Memperbaiki tv Sharp 20w200 wonder Gambar Separuh.

Salam jumpa kembali dengan blog electoro esse. Kiriman hari ini ingin berbagi pengalaman ketika memperbaiki unit televisi sharp tabung crt model 20w200 dengan gejala kerusakan gambar separuh dibagian kiri layar secara vertikal. Lihat gambar yang terlampir dibawah untuk detailnya.



Sebelum membuka cover, electoro memperhatikan segel sharp yang masih utuh. Rasanya cukup kaget, tapi memang begitu. Produk lama selalu kuat dan awet. Hehe. Dan setelah dibuka tampak debu yang cukup tebal. Dibersihkan perlahan memakai kuas dan terlihatlah komponen dengan jelas.

Kemudian mulai analisa kerusakan dengan memeriksa solderan yang retak. Melakukan resoldering. Mencoba unit dan hasilnya masih sama. Resoldering wajib dilakukan dulu jika banyak yang retak terutama tv berumur, hal ini untuk mengurangi resiko rusak lebih parah.

Selanjutnya mengukur tegangan kerja dan komponen. Tegangan kerja dari power supply meliputi 125v horisontal, 12v standby  17v audio terukur normal. Tegangan kerja output flyback 46v vertikal terukur normal, heater terukur 5vac dan 180v rgb driver terukur drop 150vdc. Hasil ukur mendapat hasil supply rgb driver drop. Kemudian memastikan dengan penstabilan tegangan 180vdc yang tidak sempurna tersebut dengan mengukur elko 10uF250v dan 33uF250v. Hasilnya kedua elko tersebut sudah mengering. Agar lebih pasti dapat diperiksa dengan C meter atau esr meter.

Saatnya mengganti kedua komponen tersebut. Mencoba unit dan mengukur tegangan 180v kembali. Hasilnya sudah terukur 175vdc. Dan ini sudah cukup stabil. Dan lihat gambar yang ditampilkan layar. Cling, garis vertikal yang muncul dikiri layar sudah menghilang. Kesimpulannya tegangan supply rgb drop menyebabkan pengolahan warna di rgb driver tidak sempurna sehingga gambar yang ditampilkan layar juga tidak sempurna.

Comments