Speaker aktif mati sebelah R10k chanel R hangus terus.

Speaker aktif ini menggunakan rangkaian OCL(output capasitor less amplifier) dengan catu daya trafo 3ampere 18vac transistor final TIP31 dan TIP32. Kendala kerusakan adalah chanel bagian L bagus sementara chanel bagian R hanya dengung. Setelah diperiksa dan diamati didapati sebuah resistor 10k yang hangus, transistor BD140 dan BD139 yang short di right chanelnya.


Kemudian dilakukan penggantian part tersebut diatas. Amplifier dapat berbunyi normal namun berselang 5 menit resistor 10k tersebut mengeluarkan asap dan hangus lagi. Tegangan catu daya saya putus kembali sebelum merusak transistor.

Kembali saya melakukan pengukuran nilai komponen, baik resistor dioda maupun transistor dengan skala pembanding adalah bagian L(left) yang normal namun tidak ditemukan perbedaan pengukuran antara chanel L dan R. Setelah itu saya mengamati jalur PCB berdasar pada prinsip pembuatan pcb yang biasanya di mirror bila ada rangkaian yang sama.

Kali ini saya menemukan jalur yang janggal diantara R 1k dan R10k yang letaknya berjejer. Diamati dengan seksama benar saja hasil sablon/cetakan list komponen tidak sesuai dengan jalur pcb.
Saya pindahkan komponen R10k menukar tempat dengan R1k. Dengan letak posisi menyilang seperti digambar. 
Gbr komponen Resistor yang diberi lingkaran merah.

Akhirnya setelah pemindahan R tersebut sesuai dengan jalurnya, amplifier dapat berjalan dengan normal. Kesimpulan yang didapat: Dituntut  untuk teliti dan ekstra sabar dalam memperbaiki peralatan elektronika, terkadang pabrikan bisa juga salah cetak sehingga bukan karena kualitas part pengganti yang kurang bagus.


Comments

  1. Replies
    1. ganti yg besar jika nilai tidak tepat pada jalurnya malah bisa merusak yang lainnya gan,, terimaksih sudah berbagi.. :)

      Delete
  2. Gan mau tanya nih kenapa tv led saya kok tiba-taba gak terang padahal semuanya normal, pengaturan brignesnyapun sudah 100% tapi kok malah semakin tidak terang. Mohon solusinya gan..!

    ReplyDelete
  3. yg sering terjadi adalah lampu led nya yg sudah melemah, bisa diatasi dgn mengganti unit lampu led

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas saya mau Tanya TV LG saya Tiba2 mati. Matinya mledak to gk ada petir Dan posisi TV bru mnyala tapi tau2 Dan lampu yg dket TV jg mati tp lmpu metahnya masih nyala klo dinyalain lmpunya kedip to TV gmau nyala ITU kra2 yg rusak apa

      Delete
    2. harus diperiksa kondisi fisiknya.. jika ada yg meledak besar kemungkinan dr power supply..

      Delete
  4. Permisi boss
    Ane punya power aktif BIG POWER tapi suaranya ngber sblah bagian L . Itu yg rusak apa nya ya ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dicek dahulu pak, bisa dari powernya atau bisa juga dari speker dan boxnya. mksh

      Delete
  5. numpang nya boss. speaker aktiv saya politron pass 68 bagian L mati. di ukur tegangan out sepeaker nya 30 v

    kira2 apanya yang rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar transistor final rusak jika di output speaker terukur 30v. coba diperiksa dan ganti tr final jika rusak. Sebelum ganti tr final periksa tr drivernya ( tr sebelum final), agar tr final tidak rusak lagi.

      Delete
  6. Gan mau nanyak saya punya pa merek bmb rusaknya tr final sort udah di ganti yg baru tip jugak ganti yg baru tapi resiator 470 ohm sama 220 ohmnya ko angus terus ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah pemasangan transistor dan posisi transistor tip (PNP dan NPN) sudah sesuai? jika sudah benar tp masih gosong juga maka dari bagian depan (differential) masih bermasalah. terimaksih

      Delete
  7. Mau nanya saya beli kit speaker aktif aragon 150watt. Setelah saya rangkai dgn travo 5amp 25v hasilnya jika volume subwofer diputarkanan efeknya daun speaker woofer kok mantul2 ndak karuan itu kenapa ? Trimakasih admin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pengaruh frekuensi subwoofer. frekuensi kit subwoofer tidak match dengan frekuensi response speaker. atur/setting perlahan volume subwoofernya. terimakasih

      Delete
  8. Mohon bantuannya nih gan,saya punya kit power ampli ocl kurang lebih masukan dayanya 24v-30v trafo saya pake 3Amp ,jalur Audio L nya Mati sebelah Padahal Power ampli keadaan Baru, dan Bagian Resistor 100ohm hangus terus .Mohon solusinya,Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tahu R 100ohmyg dimaksud posisinya dimana? Jika r yg dimaksud posisinya yang di kaki emitor tr driver maka ada kemungkinan driver bermasalah. Cek juga apakah jalur kit benar, sesuai dengan postingan ini. teerimaksih

      Delete
  9. Tuan guru klo penguat ahir sebelah pada bagian Righ nya mati total gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsip pegecekan sama pak. Dimulai dari peng kabelan terlebih dahulu.

      Delete
  10. Bos.maaf nanya..saya beli kit aktif speaker 80watt.stereo.kalau di colok usb.atau stel radio kanan kiri speaker ok.tapi kalau di masukin dari dvd.kok yg sebelah kiri speakernya gak keluar suaranya.solusinya gimana...mksih.

    ReplyDelete
  11. Bos.maaf nanya..saya beli kit aktif speaker 80watt.stereo.kalau di colok usb.atau stel radio kanan kiri speaker ok.tapi kalau di masukin dari dvd.kok yg sebelah kiri speakernya gak keluar suaranya.solusinya gimana...mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa lagi pengkabelan.. atauu posisi colokan RCA DVD..

      Delete
  12. Gan, sy punya speaker advance s820. Pada start awal normal. Namun lama kelamaan tinmbul hum. Saya cb cabut kabel speaker satelit sebelah kanan. Humnya ilang, sy cb pasang lg timbul lg hum nya. Sy cb bolak balik pakai speaker kiri, ttp sama kasusnya. Kira2 kerusakan pd bagian mn y gan. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar dari kabel/ konektor yang terhubung tidak sempurna.

      Delete
  13. Bos sy mau tanya sy punya salon aktip tidak ada suaranya.gara2 traponya ke bakar.pas di ganti yg baru ko ga keluar suaranya mohon penjelasanya

    ReplyDelete
  14. gan, speaker aktif saya mati sebelah kanan kalo input pakai rca, tapi pakai bluetooth normal bunyi semua, kabel rca udah saya ganti berkali kali, dengan sumber bunyi macem2 (hp,laptop,pc) tetep tidak bunyi, kira2 dimana kerusakannya ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih