IC 5A2RAB adalah IC NCP1251

Beberapa ic smd sekarang banyak menggunakan kode-kode asing yang terkadang bikin mumet para teknisi elektronik. Sebetulnya kode tersebut merupakan kode pabrik saat pembuatan ic tersebut. Untuk NCP1251 kode pabrik akan ditulis dengan awalan 5A2xxx. Salah satunya kode 5A2RAB ic power management yang berfungi sebagai pwm controler ini banyak sekali di berbagai power supply peralatan elektronik. 

Contohnya dalam gambar dibawah ini ada ic dengan kode 5A2RAB dari sebuah power supply tv LG 32LB530.


PSU 32LB530

Berikut datasheet ic NCP1251 sebagai perbandingan dan panduan.


Terkadang kita mencari di search engine dengan kode yang tertera dari IC dan simbah google tidak menunjukkan hasil apapun. Untuk itu dengan cara lain yang lebih mudah yaitu dengan membaca jalur rangkaian. Toh dalam ic ini hanya 6 kaki, dan pinout pwm controller tidak akan jauh dari vcc gnd cs ovp driver , dan kita tinggal mencari tahu letak pinoutnya saja.

Membaca jalur akan dengan cepat membantu mencari tahu pinout dari ic tersebut. Hasil urutan pinout tersebut kemudian ketikkan di search engine. maka akan menampilkan datasheet ic tersebut. Atau jika pembaca telah ahli maka akan langsung mengetahui ic tersebut sejatinya seri berapa.  

Sebagai contoh electoro masukkan " 1. GND 2.FB 3.OVP 4.CS 5.VCC 6.DRV " , maka simbah google akan menunjukkan hasil yang lebih baik dan keakuratan tinggi. Kita tinggal memilih mana yang paling sesuai, biasanya berada dipaling atas pencarian akan tampil datasheet  dari pabrikan. Terimakasih, salam solder. 

Comments