Televisi Toshiba LCD 32HV10 E3 kerusakan gambar Dobel Ungu Berbayang

Selamat siang, artikel ini berbagi pengalaman perbaikan tanggal 25 September 2016 yang lalu dalam menangani kerusakan sebuah televisi LCD Toshiba 32HV10 E3. Kerusakan yang timbul yakni layar televisi muncul garis-garis mendatar. Garis tersebut disertai dengan tampilan bergetar, dobel atas bawah, warna berubah-ubah dan dominan ungu.


Kerusakan seperti ini sering timbul pada televisi Toshiba, Samsung dan Sony. Ketiga brand tersebut pada beberapa model menggunakan panel layar LCD samsung. Panel layar yang dimaksud adalah panel yang menggunakan flexibel COF tunggal atau single COF modul.  COF (Chip On Film) adalah flexibel film jalur penghubung main PCB ke layar kaca LCD  dengan sebuah chip modul berada di tengah flexibel tersebut.

Contoh bentuk single COF modul yang dipakai di Toshiba 32HV10E3.

Papan pcb panel layar Toshiba 32HV10E3

Dibawah ini adalah gambar bergaris dobel berbayang yang kami maksud. Kerusakan seperti ini yang paling sering dijumpai dengan penyebab adalah COF modul atau panel layar itu sendiri.
Tohiba 32HV10E3 gambar bergaris dobel berbayang keunguan
Gambar selanjutnya ini adalah setelah melakukan perbaikan dibagian COF modul. Asumsi melakukan perbaikan COF dahulu dikarenakan alurnya adalah Main PCB >> COF >> Panel layar. Panel layar menjadi opsi terakhir, mengingat panel layar harganya juga 2/3 televisi baru. Namun apa boleh buat jika perbaikan COF modul tidak menyelesaikan masalah maka penggantian panel layar adalah pilihannya.

Gbr setelah selesai perbaikan.

Dalam kerusakan 32HV10E3 ini perbaikan bagian COF modul sukses, masalah yang sebelumnya timbul sudah dapat teratasi. Gambar sudah normal kembali dan sudah bisa ditonton dengan nyaman.
Terimakasih sudah membaca artikel ini. Apabila mempunyai kasus kerusakan serupa, silahkan panggil atau dibawa ke tempat servis yang terpercaya.

Comments

  1. sudah didownload tp pas di rar corrup filenya gan

    ReplyDelete
  2. datanya kosong hanya foldernya doang gan

    ReplyDelete
  3. Download film kakek tewas kejepit zuzu....ekekek

    ReplyDelete
  4. punya data kupingan cof tv lcd thosiba 32HV10-E3 ...Klau ada tolong di share..

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum mas. nanti kalau ada diup. coba minta ke forum teman2 di fb. mksh

      Delete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih