Memperbaiki tv LCD polytron hidup sebentar lalu mati.

Tv polytron salah satu brand tv yang menerapkan sistem protek dalam rangkaian. Protek ini untuk melindungi rangkaian atau bagian yang tidak rusak agar tidak ikut mengalami kerusakan. Kali ini kami ingin berbagi kasus serupa di tv polytron 24 inch LCD. Kasusnya adalah tv bisa dihidupkan, beberapa saat kemudian kembali mati dalam arti mati standby, andai bisa dinyalakan pun harus menunggu sangat lama.


Sistem protek sendiri dapat aktif saat tegangan kerja tidak stabil (drop atau over), ada komponen yang rusak, data software rusak.  Selain di sebabkan oleh protek, tv kembali standby juga bisa karena tegangan berada dibawah atau diatas tegangan normal rangkaian. Tegangan diluar batas bisa membuat komponen tidak dapat bekerja normal. Saat ini beberapa komponen aktif secara individual sudah didesain demikian seperti switch tegangan dan regulator tegangan. Tegangan input output atau daya terdeteksi diluar spesifikasi kerja maka akan membuat komponen tersebut berhenti bekerja.

Awal pengerjaan seperti biasa kami membuka kesing tv terlebih dahulu, membersihkan dan memeriksa kondisi fisik komponen dan rangkaian. Dengan begitu biasanya langsung dapat menganalisa garis besar penyebab kerusakan. Kemudian selanjutnya dilakukan pengukuran untuk hasil detail setiap komponen dan rangkaian.

Hasil pemeriksaan fisik terdapat beberapa buah kapasitor elektrolit (elko) yang sudah kembung (lihat gambar dibawah). Kapasitor disini berfungsi untuk menstabilkan tegangan yang sudah disearahkan. Kerusakan elko menjadikan tegangan tidak stabil (drop). Untuk memastikan kami mengukur elko tersebut dengan ESR meter, hasilnya sudah jauh dibanding elko yang normal. Tegangan kerja pun terukur drop baik saat on dan standby drop lebih dari 1V.  Tegangan drop tersebut sudah dapat terbaca oleh komponen aktif seperti regulator dll. Sehingga rangkaian kembali standby.

PCB pwer supply  polytron LCD 24 inch

Selanjutnya kami mengganti semua kapasitor dengan yang normal. Lagi-lagi dalam zaman ini harus kami katakan normal mengingat banyak sekali kapasitor baru namun ternyata kapasitor tersebut palsu. Jadi harus diukur kembali kapasitor pengganti nilainya sudah tepat sehingga bisa dipasang atau tidak kedalam rangkaian.  Hal ini seperti PR tambahan bagi tukang servis karena banyak komponen palsu yang beredar, hehe.


Dalam kasus kami, setelah penggantian kapasitor yang rusak tv bisa dinyalakan dengan lancar dan tidak kembali standby. Hasil ukur tegangan kerja sesudah penggantian kapasitor tidak drop lagi. Sehingga tinggal merapikan menutup kesing dan menyerahkan kembali kepada pemilik.

Comments