Blok Rangkaian IC Utama atau IC Gambar

Bahasan kali ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang IC program.

Baca juga : Fungsi IC Program.

Sebelumnya penulis memberitahukan bahwa penamaan IC utama atau IC induk ini hanya untuk mempermudah pengenalan komponen dalam sebuah rangkaian televisi. Karena, ada banyak yang menamakan komponen ic ini dengan nama ic gambar, ic chroma dan ic jungle. Spesial untuk ic jungle, disebut ic jungle karena ic program dan ic gambar sudah disatukan. Sehingga tidak jarang ic jungle sering juga disebut dengan ic tunggal.


Namun dalam artikel kali ini yang dimaksud adalah IC utama belum menjadi satu dengan IC program. IC jenis  seperti ini sering dijumpai pada televisi model lama. Sebagai contoh penulis ambil seri LA76810A. Dimana didalam IC ini ada beberapa macam rangkaian utama yaitu :
  • Rangkaian horisontal osilator, tegangan horisontal osilator dan horisontal output. Dibagian ini sinyal frekuensi horisontal 15,625Hz di buat yang selanjutnya diumpankan ke rangkaian driver horisontal.
  • Rangkaian vertikal osilator, tegangan vertikal osilator dan vertikal output. Dibagian ini sinyal frekuensi vertikal dibuat dan selanjutnya masuk ke rangkaian penguat vertikal.
  • Rangkaian IF, tegangan IF dan IF output yang didalamnya tergabung video komposit. Video komposit  adalah sinyal gabungan antara suara, gambar, warna dan sinkronisasi.
  • Rangkaian audio, tegangan audio dan audio output. Bagian ini mengolah masukan suara dari sinyal video komposit dan membuat keluaran murni sinyal audio yang selanjutnya diteruskan ke rangkaian penguat suara.
  • Rangkaian video rgb, tegangan rgb dan rgb output. Bagian ini mengolah masukan video dari video komposit kemudian memisahkan menjadi RGB output yang selanjutnya diteruskan ke rangkaian penguat video driver.

Dari penjabaran diatas dapat diketahui bahwa sistem kerja sebuah IC itu masing-masing, secara umum tidak saling mepengaruhi, hanya saja disatukan bentuk fisiknya.  Seumpama saja bagian suara, output ic tidak lagi mengeluarkan sinyal audio secara normal maka tidak akan mempengaruhi bagian lainnya. Hanya saja televisi menjadi bisu padahal penguat suara bekerja dengan baik.

Khusus bagian horisontal, ini adalah bagian terpenting kedua setelah power supply. Jika bagian ini rusak tentu bagian lain juga bermasalah dikarenakan horisontal ic utama digunakan untuk start /menghidupkan flyback transformator  dimana flyback adalah sebagai power supply kedua sebuah televisi. Bila bagian ini bermasalah biasanya televisi menjadi mati total, namun belum tentu IC utama menjadi penyebabnya. Bisa dikarenakan tegangan supply IC utama bagian horisontal tidak masuk, bisa rangkaian driver tidak bekerja, atau rangkaian flyback tranformator yang rusak.  Bila bagian ini normal biasanya televisi dapat hidup sehingga barulah kita dapat mengamati  dan melakukan pengukuran dibagian yang lainnya.

 Mempelajari IC seperti ini tentu sangat rumit, namun akan mudah jika mengetahui sistem kerja dan bagiannya. Dan untuk kerusakan disalah satu bagian  maka harus mengganti satu unit IC. Penggantian IC ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, dengan solder yang tidak terlalu panas dan penyedot timah yang ujungnya dilapisi karet tahan api sehingga sedotannya kuat dan tidak merusak pcb.  Karet tahan api dapat diambil dari kop flyback yang sudah tidak dipakai.



Untuk lebih detail tentang data pin ic LA76810a dapat dibaca di posting sebelumnya.
Untuk lebih jelas mengenai cara kerja IC utama ini, mari dilihat dari diagram IC utama dalam gambar di bawah ini :
 
diagram la76810a


Dari gambar ic diatas dan ic yang sejenis beberapa tahun lagi mungkin akan sulit keberadaanya, karena saat ini pun lebih sering dijumpai ic gambar sudah tergabung dengan ic program ( ic jungle/ tunggal) dengan jumlah kaki pinout lebih dari 54 pin seperti misalnya TDA UOC8895. Belum lagi dengan adanya teknologi televisi lcd dan led yang sudah pasti tidak menggunakan komponen berjenis ini. Namun kembali lagi, jika cara kerja IC diketahui, hal itu tidak akan sulit.

Untuk melanjutkan bahasan bagian-bagian televisi, pada artikel selanjutnya akan di bahas tentang bagian Tuner.

Terima kasih. 




Comments

  1. jalur untuk mensuplay ic program di ambil dri mana ya...apa dari power suplay utama atao dari mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power Supply(sumber daya tegangan). Berupa tegangan DC. Untuk bear tegangan Tergantung teknologi saat pembuatan IC program itu sendiri. IC model dulu menggunakan tegangan supply 5VDC, kemudian berkembang, menggunakan 3,3VDC.
      Untuk tv-tv model sekarang butuh banyak ; 0,9VDC sampai 3,3VDC.

      Biasanya, PSU hanya 1 atau 2 bagian. Kemudian tegangan dibagi2 sesuai kebutuhan supply untuk IC. Bisa dgn IC regulator, bisa dng rangkaian penurun dan penstabil, atau rangkaian DC DC converter.

      Untuk mempermudah bisa dengan membaca gambar?skema rangkaian. Mkasih

      Delete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih