Memperbaiki timbangan digital DIGI DS-788 dengan kerusakan regulator.

Kiriman seputar perbaikan peralatan elektronika. Kali ini memperbaiki timbangan digital DIGI ds-788 dengan gejala kerusakan kadang bisa ON kadang juga tidak. Tidak bisa dipastikan jadi ogah-ogahan alias angot-angotan eheheh. Penjelasan pemilik rusaknya timbangan ini membuat bisnisnya terganggu, seorang teman lama yang sekarang mempunyai bisnis menjual buah segar. Ya tentu akan sangat kesulitan menentukan berat buah jika tidak ditimbang.

Ok, seperti biasa, proses perbaikan hampir sama dengan peralatan elektronik lain seperti halnya televisi. Karena pada dasarnya elektronik itu alat dan komponennya itu-itu saja tidak jauh berbeda, mememerlukan sumber listrik untuk bekerja, hanya saja sistem rangkaian dan prinsip kerja yang berbeda dari salah satu jenis peralatan dengan jenis peralatan lainnya. Nah, untuk timbangan ini prinsipnya mengubah berat menjadi visual angka digital, disana ada sensor yang mengubah berat sebuah benda menjadi bentuk digital elektronik. Memakai tegangan referensi dan kalibrasi sehingga diperoleh nilai yang sesuai dengan berat aslinya. Tegangan referensi ini diterjemahkan oleh sistem rangkaian komputerisasi timbangan digital kemudian hasilnya ditampilkan dilayar.

Power supply timbangan ini menggunakan tranformator (trafo) 0.5A 220V output 7.5VAC. Setelah disearahkan tegangan menjadi sekitar 9VDC kemudian dibagi menjadi tiga jalur; jalur standby, jalur on dan jalur pengisian baterai. Jalur standby 9V diturunkan menjadi 5V dengan IC regulator 7805, jalur on 9V diturunkan menjadi 5V dengan IC regulator SIPEX spx2940U, jalur pengisian 7,5V dengan switch otomatis pengisian baterai.

Hasil pengukuran jalur ON sedikit drop (tidak stabil) ketika power on, terukur bergoyang hanya beberapa miliVolt saja. Namun karena timbangan digital ini menggunakan MCU microcontroler central unit yang tugas utamanya mengolah data digital-digital, digital-analog dan memerlukan tegangan kerja presisi maka tegangan drop sedikit saja bisa menyebabkan rangkaian gagal bekerja.

SPX2940U 

Datasheet SPX2940U TO220 menunjukkan IC ini sama karakteristiknya sama dengan 7805 TO220, output 5V dengan max arus 1.5A dan beberapa spesifikasi lainnya juga tidak jauh berbeda. Sehingga akhirnya digantilah dengan 7805. Hasilnya pun memuaskan dan timbangan siap digunakan untuk bekerja kembali.

Comments