Alasan Samsung S4 tidak bisa adjust Brightness setelah ganti LCD.

Samsung S4 seri model GT-I9500 adalah salah satu ponsel high end dijamannya bahkan sampai saat ini masih banyak yang menggunakan walaupun masih berteknologi 3G. Berbeda dengan saudara kembarnya GT-I9505 yang sudah memiliki fitur 4G. Perbedaan keduanya kemungkinan besar dari sasaran pasar produk pada waktu itu. Dalam kurun waktu yang cukup lama, dimana generasi S saat ini sudah sampai di S8. Sparepart ponsel pintar ini juga masih terbilang mahal terutama sparepart layar lcd.

Ada dua pilihan ketika mengganti layar lcd S4, dipasaran tersedia dua jenis lcd. Layar lcd original dan layar LCD kw. LCD kw harganya cenderung lebih murah ketimbang original yang masih diatas 1juta rupiah. Dari segi tampilan gambar keduanya tidak begitu jauh berbeda. Kekurangan jika menggunakan lcd kw, lcd kw tidak bisa mengatur seting brightness layar.

Originalnya s4 menggunakan jenis layar super amoled. Jenis amoled tidak mengunakan lampu backlight sebagai penerangan layar melainkan menyalakan sel piksel dari penyusun layar. Sedang lcd kw adalah jenis lcd bukan amoled. LCD biasa ini masih menggunakan penerangan backlight sehingga gambar terlihat. Perbedaan mendasar dari jenis layar lcd inilah yang mengakibatkan layar lcd kw tidak dapat adjust brighness.

Alasan lain adalah dari segi cara kerja, rangkaian dan kontrol pun berbeda. Amoled yang dikontrol adalah supply sel piksel didalam layar. Sedangkan lcd yang dikontrol adalah supply lampu backlight. Rangkaian mesin s4 tidak menyediakan driver kontrol untuk lampu backlight.

Semoga kiriman electoro esse ini membantu bagi teman-teman yang bertanya mengapa samsung S4-nya tidak dapat diadjust brightness. Dilain kasus jika layar lcd masih original maka cek pengaturan dan aplikasi terinstal yang menggunakan fitur set brightness. Aplikasi tertentu dapat mengganggu kinerja sistem pengaturan utama didalam ponsel.


Comments