Cara Mengatasi Asus Zenfone 5 yang Stuck Bootloop Melalui Adb Fastboot

Kembali lagi dengan postingan seputar android, tetapi postingannya tidak akan membahas tentang android terbaru yang akan keluar ditahun ini ya, hehe. Melainkan akan mencoba memaparkan tutorial cara flashing Asus Zenfone 5 yang stuck atau bootloop  saat startup melalui adb fastboot. Cara flashing / update Asus Zenfone 5 sedikit berbeda dengan cara flashing pendahulunya Asus Zenfone 4. Dimana Asus Zenfone 4 bisa dilakukan update melalui SD card sedangkan Asus Zenfone 5 harus menggunakan bantuan komputer (melalui ADB). Tetapi kesamaan dari keduanya yaitu sama-sama memerlukan firmware untuk update.



Proses update ini dapat digunakan untuk memperbaiki hang, bootloop dan error lainnya yang disebabkan oleh software. Dan juga dapat dipergunakan untuk upgrade downgrade, namun untuk untuk upgrade downgrade harus sangat memperhatikan resiko, firmware serta proses tahapan-tahapan lebih lanjut. Dalam situs web support asus dijelaskan bagaimana prosesnya, bilamana dari teman semua ada yang ingin mencobanya.

Alasan dibuat artikel ini yaitu karena prosesnya yang unik, ada beberapa poin error seperti ''emulator-5554 device'', ''can't read <filename>", nanti akan dibahas diakhir postingan, dan juga biar penulis sendiri tidak lupa bila dilain waktu menjumpai kasus serupa. Baiklah berikut ini pengalaman update Asus Zenfone 5 yang penulis lakukan beberapa saat lalu dengan komputer windows. Alat dan bahan yang dipersiapkan:
  • Sebuah komputer os windows, kabel data usb, paket data internet.
  • Intel Android USB Driver silahkan diunduh dari sini.
  • Adb fastboot windows silahkan diunduh dari sini.
  • Firmware Asus Zenfone 5 silahkan diunduh dari sini.
  • Charge handphone sampai lebih dari 30%.
Untuk pengunduhan firmware harap diperhatikan versi dan SKUnya. Untuk SKU yaitu WW>>WW, CN>>CN, TW>>TW. Karena sistem nanti hanya akan mensetujui firmware ber-SKU sama. Jadi antara handphone dengan yang akan diunduh jangan sampai berbeda/ tertukar. Misalkan versi firmware handphone adalah T00F-TW-2.22.40.54 Kitkat, maka carilah firmware versi yang sama tetapi tanggal update terbaru. 
  • Untuk mengetahui versi firmware: Setelan >>Pembaruan Sistem>>Nomor Versi. 
  • Jika handphone telah bootloop: Tekan Volume + dan Power on bersamaan >> Pilih Recovery >> Setelah restart dan tampil robot hijau dengan "no command/ tidak ada perintah" >> Tekan Volume - TAHAN kemudian tekan Volume + SESAAT >> tampil menu recovery >> Lihat  tulisan berwarna merah paling atas, tulisan tersebut menunjukkan Nomor Versi.
  • Tombol power untuk OK, Volume + untuk geser keatas, Volume - untuk geser kebawah.
Langkah pengerjaan.

  1. Instal hasil unduhan Intel Android Driver kedalam komputer. (Jika driver ini terinstal dengan baik dan koneksi usb juga baik, saat  usb saling terhubung dalam device manager akan tampil Android >> Intel Android USB).
  2. Buat folder Adb Fastboot, kemudian ekstrak hasil unduhan Adb Fastboot kedalam folder yang telah dibuat tersebut.
  3.  Satukan/masukkan Firmware Asus Zenfone 5 hasil unduhan kedalam folder Adb Fasboot. Kemudian Rename/ganti namanya menjadi file. (Penting: Jangan diberi Ekstensi apapun semisal .zip). Rata-rata kesalahan rename ini bisa menyebabkan firmware tidak terbaca oleh CMD.
  4. Kemudian hidupkan handphone dengan cara: Tekan Volume + dan Power on bersamaan >> Pilih Recovery >> Setelah restart dan tampil robot hijau dengan "no command/ tidak ada perintah" >> Tekan Volume - TAHAN kemudian tekan Volume + SESAAT >> tampil menu recovery >> pilih apply update from ADB.
  5. Hubungkan koneksi usb antara handpone dan komputer.
  6. Kemudian berpindah ke folder adb fastboot, jalankan program cmd (START cmd).
  7. Setelah tampil, ketikkan perintah adb devices lalu enter.
  8. Setelah tampil ''list of devices attached 0123456789ABCDEF sideload", ketikkan perintah adb sideload file.zip lalu enter.
  9. Jika tidak ada error maka proses sending firmware akan ditunjukkan dalam persen.
  10. Setelah selesai 100% silahkan pilih "reboot system now".
Satukan file kedalam folder adb.

