Memperbaiki televisi polytron slim kadang hidup kadang mati.

Sangat sering electoro mendapatkan kesempatan memperbaiki televisi polytron yang mengalami keluhan kadang unit mudah dihidupkan tapi kadang mati sendiri, kadang tidak mau hidup sama sekali, ada juga yang lebih parah sampai ada pemilik yang jengkel hingga televisi dipukul-pukul eh baru hidup. Tentu ini kurang begitu bijak, jika tidak sedang beruntung bisa-bisa malah memperburuk gejala kerusakan yang ada.

Eh itumah akal-akalan tukang servis tv, eh tidak betul anggapan itu. Sebagai orang yang menekuni profesi ini electoro akan menyarankan yang terbaik demi meminimalkan serendah mungkin biaya perbaikan dan unit elektronik Anda awet. Coba jika unit tv sedang teraliri listrik kemudian digedor dipukul, resiko pecah cover dan konsleting bisa saja terjadi. Mengingat harga komponen dan alat pendukung servis yang semakin mahal.

Berikut salah satu contoh foto yang electoro sempat jepret dari televisi polytron slim. Unit yang difoto ini mengalami gejala paling ringan dan belum pernah servis sebelumnya, sangat tampak dari solderan mesin pabrik.


Foto diatas adalah potongan bagian vertikal. Tanda panah orange menunjuk ke kaki komponen ic vertikal dengan solderan yang retak, tepatnya dikaki no 4 jalur negatif (-14vdc).

Dalam kasus paling ringan biasanya ic vertikal tidak rusak (namun tidak menutup kemungkinan ic la78141 rusak). Kita hanya perlu lepas ic dan resolder, memastikan tegangan normal (jika tidak normal wajib cek sumbernya), mengganti elko (komponen pendukung blog vertikal yang sering menjadi penyebab utama unit protek), dan mengganti termal paste ic vertikal dengan yang baru. Biasanya sudah kering sehingga penyaluran panas ke pendingin tidak sempurna.

Unit polytron crt slim sudah memakai rangkaian proteksi, salah satunya terpasang dibagian vertikal. Ini adalah perkembangan teknologi manusia demi menekan serendah mungkin biaya perbaiksn kerusakan. Fungsi utamanya agar saat rangkaian vertikal tidak berkerja sebagaimana mestinya perintah protek aktif dan mengembalikan ke posisi standby.

Seperti pada postingan electoro sebelumnya, proteksi ini untuk mengurangi resiko rusak tabung crt. Misal saja unit polytron ini tidak menerapkan proteksi, vertikal tidak bekerja ( seperti foto diatas) maka gejala kadang tv  hidup kadang mati tidak ada. Namun akan muncul gejala lain yaitu tv hidup ada suara tapi gambar hanya segaris mendatar ditengah layar, dan ini sangat beresiko merusak kisi rgb crt jika disetel lama.

Comments