Memperbaiki Televisi LCD LG 32CS410 Mati dengan Led Indikator Merah Menyala.

Posting pertama ditahun 2017, hehe. Sama dengan judul, LCD 32CS410 dengan keluhan mati Led indikator merah menyala saat diberi aliran listrik PLN namun tidak ada efek sama sekali bila tombol power ON OFF ditekan, baik melalui remot maupun melalui touch panel ditv. Normalnya tv model ini bila tombol ON OFF ditekan maka led merah akan berkedip 3 kali kemudian layar menampilkan gambar.


Langkah pengerjaan kami lanjutkan dengan membuka kesing televisi, membersihkan kotoran debu yang ada didalam tv dan mengamati fisik komponen apakah mengalami perubahan bentuk seperti misalnya semikonduktor pecah ataupun elko yang mengelembung. Dalam tv ini kami menjumpai 3 buah elko bagian 24vDC supply blok inverter backlight, ketiga elko itu berukuran 680uF 35V. Setelah penggantian ketiga elko dilakukan, selanjutnya kami mencoba kembali unit televisi dan mengukur tegangan kerja. Sampai tahap ini televisi masih enggan menyala alias belum ada perubahan.

Berikut skema tabel pinout blok power supply tipe 32CS410. 
Tabel pinout power supply 32CS410

Berikut hasil pengukuran kami dengan kondisi tv masih sama.
Power_SW 3VDC, Supply Audio 24VDC, Standby 3.5VDC,  Power 12VDC ada, Error out 0V, PDIM 0V, Inverter ON OFF 0V, Supply Inverter 24VDC.  Dan 3.3VDC standby disensor IR ada.

Dari hasil pengukuran diatas kami menyimpulkan bahwa tv sudah tidak dalam kondisi STandby melainkan ON, karena tegangan Power_SW sudah keluar walaupun tegangan INV ON belum keluar. Dari kejanggalan ini maka dapat diketahui kerusakan ada dibagian mainboard bukan di power supply. Normalnya jika power ON ada maka Inv ON juga harus ada.

Selanjutnya kami mengukur bagian mainboard, mainboard ini memiliki nomor chasis LP24B. Pengukuran menghasilkan tidak hanya INV ON (on off inverter) yang belum keluar, 12VDC supply panel layar juga belum keluar. Sampai disini mengindikasikan bahwa chipset belum sepenuhnya bekerja. Hal ini kami pastikan dengan hilangnya tegangan 2.5VDC chipset dan A_VDD untuk DDR RAM.

Berikut skema jalur switching 2.5VDC yang diperoleh dari 3.5VDC standby.
3.5VDC standby diswit oleh power on off sebelum diregulasikan ke 2.5VDC

Dari gambar tersebut dijelaskan bahwa tegangan 2.5VDC chipset diperoleh dari 3.5VDC standby. Tegangan standby 3.5VDC diswitching oleh Q710, saat tv ON tegangan diteruskan ke regulator IC702 untuk diturunkan menjadi 2.5VDC. FET Q710 mendapat kontrol dari sirkuit transistor switching Q711, dimana basis transistor tersebut terhubung ke Power_SW. 

Dari hasil pengukuran dipastikan FET Q710 sudah rusak, karena Gate mendapat tegangan 3VDC dan Source juga ada tegangan terukur 3.5VDC tetapi Drain tidak ada tegangan, dimana seharusnya jika FET normal pin Drain akan mengeluarkan tegangan sama dengan pin Source. Akhirnya kami melakukan penggantian part FET tersebut. Dan hasilnya tv dapat bekerja normal kembali. 

Berikut gambar letak FET Q710 dalam mainboard yang ditunjukkan tanda panah merah.
Letak Q710 dalam mainboard LP24B

Uji coba tv kami hidupkan mulai dari mengalirkan listrik PLN dan menekan tombol power dari remot. Led indikator merah menyala berkedip 3 kali dan layar menampilkan gambar kepyur semut. Masukkan jack antena dan siaran stasiun tv pun tampil normal seperti sedia kala. Dan sampai pada akhirnya merapikan dan menutup kesing tv.

Sampai disini dahulu, sampai jumpa di artikel tentang perbaikan peralatan elektronik selanjutnya. Tetap semangat, yang terpenting bukan apa yang rusak tetapi tetap semangat untuk mencari apa yang menjadi penyebab. Karena bisa saja kasus sama tetapi penyebab kerusakan berbeda.



Comments

  1. Makasih ilmunya om semoga mendapat pahala ya om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama pak, terimakasih sudah berkunjung diblog ini.

      Delete
  2. Lampu merahnya nyala tapi bila distar nga keluar gambar ya dan lampu merahnya berkedip

    ReplyDelete
  3. Tv saya pas di masukan power kadang lampu indikatornya nyala kadang mati.. Itu knp ya om. Harap balas. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa colokan listrik atau pindah colokan listrik dahulu.

      Delete
  4. TV LED 32 " di colok power lampu indikator nya ga nyala om.. Itu kenapa ya om trouble nya.. Terima kasih ya om. Hrp d bls

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas Ilmunya. Utk Mosfet RSR025P03/AO3435, apa mudah didapat atau bisa diganti dengan yg lain. Mohon masukannya.

    ReplyDelete
  6. Setelah ganti ic lcd nya ga nyala tapi lampu indikator nya standby ga kedip ga bisa di on off, harus gimana ya ?

    ReplyDelete
  7. Bang tv saya setelah ganti ic lcd nya ga nyala lalu indikator yang warna merahnya nyala terus ga bisa di on off

    ReplyDelete
  8. Q710 nya kalo gak ada MB kanibal, diganti fet apa om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ao3435 aslinya. pengganti p fet sejenis. saya memakai ao3401

      Delete
  9. kang, tv led ku merek nya LG tapi sekarang tdk bs star , pertama lampu merah begitu ada gambar kang, mulai lampu dan gambar berkedip - kedip , tolong bantuan nya

    ReplyDelete
  10. Apalagi yg hrs di cek bila Q710 oke dan tengannya ada/normal

    ReplyDelete
  11. Untuk penggantian FET Q710 butuh brp lama min, kasusnya sama nih dgn tv saya.

    ReplyDelete
  12. Om type fet itu apa om ?
    Saya gak dapat info detailnya.
    Kasus sama tapi mau beli itu gak tau type atau jenis fet tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka skema gan kalau kurang jelas gambar diatas. ada di menu skema. aslinya ao3435 (p ch).

      Delete
  13. Untuk fet switch ps on sama juga berjenis p chanel juga?

    ReplyDelete
  14. Untuk fet switch ps on sama juga berjenis p chanel juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. buka skema gan kalau kurang jelas gambar diatas. ada di menu skema. aslinya ao3435 (p ch).

      Delete
  15. Pak.. kalau di colok k pln langsung on.. tp gambar blank lampu led back nyala. Suara ada. Tp pas di matikan spertinya tombol gak fungsi gak bisa mati. Klo di amati jga lcd nya sperti redup terang gtu? 🙏🙏

    ReplyDelete
  16. Pak.. kalau di colok k pln langsung on.. tp gambar blank lampu led back nyala. Suara ada. Tp pas di matikan spertinya tombol gak fungsi gak bisa mati. Klo di amati jga lcd nya sperti redup terang gtu? 🙏🙏

    ReplyDelete
  17. hu tv saya sama merk-nya, saya orang awam belum terlalu ngerti cara ngukurnya. tetapi IC 501 (LG) panasnya kyk solderan kira² apa yang harus di cek ya? makasih sebelumnya hu blog sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih