Memperbaiki Samsung Tv Led UA32N4001AK Mati Total.

Selamat datang di blog electoro esse, kesempatan ini kami ingin berbagi pengalaman memperbaiki tv led samsung model  UA32N4001AK saat panggilan servis tv panggilan di sleman timur yang mengalami kendala kerusakan matitotal. Mati total yang kami sampaikan disini bukan dikarenakan oleh problem power supply melainkan problem dari bagian mainboard.  Hal tersebut setelah melalui proses  pengukuran tegangan dititik penting standby tv. Jadi bilamana pembaca tulisan ini mengalami kasus serupa namun mengalami kendala dipower supply sebaiknya yang diperbaiki bagian power supply, bukan mainboard :D.


Mainboard UA32N4001AK


Tv ini terbilang keluaran baru dan beberapa kali penulis sudah menjumpai model ini dengan kerusakan sama, yaitu matitotal tegangan standby normal dan tidakbisa di hidupkan, mungkin bahasa lain di kalangan teknisi tvmengatakan mati suri. Heheh. Harusnya jika hardware normal dan tegangan normal maka tv dapat dihidupkan. Tapi mengapa ini tidak? 


Selanjutnya penulis mencari tahu bagian software karena hardware hampir semua sudah diperiksa.  Sofwarenya disimpan dalam memori spi flash. Dalam foto  mainboard UA32N4001AK seri board VN32HN048IAXK dibawah ini posisinya berada didalam lingkaran merah. IC spi flash berkaki 8 tersebut penulis lepas untuk mecoba read, backup dan erase write.

Hasilnya dalam flash programmer ic tersebut masih bisa diread dan berhasil dibackup. Erase juga berjalan lancar, dan ketika ditulis ulang atau write mengalami gagal. Sehingga penulis putuskan ic ini sudah mengalami kerusakan dan harus mengganti ic ini dengan yang baru. Winbond 25Q64 penulis gunakan sebagai pengganti dengan mengisikan file yang tadi telah dibackup.


Hasil setelah pemasangan ic spi Flash baru.

Foto diatas adalah hasil setelah pemasangan ic memori spi flash baru dan sedang melakukan auto search program siaran. Hasilnya bagus dan tv sudah dapat di pergunakan normal kembali. Semoga pengalaman ini dapat memberi pencerahan bagi siapa saja dan teknisi tv pada khususnya yang sedang membutuhkan. Bilamana membutuhkan file backupan UA32N4001AK bisa mengajukan melalui email atau nomor wa electoro esse diatas.  Terimakasih.

Comments