Mengatasi Icon BBM sering Hilang Sendiri pada Android

Postingan pertama ditahun 2016, sekedar mengisi waktu daripada melompong tidak ada update heehee. Mengingat akan kata master-master blog, blog yang baik adalah blog yang diupdate secara rutin, terjadwal dan kontinyu. Hah entahlah penulis sendiri belum paham betul didunia blog walaupun keinginan untuk membuat blog menjadi baik itu ada.


Kembali ke judul. Siapa yang belum kenal dengan perangkat android? Pasti kurang dari 50% pengguna dunia maya ini yang belum pernah memakai perangkat android. Bagi pengguna android tersedia ribuan aplikasi, game, software tool yang dapat diunduh dan instal gratis dari playstore. Seperti Blackberry Messenger yang sepertinya wajib diinstal.


Penjelajah dumay pakai android paling banyak.

Bila kita perhatikan, BBM yang sudah terinstal ada tanda bbm terhubung diatas layar ponsel. Tanda tersebut adalah indikator bahwa BBM kita online/aktif, dapat menerima dan mengirim pesan. Dan sebaliknya, bila tanda tersebut menghilang maka aplikasi BBM kita offline/tidak aktif. Tentu kita tidak dapat menerima dan mengirim pesan. Tentu ini tidak nyaman bukan.

Hal tersebut pun sering penulis alami. Biasanya ketika penulis membuka Maps atau bermain game berkapasitas besar. Untuk mencari tahu penyebabnya akhirnya penulis membuka informasi ram di pengaturan ponsel. Dan sangat fantastis informasi "memori berjalan"  menunjukkan ram tersisa sedikit sekali. RAM disini berfungsi untuk menjalankan aplikasi yang berjalan disaat itu, jadi ketika tersisa sedikit sistem akan mematikan aplikasi berjalan yang memorinya besar dan menjalankan aplikasi baru yang kita mulai. Saat aplikasi baru kita hentikan sistem akan secara otomatis mengembalikan yang sebelumnya dimatikan. Jadi tidak mutlak aplikasi BBM saja yang dihentikan, bisa saja aplikasi yang lainnya. Hanya saja BBM lah yang terlihat iconnya secara langsung.

Baca : Cara mengatasi ponsel Android pesan kesalahan " sayangnya aplikasi terhenti"
Sedikit cara mengatasi hal diatas;

  • Nonaktifkan/hapus aplikasi yang tidak dipakai.
  • Instal aplikasi sesuai kebutuhan.
  • Meng "Hapus Cache" aplikasi.
Dan satu lagi jangan paksakan terus menerus ya bila ponsel memang sudah tidak mampu lagi, karena bisa saja membuat software sistem androidnya menjadi error. Dan akhir kata, terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca postingan kali ini, lain waktu akan update kembali.




Comments