluar apanya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek 3.3v apakah sampai ke IR sensor. jika sampai cek titik pow-on. terimaksih

      Delete
  58. selamat siang.. maaf mengganggu... mau menanyakan. apa bisa powersuplay jenis sony klv 32 dipasang di tv lcd 37 inchi.. tv saya jenis sony klv 37s400a. karena nyari power suplay dengan model dps 250ap 34 sangat susah.

    ReplyDelete
  59. selamat pagi mas. saya pusing sekali ini butuh bantuan nya mas.
    saya baru dapat pelanggan tv nya rusak merek LG 42LB550A rusak nya mati total tapi fuse dan mosfet di power tidak ada masalah mas hanya tegangan tegangan 24v 12v dan 3.5v yg berada di pin output nya sama sekali tidak ada mas.
    mohon bantuan nya ya mas.
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi juga mas, pada tv LG kebanykan memakai 2 power supply. 1 untuk stnby dan 1 untuk on. coba perhatikan diblok power supply apakah memakai 2 trafo. jika iya, maka trafo kecil adalah untuk supply stanby 3.5v dan yg besar untuk supply on 12v dan 24v ( akan keluar jika ON).

      Untuk keadaan mati total, sebaiknya yg fokus diperiksa adalah jalur stanby 3.5v. mulai dari AC 220v in sampai ke sensor remot/ panel kontrol, sampai disana 3.5v menjadi 3.3v . cek apakah bagian sekunder tersebut ada hubung singkat? dengan alternatif mudah, cek apakah 3.5v keluar jika soket supply dilepas dari mainboard? jika tetap tidak keluar coba periksa jalur primer bagian stanby ini. Komponen yang sering rusak resistor dan IC str-nya. terimaksih

      Delete
  60. om tv saya Toshiba 40'
    kondisi: Lampu standby nyala merah, tp TV sulit sekali nyala dan pada akhirnya akan nyala setelah tunggu 1-2 jam.

    itu penyakitnya apa ya om?
    1. Apakah MainBoard?...tp tv saya nyala normal kalo sudah on.
    2. Apakah PowerSupply ?
    3. Apakah hanya Oscilator?

    mohon tanggapannya om, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari ketiga poin yg disebutkan bisa menjadi penyebabnya,, untuk kepastian harus diperiksa dan diukur ,, terimkasih

      Delete
  61. Assalamualaikum om..
    Mau tanya neh om..
    TV LED LG saya seperti hang, pertama saya nyalain itu bisa rubah channel dll dgn remote, tapi setelah 5 menit gak bisa di rubah channel maupun yg lain. Dan tv tsb seperti bunyi kresek kresek dan ada bergaris semut. Lalu saya cabut kabel Power nya karena tombol Power pd tv jg tidak bisa. Setelah itu saya colokan kembali kabel Power namun tv tdk nyala, lampu indikator tdk nyala jg. Lalu saya diamkan sehari dan saya coba colokan kembali tv nyala namun masih sama seperti yg diatas.
    Sebelumnya terima kasih.

    ReplyDelete
  62. Assalamualaikum om..
    Mau tanya neh om..
    TV LED LG saya seperti hang, pertama saya nyalain itu bisa rubah channel dll dgn remote, tapi setelah 5 menit gak bisa di rubah channel maupun yg lain. Dan tv tsb seperti bunyi kresek kresek dan ada bergaris semut. Lalu saya cabut kabel Power nya karena tombol Power pd tv jg tidak bisa. Setelah itu saya colokan kembali kabel Power namun tv tdk nyala, lampu indikator tdk nyala jg. Lalu saya diamkan sehari dan saya coba colokan kembali tv nyala namun masih sama seperti yg diatas.
    Sebelumnya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar kerusakan ada pada bagian power supply atau regulator tegnagan yg sudah tidak stabil pada saat panas. terimakasih

      Delete
  63. Pagi mas, TV LG sy 42' TYPE 42LS3450 tiba2 mati total sendiri saat menonton.
    kondisinya sekarang saat TV dicolokkan ke listrik, saklar rumah turun.
    kira2 permasalahannya dimana ya mas? TV ini bekas dari teman usaha game PS4.
    trims untuk solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar power supply yg bermasalah pak, trimaksh

      Delete
  64. kira2 harganya berapaan ya mas? trus PS nya kira2 kompatibel dgn type berapa? klo ambilnya dari TV bekas LED LG yang 32' bisa gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya servis silahkan kontak via sms, maaf tidak bisa disebut disini. Bila ada kemungkinan diservis tentu lebih murah daripada ganti satu blok. Sebaiknya diganti dengan tipe yang sama untuk stabilitas kerja mesin. terimakasih

      Delete
  65. Salaam....mw nanya ni gan, TV LED LG 42LW5700-TA. TV d hidupin biasa normal, tp gk bs terima siaran, pas d scan auto tuning, prosesnya gk jalan", ttp d angka 0. Mohon pencerahan gan....?!? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slmat malam,, kemungkinan besar modul tuner rusak pak. termaksih

      Delete
  66. Itu bukan dari programnya macet y?

    ReplyDelete
  67. Soalnya, pas d auto tuning gk jalan prosesnya, ttp d angka 0 gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg paling sering terjadi tuner rusak pak..ketika tidak dpt sinyal maka posisi akan tetap 0.. tpi bisa juga dr program, namun klau program error kemungkinan akan mempengaruhi fungsi tv yg lain.

      Delete
  68. Mas mau nanya,tv saya ga bisa keluar gambarnya, pada saat lampu inducator stanbay lalu di on kan bisa, tapi ga bisa keluar gambar ( bunyi krek" ) thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dibuka dan diukur tegangan kerjanya dahulu pak, baru bisa menganalisa bunyi itu dari mana. terimakasih

      Delete
  69. mo tnya klo lampu indikatornya mati nyala trus otu knp yh, lampu indikatorx aj yg nyala lcd nya tdk itu knp yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan tv mau start tp gagal. harus dilakukan pemeriksaan tegangan kerja. terimaksih

      Delete
  70. Mas mau tbyak tv saya LED LG, kmaren sempat kurang arus dr PLN. Skrg tv'a mati lampu stnbay hidup. Ketika mau di On kn tdk ada gambar & lampu stabay'a tdk berubah. Mohon prncerahannya mas terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus diperiksa atau dibuka dahulu tvnya untuk pengukuran. terimaksih

      Delete
  71. gan ane mau tanya nich tv led ane klo di culok ke listrik langsung turun mcb nya kirakira apa kerusakan nya....tolong info nya gan

    ReplyDelete
  72. gan ane mau tanya nich tv led ane klo di culok ke listrik langsung turun mcb nya kirakira apa kerusakan nya....tolong info nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar kerusakan ada di power supply. terimakasih

      Delete
  73. Gan mohn maaf nih numpang tanya kalo hrga layar lcd brp ya gan

    ReplyDelete
  74. Maaf gan numpang tanya TV saya LCD LED LG LV3730 mati tidak mau menyala, lampu indikator menyala tapi saat mau di hidupin langsung mati, redup dan menyala lagi lampu indikatornya, kira kira apanya ya yang bermasalah? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk model ini biasanya mainboard bermasalah pak. terimaksih

      Delete
    2. Terima kasih gan sudah fix di obong langsung jreng

      Delete
    3. sip, biasa 3-4bln harus dilakukan terapi serupa.

      Delete
  75. siang bapak

    pak tv punya saya,tiba2 tidak bisa menyala,tidak ada gejala2 awal akan mati.
    jika baru dicolokan ke listrik,indikator merah menyala tapi hanya sebentar lalu mati,
    adaptor sudah coba saya cek,untuk voltage masih normal 19 volt,tp untuk ampere belum sempat dicek.
    kira2 kenapa ya gan kerusakanya ?
    matursuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. model tv berapa pak? apakh pakai adaptor terpisah, jika iya maka kerusakan ada dimainboardnya..

      Delete
  76. Maaf mas mau tanya TV saya LG led 32inch pada saat menonton tiba2 mati dan seperti terdengar ada yg pecah atau jepret dari dlm TV..lalu saya coba menyalakan kembali tidak mau menyala hanya lampu led standby nya berkedip 2 sampai 3 kali lalu mati..apa yg harus saya cek mas..terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  77. Maaf mas mau tanya TV saya LG led 32inch pada saat menonton tiba2 mati dan seperti terdengar ada yg pecah atau jepret dari dlm TV..lalu saya coba menyalakan kembali tidak mau menyala hanya lampu led standby nya berkedip 2 sampai 3 kali lalu mati..apa yg harus saya cek mas..terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus diperiksa dahulu agar tahu yang pecah tersebut ada dibagian apa..

      Delete
  78. Maaf mas mau tanya, saya ada tv LG model 32lh20, rusak dengan kerusakan mati total, setelah saya cek tegangan di PSU nya 12, dan 24 voltnya gak nongol dan saya cek tegangan di IC E3B0365j di psunya tidak normal naik turun. Kira kira apanya yang rusak ya mas...??

