Polytron LCD PLM 32B70 Sulit Hidup dan sering Mati Sendiri.

Kesekian kalinya bertemu dengan brand tv polytron. Pabrikan lokal ini banyak sekali electoro esse jumpai dengan berbagai kendala dan gejala kerusakan. Salah satunya pada model PLM 32B70 ini. Gejala yang timbul berdasar keterangan pemilik dan analisa adalah unit tv sulit dihidupkan ketika dingin terutama ketika pagi hari, tv mati sendiri jika sudah beberapa menit menyala dengan lampu biru kedip-kedip dan kontrol volume lama responnya.


Langkah perbaikan awal yaitu dengan membuka kesing dilanjutkan membersihkan debu di dalam tv. Selanjutnya mulai dari yang termudah mengganti beberapa kapasitor elektrolit mainboard karena tegangan utama terukur sedikit drop dari normal yang bisa disebabkan oleh tidak stabilnya keluaran LDO. Beberapa kapasitor penstabil tegangan keluaran LDO (low drop out) sudah kering, pengukuran kapasitor ini electoro lakukan dengan eser meter analog. Diantaranya kapasitor ditegangan 1,8VDC, 1,2VDC, 3,3VDC dan 5VDC. Mainboard model ini masih cukup banyak memakai kapasitor elektrolit non-smd sehingga cukup mudah menemukan kapasitor penggantinya.

Setelah mengganti kapasitor elektrolit kemudian mengukur tegangan utama keluaran LDO. Berikut beberapa foto hasil pengukuran, tegangan 1.2VDC Chipset terukur 1.27VDC, tegangan 1.8VDC supply DDR terukur 1.84VDC, tegangan 3.3VDC supply memori SPI terukur 3,34 VDC dan 5VDC terukur 5.2VDC. Mencoba menyalakan unit tv dan hasilnya tv sudah bisa dihidupkan dalam posisi dingin ( pagi Hari) namun gejala ketika panas tv mati sendiri  belum teratasi.


Pengukuran tegangan 1.8VDC.


Pengukuran tegangan 1.2VDC.


Langkah selanjutnya mencari penyebab kenapa tv masih mati ketika panas, respon volume lambat??? Pengukuran dan analisa dimulai dengan membedakan tegangan terukur ketika posisi ON dan mati sendiri. Tegangan supply keluaran LDO, power supply dan inverter ccfl tidak ada yang janggal, dalam arti tidak drop ataupun mendadak naik saat tv kembali mati. Dalam proses perbaikan kali ini electoro pastikan power supply sudah bagus, inverter dan ccfl dalam keadaan sehat. Sehingga memutuskan untuk beralih ke bagian software atau SPI flash.

Jurus terakhir, mulai melepas IC SPI flash, memasang di programer andalan dan READ untuk backup, berhasil. Dicoba ERASE, gagal. Ya, inilah penyebabnya kenapa ketika panas mati dan respon volume lambat. Membuka laci dan ketemu dengan memori pengganti pasang diprogrammer dan write, berhasil. Beruntung tadi file dari SPI lama masih bisa di READ. Kalau tidak mungkin akan sulit mencari firmware pengganti. Tinggal memasang memori SPI baru  yang sudah terprogram ke mainboard dan mencoba menghidupkan tv. Hasilnya cling, saat dingin tv mudah dihidupkan, ketika panas tidak mati lagi dan kontrol volume responnya juga cepat.


Kesimpulan dalam perbaikan polytron model ini, pertama kali penyebab kerusakan dikarenakan oleh mulai mengeringnya beberapa kapasitor di keluaran LDO sehingga menyebabkan tegangan tidak stabil, turun dari batas normal bawah supply komponen aktif. Tegangan tidak stabil membuat data logika yang tersimpan di memori menjadi acak, komunikasi terganggu dan sulit baca tulis ( read write data oleh chipset). Dalam hal ini IC memori SPI sudah terlanjur rusak sehingga ketika tegangan sudah kembali normal, IC tidak beroperasi normal lagi. Apabila ada yang menghendaki file firmware model ini bisa berkomentar atau ke hubungi kami. Terimaksih semoga bermanfaat. 

Comments

  1. makasi infonya gan boleh kirim firmwarenya gan !!! makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan email ke email yg tersedia dikontak kami.

      Delete
  2. type ic memorinya berapa gan? dan bisa minta fw nya gan,mksh

    ReplyDelete
  3. gan,..bisa minta firmware plm32b70 polytron

    ReplyDelete
  4. Aku boleh minta fw plm 32b70

    ReplyDelete
  5. Mantabbb... Boleh tau alamat bengkel servicenya

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih