Salah Satu Usaha Agar Blog Ramai adalah Tetap Semangat Menulis.

Sesekali membuat artikel selingan tentang awal mula blog ini. hehe
Kapan Anda mulai mengenal blog? Kapan sobat mempunyai blog? Ya, jawabannya bisa sangat bervariasi. Ada yang sudah sepuluh tahun, dua puluh tahun atau baru mengenal blog. Electoro esse sendiri sudah ada sejak 2012 silam. Tujuan awal dahulu yaitu ingin punya blog untuk berbagi informasi tentang hobi elektronika. Ya, karena bidang dan hobi tersebut yang paling mudah bagi penulis blog electoro untuk dituangkan kedalam bentuk tulisan. Enam tahun ngeblog dibidang yang dikuasai tidak serta merta menjadikan blog ini memiliki ribuan artikel dan banyak pengunjung. Boleh ditilik artikel blog ini tidak lebih dari 100 judul. Haduh.. sangat  sedih.


Keinginan membuat blog berawal ketika penulis searching diinternet dengan ponsel java sony ericsson K510i, belum punya android atau komputer. Antara tahun 2008 sampai 2010an. Saat itu kata kunci yang penulis masukkan mengenai hobi dibidang elektronik. Browser ponsel sony menunjukkan kepada penulis sebuah situs milik senior yang sangat "keren dan informatif". Pada saat itu belum tahu bahwa yang dibaca tersebut merupakan sebuah blog. Tahunya ya hanya sebatas ''internet" bahkan simbah google pun penulis masih asing. Maklum bukan anak jaman now, heheh

Kesan membaca blog tersebut adalah seperti ketemu dengan jodoh. Sebuah hobi dipertemukan dengan sesuatu yang baru dan berbeda namun klop. Itulah yang terjadi, penulis seperti menemukan pelengkap dalam mengembangkan ilmu dan hobi elektronika. Pengalaman baru, blog dan isi blog tersebut menempel diotak penulis. Setiap memiliki paket data GPRS penulis mengetikkan alamat blog tersebut dan menelusuri isi blog. Sampai akhirnya bertemu dengan artikel beliau tentang cara membuat blog. Penulis merasa tertarik dengan artikel itu lalu mencoba untuk mulai membuat sebuah blog.

Lantas hal itu tak membuat mulus niat penulis. Ponsel sony K510 ternyata tidak sanggup untuk membuka blogger dot com. Layarnya kecil heheh. Keinginan membeli komputer pun dimulai, ya cukup lama rentang waktunya memiliki komputer karena terkendala kebutuhan hidup hingga membeli komputer pun tertunda.

Hampir satu tahun berlalu komputer terbeli. Sebuah komputer idaman untuk mulai membuat blog sudah ada tinggal menerapkan apa yang sudah pernah penulis baca. Sampai akhirnya lahir blog electoro esse ini. Awal-awal ngeblog semangat sekali. Mulai membuat beberapa artikel sambil mengedit gaya tampilan blog. Ya itu adalah kesenangan tiada tara ketika awal mempunyai blog yang bisa dibuka lewat internet. dan orang banyak. Tetapi semangat itu tidak bertahan lama, rasa malas mulai hadir salah satunya karena pengunjung blog sepi.

Ditahun pertama tersebut total kunjungan laman belum ada seribu, serem ya, hehe. Kemudian ditahun kedua penulis mulai menyemangati diri untuk kembali mengelola blog electoro esse dengan menerbitkan artikel seputar permasalahan elektronik. Walaupun  belum mampu menerbitkan artikel setiap hari melainkan hanya satu kali selama sebulan. Tetapi hasilnya cukup memberi penyemangat tersendiri. Pengunjung mulai meningkat dan mulai ada pengunjung yang meninggalkan komentar. Sampai artikel ini dibuat pun penulis belum mampu menerbitkan artikel setiap hari, hehe.  Disisi lain semangat penulis untuk tetap mengembangkan blog ini alasannya adalah kenangan dan perjuangan dahulu yang sudah cukup mengeluarkan waktu biaya dan niat, sayang jika disia-siakan. Betul?

Permasalahan terberat bagi blogger sebenarnya segi pembuatan konten atau artikel. Tapi apalah daya, konten adalah raja dari sebuah blog. Jadi mau tidak mau ya harus menerbitkan artikel yang original unik berkualitas jika ingin diindeks simbah google dan mendapat pengunjung. Sebab tidak mungkin pengunjung hadir ke blog jika tidak ada konten. Tidak mungkin juga simbah google akan mengindek blog jika tanpa konten. Semakin banyak konten didalam blog maka semakin besar peluangnya untuk mendatangkan pengunjung.

Kiriman ini penulis tujukan untuk penulis sendiri dan sobat semua yang mungkin sedang membaca ini agar lebih semangat lagi dalam mengelola blog, memproduksi konten berkualitas. Jangan patah semangat. Semoga semakin maju. Siapa tahu kiriman ini dan kiriman yang kalian buat bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog. Yakinlah konten yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain pasti akan mendatangkan pengunjung. Amin.

Comments