Proses upload melalui adb fastboot.


Catatan beberapa error yang penulis jumpai saat proses update.
  • Pada proses pengerjaan no.7 setelah enter tampil "daemon not running". Solusi: perbaiki koneksi usb dan re-instal driver intel android usb.
  • Pada proses pengerjaan no.7 setelah enter tampil " emulator-5554 device" . Sebab: ada sistem android lain yang online dalam sistem komputer selain asus zenfone 5. Solusi: pengalaman penulis dengan mematikan sementara "aplikasi bluestack" masalah dapat teratasi.
  • Pada proses pengerjaan no.8 setelah enter tampil "can't read file.zip" . Sebab; proses rename masih ada ekstensi .zip. Solusi ; Hilangkan rename dengan ekstensi .zip.
  • Pada proses pengerjaan no.8 setelah enter tampil "adb shell error more than one device and emulator". Solusi ; matikan/quit aplikasi android yang terinstal didalam komputer, lepaskan koneksi usb yang berhubungan dengan android selain asus zenfone 5.


Comments

  1. Asus Z007 cara flashing sama dengan tutorial ini, hanya berbeda firmware saja.

    ReplyDelete
  2. Kalau tiba2 sering geser ke bawah itu harus diflashing ga sih? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya tanpa disentuh layar/menu aplikasi bergerak kebawah sendiri? kalau iya kemungkinan besar touch screen yang bermasalah.

      Delete
  3. pas di sideload muncul tampilan total xfer:0.0x

    ReplyDelete
  4. kalau cannot read solusinya gmana gan, maksudnya hilangkan rename itu bgaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan rename dengan memberi ekstensi. file.zip( dgn ekstensi), file ( tanpa ekstensi).

      Delete
  5. Kok gak bisa gan? Abis ketik adb sideload file.zip gak ada proses selanjutnya gan cuma diam gtu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan file sesuai dgn tipe ponsel, koneksi dan driver usb sudah berjalan dgn baik.

      Delete
  6. sukses 100 % tapi tetep mentok diasus doang

    ReplyDelete
  7. cannot read
    rename sdh file (tanpa extensi .zip)
    ada yg salah kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. "jika proses sudah benar" >> tidak seperti asus zenfone 5 keluaran lama. asus zenfone 5 model baru (keluaran tahun baru) tidak cukup dgn cara ini karena bootloader sudah dilengkapi fitur proteksi, sehingga harus diunlock dahulu bootloadernya, baru kemudian dengan cara ini. terimakasih

      Delete
    2. sebelumnya pastikan driver sudah terinstal fgn baik dan adb bekerja dgn baik.

      Delete
    3. Hh nya sdh teebaca di.
      Jd harus unlock bootloader dl y

      Delete
  8. hp asus zenfone 5 saya pas melukan perintah di cmd,yang bertuliskan adb sideload filenya terjadi eror,tidak terbaca,cara mengatasinya bangai mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk zenfone 5 keluaran baru harus unlock bootloader dulu.

      Delete
  9. kalau protocol fault itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk zenfone 5 keluaran baru harus ulock dulu.

      Delete
  10. Trimakasih tutorial yang sangat membantu buat pemula, mudah dipahami..Sekali lagi trimakasih dan terus berkarya.

    ReplyDelete
  11. bos,, bantu dong,, firmware ww_asus_T00F_3.23.40.60_201 tidak saya temukan bos,, tolong di bantu bagaimana cara saya agar bisa mendapatkan firmware tersebut,, tolong di bantu bos,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih