Cara flashing iphone 5S Hang Logo menggunakan iTunes.

Selamat malam sobat pembaca semuanya, tepat ditanggal 9 Maret 2018 ini electoro esse kembali berbagi kisah memperbaiki iphone 5S yang mengalami stuck di logo apple ketika dinyalakan. Menurut pemilik awalnya karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang di iphone. Saat digunakan tiba-tiba aplikasi berhenti, mati sendiri dan saat dihidupkan sudah stuck di logo apple.

Disampaikan diblog ini agar kami tidak lupa dan mungkin ada yang mengalami kasus serupa bisa mencoba cara ini. Berbekal kisah awal rusaknya iphone, langkah perbaikan dimulai dengan memperbaiki bagian software dahulu. Proses ini adalah proses perbaikan update dan restore dengan cara Online melalui iTunes. Alat dan bahan yang diperlukan adalah ;
  • Kabel data USB iphone.
  • Software iTunes terbaru yang diinstal dikomputer, dapat diunduh di websitenya apple.
  • Paket internet minimal 3GB dengan koneksi cepat dan stabil.
  • Komputer dengan OS minimal windows 7, electoro esse menggunakan windows 7 32 bit. Jika punya spesifikasi lebih tinggi maka lebih baik.
Langkah selanjutnya tinggal melakukan proses update/restore. Hubungkan koneksi internet. Buka software itunes  yang ada dikomputer kemudian masuk mode recovery dengan tekan  dan tahan tombol home iphone lalu hubungkan kabel usb. Setelah layar iphone tampil gambar " connect to iTunes" lepaskan tombol home. Secara otomatis itunes akan mendeteksi koneksi iphone pada mode recovery dan menghubungkan ke server apple. Pembaruan perangkat lunak untuk iphone terbaru akan dikirimkan. Kemudian tinggal memilih update atau restore. Selanjutnya tinggal menunggu file yang diunduh.

Lama tidaknya proses unduh ini tergantung pada kecepatan internet yang dipakai, dalam kasus electoro esse cukup lama karena sedang lemot, file iphone 5S ios 11 terbaru ukuran sekitar 2,5GB. Iphone juga akan mematikan mode recovery ketika sudah 15 menit tidak ada interaksi dengan itunes. Sehingga ketika file unduhan selesai iphone harus diposisikan kembali dimode recovery. Ketika iTunes meminta untuk menghubungkan ke server pilih cancel, kemudian cabut usb, pasang kembali usb dan tinggal memilih update atau restore.

Proses ekstrak file hasil unduhan di itunes.

Selanjutnya tinggal menunggu proses ekstrak, upload dan verify file perangkat lunak terbaru dari itunes menuju iphone. Dalam tahap ini jika tidak ada kendala maka akan mulus dan iphone menyala normal dengan software terbaru. Namun jika ada kendala error silahkan lanjutkan membaca, semoga membantu.

Dalam kasus electoro esse, proses  terakhir diatas mendapat sedikit kendala yakni error 3600. Untuk error lainnya dapat dilihat pada notifikasi error itunes klik pada " more info", akan diarahkan ke dukungan apple tentang perbaikan kesalahan sesuai dengan error yang dijumpai.

Error 3600 dari itunes ini harus diperbaiki karena jika tidak maka proses update/restore tidak akan berhasil. Berikut beberapa poin yang electoro esse lakukan, hampir semua problem disebabkan oleh jaringan dan koneksi;
  • Memperbarui semua windows update di windows 7 secara manual (pilih yang important).
  • Memperbarui iTunes ke versi terbaru. Saat proses ini adalah versi 12.7.3 2018.
  • Menggunakan port usb komputer yang ada dibelakang ( yang terhubung langsung di mainboard PC ).
  • Mengganti kabel usb dengan yang lain (original).
  • Menjalankan komputer sebagai administrator.
  • Mengedit file host server apple. Jika windows File host ada di drive C:\Windows\Systems32\drivers\etc\host . Buka dengan notepad kemudian edit dan simpan. Yang perlu diedit ada dipaling bawah yaitu 74.208.105.171 gs.apple.com . Jika sudah ada tanda "#" didepan maka hapus tanda tersebut, jika belum ada maka tambahkan kode tersebut. Kemudian simpan. Dalam kasus ini electoro menambahkan kode "#".
Enam poin diatas yang menjadi penyebab error 3600 dalam proses update dan restore iphone 5s.  Semua kami coba satu persatu dan akhirnya berhasil. Poin lainnya yang memungkinkan tampilnya error diantaranya pengaturan jam dikomputer dan pengaturan jaringan modem, wifi atau ethernet.

Catatan lain, proses update atau restore ini. Jika memilih update maka file yang ada didalam iphone tidak akan dihapus dan hanya akan memperbarui perangkat lunak. Jika memilih restore maka semua file yang tersimpan akan dihapus dan akan memperbarui perangkat lunak. 

Dan akhir kata demikian dahulu cerita pengalaman memperbaiki iphone 5s dengan update atau restore melalui itunes. Semoga dapat bermanfaat bagi semua yang sedang membutuhkan.

Comments