Tv Sanyo Gagal Start

Kebetulan sore tadi electoro ada perbaikan tv sanyo crt 21 in dengan gejala kerusakan yang sangat jarang diketemukan di tv model ini. Kerusakannya tv jika kondisi dingin bisa hidup namun jika sudah dimatikan (standby) tv tidak bisa menyala kembali atau gagal start.

Setelah melakukan pembersihan debu, mulai mencari komponen terutama elko yang turun kapasitasnya. Tapi tidak ditemukan elko yang bermasalah. Lanjut ke solderan diarea panas, disini biasanya retak. Namun solder ulang area tersebut juga belum membuahkan hasil.

Kemudian melanjutkan pengukuran tegangan kerja. Posisi standby ataupun on tv sanyo tidak memakai drop-high di sekunder power supplynya. Tetapi hanya melakukan swit on-off dijalur 24Vdc. 24Vdc ini untuk supply horisontal driver dan vertikal.

Hasil pengukuran 130V terukur 127Vdc, 24V terukur drop 13Vdc, 9V terukur 9Vdc, 18V terukur 19Vdc. Nah dari hasil ukur ini telah diketemukan yang menjadi penyebab gagal start. Yaitu tegangan 24V drop, dimana tegangan itu dipakai saat awal.

Analisa selanjutnya dengan mengganti dioda penyearah di 24V. Dioda sudah enggan berfungsi normal lagi saat panas. Cara mudah mengetesnya dioda dilepas kemudian panaskan dengan solder. Jika saat panas nilai ukur dioda berubah maka dioda rusak.

Berikut hasil foto ujicoba dengan dioda ultrafast pengganti. Dalam foto ini hanya saat mencoba, setelah beres komponen diletakkan di atas pcb lagi, toh udah ada tempatnya. Heheh.


Demikian kisah perbaikan tv sanyo yang mengalami gagal start. Selanjutnya electoro tinggal merapikan komponen , pasang pcb di rangka dan beberapa soket degauss dan speaker. Lalu memasang tutup cover belakang tv. Semoga memberi pencerahan pada rekan yang mengalami gejala serupa Walaupun tidak selalu komponen yang menjadi penyebab sama.


Comments