Memperbaiki LCD LG 32CS340M Mati Total led merah kedip-kedip.

Salam jumpa kembali dengan electoro esse blog, salam solder. Kesempatan ini kami ingin berbagi pengalaman perbaikan tv lcd LG 32CS340M yang mati total. Ketika aliran listrik dimasukkan unit tv hanya menunjukkan lampu merah indikator yang berkedip-kedip, dan tidak ada reaksi lainnya selain itu, layar panel kami senter pun tidak ada indikasi bahwa layar panel telah bekerja.


Tahapan pengerjaan yang kami lakukan.
  • Langkah awal. Dalam tahap ini yang kami kerjakan adalah membuka kesing televisi, membersihkan debu yang ada didalam. 
  • Langkah pemeriksaan komponen. Pemeriksaan meliputi kerusakan fisik komponen, kerusakan jalur pcb, kerusakan istalasi pengkabelan. Didapati dalam keadaan baik maka kami melanjutkan langkah selanjutnya.
  • Langkah pengukuran tegangan kerja.  
  • Sudah familiar rasanya jika brand yang satu ini menggunakan dua (2) buah power supply, walaupun ini tidak sepenuhnya diterapkan disemua tipe. Satu untuk standby dan satu untuk posisi ON. Tegangan ON akan keluar jika tegangan standby ada dan sudah ada perintah ON dari CPU mainboard.Tegangan standby 32CS340M yang dikeluarkan adalah sebesar 3.5VDC. Kemudian tegangan ini diturunkan dan dibagi-bagi ke tiap bagian mainboard yang memerlukan. Salah satunya tegangan 3.3VDC , tegangan ini dapat diukur dibagian sensor penerima remot control. Jika dititik ini terukur 3.3VDC maka dapat dikatakan tegangan standby normal.
  • Selanjutnya kami menekan tombol power remote control, kami menjumpai lampu merah indikator berkedip-kedip. Dalam proses ini unit sedang menginisialisasi hardware dan sofware yang terintegrasi didalamnya. Dapat dikatakan mainboard sistem power on bekerja dengan baik. Yang membuat kejanggalan adalah tidak ada reaksi apapun setelah itu. Dimana pada keadaan normal setelah itu adalah layar panel akan menampilkan gambar. 
  • Dalam tahap ini kami mengukur titik PWR ON , Err OUT , P.DIM, A.DIM dan INV ON. Hasil pengukuran menunjukkan titik PWR ON , P.DIM , A.DIM, INV ON terukur +-1VDC dan Err OUT 0VDC . Tegangan yang dikeluarkan dari mainboard ini normal dan khusus untuk PWR ON digunakan untuk memberi perintah power supply ON bekerja.  Tetapi karena tegangan ON tetap tidak keluar juga maka kami memutuskan melanjutkan penelusuran dibagian ON power supply. 
  • Penelusuran berlanjut dibagian oscilator pwm IC 1S311 SMD berkaki 7. IC ini sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga sudah tidak mengeluarkan tegangan untuk mendorong Gate Mosfet power supply ON. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengukuran tegangan start pwm 15VDC ada, tegangan perintah ON dari mainboard ada, komponen pendukung normal tetapi tegangan out drive Gate 0VDC. 
  • Penggantian part yang rusak kami lakukan dan melakukan pengukuran tegangan kerja kembali. Pada poin terakhir yaitu  jalur Gate telah terukur 1.5VDC dan tegangan output sekunder power supply ON telah keluar. Tegangan ini 12VDC supply mainboard dan 24VDC supply inverter backlight.
Berikut adalah foto part yang mengalami kerusakan.

Gbr pcb bawah power supply 32CS340.

Setelah selesai penggantian part kami melakukan test unit televisi menyala. Beberapa jam tidak ada kendala dan sudah dipastikan kondisi normal, selanjutnya kami merapikan dan memasang kesing unit.


Comments