Memperbaiki Samsung Plasma PS-51F4500AM kadang hidup kadang mati.

Tv samsung plasma PS51F4500AM dengan kendala kerusakan kadang hidup kadang mati. Jika sedang tidak mau hidup ditekan power  tidak ada tanda tv hidup. Hanya lampu indikator menyala berkedip.


Ya mau tak mau , sepertinya memang tv harus dibuka agar bisa diperiksa dan diservis. Dilanjutkan dengan membuka tutup belakang tanpa melepas baut dan kaki tv. Sehingga tv tetap bisa berdiri dan mempermudah pemeriksaan, membersihkan debu dan mengukur tegangan kerja.

Setelah membersihkan debu, lalu mengukur tegangan standby. Tegangan standby (5VA) disini terukur 5,2vDC. Dapat dikategorikan dalam kondisi normal, karena tidak terlalu naik/turun jauh dari 5vDC. Selanjutnya mengukur tegangan kerja bagian ON. Disini hasil pengukuran B5VDC, 15VDC , VS dan VA nihil kecuali tegangan perintah on/standby masih dapat high low ketika tombol power ditekan.

Gambar.01
Penjelasan gambar.01.
  • Tanda panah merah adalah arah tegangan standby. Tegangan disini akan tetap ada baik saat on maupun standby.
  • Tanda panah hijau putus-putus adalah arah/kontrol on/off/standby. Low saat off/standby ( 0VDC ) dan high saat on ( sekitar 3,3VDC). 
  • Tanda panah biru adalah arah tegangan kerja saat on. Tegangan dijalur biru hanya akan ada jika posisi sudah on.
  • Tanda panah ungu adalah arah sinyal data gambar. Sinyal data dapat mudah diukur dengan menggunakan osiloskop. Bagian ini bekerja sesudah on.
Hasil ukur ini memberi petunjuk bahwa bagian mainboard masih 25% waras. Mainboard bisa memberi perintah on ke power supply tetapi power supply tidak merespon. Mengingat 75% sisanya baru bisa diukur ketika semua tegangan power on sudah ada maka fokus pemeriksaan pindah ke power supply bagian on.

Berikut foto power supply 51f4500 (gambar.02). Dari foto tersebut terlihat beberapa jalur jumper dan kaki komponen rusak korosi (ditandai lingkaran merah) . Jalur jp ini adalah jalur positif primer power supply untuk bagian on. Jadi inilah penyebab kenapa tv kadang mau hidup dan kadang tidak. Karena koneksi tidak sempurna sangat berpengaruh pada rangkaian listrik dan elektronika.


Gambar.02

Selanjutnya electoro mengganti dan memperbaiki jalur yang rusak ini. Alhasil dengan ini power supply on sudah mengeluarkan tegangan. Hasil ukur normal. 12vdc vs dan Vscan. Kemudian diteruskan dengan menghubungkan ke mainboard. Dan test...ya tv dapat langsung menyala. :)

Kesimpulan dan catatan.
  • Usut punya usut , menurut cerita yang punya tv. Tv mengalami korosi dikarenakan posisi  berada dekat dengan kolam renang air asin. Uap air yang mengandung garam bereaksi terhadap logam termasuk kaki komponen. Ini pun terjadi juga pada daerah yang tinggal didekat pantai.

  • PENTING. Saat mencoba unit tv khusus PLASMA. Usahakan dan WAJIB memasang baut mainboard,  power supply, y sus blok, zsus blok, xsus blok, t con blok. Tidak dianjurkan mencoba tanpa baut dipasang.

Sekian dahulu kisah memperbaiki tv samsung plasma pdp 51F4500 kadang hidup kadang mati. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Saya cuma bisa baca belum bisa praktek, makasih sharingnya mas

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih