Servis Tv Led LG 29MT48A mati total

Salam jumpa kembali dengan artikel pengalaman servis electoro esse. Kesempatan kali ini penulisan tentang televisi Led LG 29MT48A yang matitotal. Keluhan pelanggan servis kami dari Kelapa Dua Tangerang yang langsung kami kerjakan ditempat dan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari dua jam.


LG 29MT48A ini menggunakan adaptor (power supply) yang terpisah dari unit televisi. Keluhan kerusakan matitotal untuk jenis televisi dengan adaptor terpisah memang cukup sering kami temui. Indikasi kerusakan mirip seperti adaptor tersebut yang rusak. Karena dari lampu indikator stanby televisi tidak menyala sama sekali.

Proses awal pengerjaan kami melepas plugin adapator yang masuk ke dalam televisi untuk memastikan apakah adaptor bekerja dengan baik. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa adaptor mengeluarkan catudaya yang normal yaitu 12VDC. Dengan hasil ini kami putuskan untuk membuka kesing televisi dan melakukan pengukuran mainboard.

Fokus pengukuran mainboard yang selalu electoro esse lakukan meliputi pengukuran nilai hambatan untuk catudaya masuk, input output regulator tegangan, tegangan kerja dan beban arus. Dari hasil pengukuran hambatan catudaya masuk kami sudah menemukan adanya korsleting, hampir menunjukkan nilai 0 Ohm.

Berikut gambar mainboard LG 29MT48A.

Mainboard LG 29MT48A


Gambar diatas ada enam buah bagian yang kami beri lingkaran merah. Komponen tersebut yang rentan mengalami korslet(hubung singkat). Solusi perbaikan yakni dengan mencabut kapasitor smd tersebut dan menggantinya. Bagian tersebut adalah jalur langsung supply catudaya masuk, jadi begitu plugin adaptor dimasukkan bagian tersebut akan langsung mendapat tegangan 12VDC.

Televisi dengan adaptor terpisah ini hanya menggunakan catudaya satu buah (12VDC) untuk standby dan on.  Berbeda dengan televisi yang menggunakan powersupply menjadi satu didalam unit, dimana catudaya standby dan on dipisah. Walaupun ini tidak mutlak untuk semua jenis televisi.

Kesimpulan kami kapasitor ini cepat rusak karena tegangan 12VDC terus ada dalam posisi standby maupun ON, dan sangat jarang sekali power adaptor dilepas dari sumber listrik PLN. Demikian dahulu untuk artikel kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Comments