    ReplyDelete
  79. Maaf mas mau tanya, saya ada tv LG model 32lh20, rusak dengan kerusakan mati total, setelah saya cek tegangan di PSU nya 12, dan 24 voltnya gak nongol dan saya cek tegangan di IC E3B0365j di psunya tidak normal naik turun. Kira kira apanya yang rusak ya mas...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegangan IC E3B0365J yang naik turun itu dipin berapa?

      Delete
  80. mas tanya tv led lg 32ln5100 tegangan psu nya 24v terukur 25,1v 12v terukur 12,9v dan 3,5v terukur 3,4v. tv ndak mau nyala lampu indikator led kedip 3x trus ndak nyala lagi. solusinya gimana mas,,,,, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba disenter(diberi penerangan) layar kiri atas/ posisi mana saja, apakah ada indikasi layar mengeluarkan gambar... jika terakhir ada diposisi RF(TV) apakah ada suara jika diberi antena?

      Delete
  81. mas mau tanya kan tv sya aslinyaa tdi baik2 saja, tiba2 itu ad garis2 hijau muncul ad muncul ad trus sya matikan pakek remot gak mau trus paket power d tvnyaa jugaa gak mau akhirnyaa sya matikan pakek saklarnyaa, hbis itu gak maunyala lagi mas itu knpaa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis tv apa ya? kalau lcd atau led sering error sofwer. keruaakan regulator dan layar.

      Delete
  82. LG led mas, itu bagaimana solusinyaa yaa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukur tegangan kerja tv dahulu atau bawa ketukang servis langganan.. terimakasih

      Delete
  83. Mas mau tanya..tv sy LG lcd 32' beberapa hari yg lalu ada garis putih seperti kapas dibawah layar.. Lalu ketika posisi sedang nyala tiba-tiba layar berwarna hijau.. Tidak bisa dimatikan lewat remote.. Lalu dicabut saklarnya tapi ketika dicolok lagi tidak bisa hidup hanya posisi standby(lampu standby tetap nyala) bagaimana solusi nya ya mas.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukur tegangan kerja, ukur komponen apakah ada kerusakan, mengupdate sofwer tv. atau silahkan dibawa ketukang servis. trmaksih..

      Delete
  84. Siang bang .. mau tanya nii .. TV LED 32" saya awalnya normal namun tiba" muncul suara troktok troktok di sertai garis" hijau pendek pada kiri atas sampai kiri bawah layar, dan semua tombol tidak dapat di tekan .., lalu saya sontak aja langsung mencabut kabel powernya karena takut meledak ..,, tapi setelah di colokan lagi lampu indikator hanya berkedip dan tidak mau menyala lgi .. knp ya kira" ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus mirip seperti komentar teman2 sebelumnya yang ada diatas. harus cek tegangan kerja dahulu, kemungkinan terberat yaitu rusaknya panel layarnya.

      Delete
  85. Assalamu'alaikum mas.. saya mau tanya tv led saya layar nya saja mati. Tapi suara nya masih bisa hidup.. gimana tu mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi, itu seperti lampu lednya mati/backlightnya, sehingga layar menjadi gelap.. trimakash

      Delete
  86. met sore mas...televisi saya lg 55lv3730 rusak..lampu stanby hidup kalau di tekan power lampu indikator hijau mau hidup namun layar dan suara mati, mohon bantuan petunjuknya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus cek mainboard dan ukur tegangan khusus untuk tipe ini pak... terimakasih

      Delete
  87. pak mau tanya tv saya mati padahal power supply sudah di ganti baru,waktu di nyalakan led indikator menyala sebentar trus mati lagi.. itu knp ya?

    ReplyDelete
  88. tv led LG 32 inch juga pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan awal bagaimana? tegangan kerja normal? kemungkinan bukan psu yg rusak.

      Delete
  89. Tv led lg 42lb5rt nyala sebentar sktar 5-10 mnit trus mati...dnyalain hrs nunggu bberapa menit...apanya yg bermasalah yach?mohon penjelasan master...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bermacam penyebab untuk kasus seperti ini. harus diukur perbedaan tegangan pada saat mati dan hidup.

      Delete
  90. Mas mau tanya TV led LG 32lb530A indicator standby mati,dan saya cabut pasang colokan kadang-kadang indicator standby hidup dan dihidupkan pakai remot tv menyala...menurut akang biasanya problemnya apa ya....apakah di di IC Xd mainboarnya,Kalau PSU semua normal....mohon saranya???dimanakan toko sparepart TV LED daerah Jakarta Timur....



    terimakasih
    salam
    Adhie

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa soket psu ke mainboard untuk LB series. jaktim banyak pak. cari relasi di fb. terimaksih

      Delete
  91. mas mau tanya nih, kan ada monitor LCD dirumah si kabel VGA nya itu kalo di colok ke PC harus di angkat baru dah nyala. pas nyala saya nyalain speaker external di rumah yang nyolok ke pc langsung bunyi kresek kresek gitu, kalo pake LCD lain gak ada suara kresek2 berarti rusak di monitor LCD nya, kira2 apa yang kena tuh di LCD nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba monitor tsb ke cpu yang lain, apakah sama juga... konektivitas konektor yg tdk bagus juga bisa.

      Delete
  92. mas, tv lcd 32cs410 baru ganti mainboard tapi tidak ada suarax... gambar normal.., kira2 apax yg bermasalah ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mainboard pengganti baru? pengaturan audio bagaimana?

      Delete
  93. Mohon bantuanya agan, tv saya Lg led type 42LE4500 saat dinyalakan tampil logo LG setelah itu gelap suara normal
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diberi penerangan layarnya saat tv hidup suara ada, apakah terlihat layar bekerja? jika layar bekerja cek blok iverter dan atau lampu backlightnya.

      Delete
  94. mas tv lg 32" model 32LK311 dinyalakan tampil gambar diatas kecil,trus macet2 led di tcon kedip trus lama2 mati, mohon pencerahanya terima kasih

    ReplyDelete
  95. Aslkm... Mas mohoh bantuannya tv led saya kalau diaksi arus,lampu indikatornya susah nyala pas sudah nyala begitu saya tekan power on malah mati dan layar gelap... Tetapi seteh diulang2 ahirnya hidup juga. Itu sudah 3 hari begitu terus... Kira2 apanya yg rusak mas... Tris

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa karena tidak stabilnya tegangan kerja, bisa bermacam-macam contoh kaasitor berkurang nilainya..

      Delete
  96. Pagi gan.
    Saya punya kerusakan tv led lg 22 inch pas d colok adaptornya lampy standby menyala langsung mati dcabut dan dipasang kembali adaptornya seperti itu lagi
    Dihidupkan dengan remote tidak bisa
    Kira2 kerusakannya apa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tipe tv dgn adaptor terpisah sering disebabkan karena mainboard rusak( ada bagian mainboard yg korslet).

      Delete
  97. artikel nya bagus gan
    bisa gk kerumah saya tv LG 52" gk keluar gambar nya aoa bisa di Service

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksih gan,, punya agan juga tuh.. bisa gan nanti skalian mampir heheheh,, atau saya oper ke sampean saja.. :)

      Delete
  98. gan..numpang tanya nih. TV lcd LG 42LE4500.lampu indikaror nyala.. respon pake remote(kedip2 lampu stanby) atau tombol berfungsi.cuma tampilan dan suara gk ada. mohon bantuannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama cek tegangan standbya dan ON. Jika saat di ON kan tegangan ON keluar maka kemunhkian besar bagian mainboard error. Bisa karena data eror, chipset error, dan atau tegangan supply ON ada yg tidak sampai.

      Delete
  99. Mas, tv lg 32lk311 kalo pake remote gak bisa, tapi kalo pencet manual bisa, udah coba diservis, diganti modul sensor remote nya tetep gak bisa juga...
    Kira2 apanya ya mas?

    ReplyDelete
  100. Mas mau tanya,, TV LCD toshiba saya kemarin ada petir, trus TV saya mati.. Setelah saya colokin lg ke sakelar tiba2 listrik saya mati,, saya coba lagi colok tetep kilo meter listrik saya anjlok lagi.. Kita2 kurusakan nya dmn ya mas? Untuk perbaikan nya kira2 butuh dana besar kah mas? Ttima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisi begini untung-untungan, jika beruntung gangguan petir tidak menjalar ke panel lcd dan mainboard maka keruskan hanya di power supply. jka hanya dipower supply msh cukup ringan.

      Delete
  101. maaf mas mau nanya tv led polytron saya ko tiba tiba gak nyala yaa,lampu power tidak nyala sama sekali ke

    ReplyDelete
  102. maaf mas mau nanya tv led polytron saya ko tiba tiba gak nyala yaa,lampu power tidak nyala sama sekali ke

    ReplyDelete