Memperbaiki LCD Toshiba 32AV700E gagal start.

Salam jumpa dengan blog electoro esse. Kali ini akan berbagi kisah ketika memperbaiki televisi lcd toshiba 32AV700E dengan keluhan gagal start. Gejala yang tampak, televisi saat hendak dihidupkan  melalui power emot lampu indikator standby merah telah berubah menjadi hijau namun kembali  ke merah, nyala indikator hijau tidak lebih dari 2 detik sehingga belum ada tampilan apapun dilayar.

Indikator tersebut menunjukkan televisi dapat merespon remot tetapi gagal on. Bisa dikarenakan tegangan kerja tidak stabil, gagal inisialisasi data software ataupun kerusakan dibagian tertentu . Sehingga diputuskan untuk membuka kesing televisi dan memeriksa rangkaian. Hasil pemeriksaan awal belum ditemukan komponen yang berubah bentuk maupun rusak. Selanjutnya mengukur tegangan kerja pada tahap power standby dan tahap on.

Pengukuran tegangan kerja electoro menggunakan bantuan skematik. Skematik memudahkan pembacaan jalur rangkaian dipcb double layer dan menentukan kebutuhan daya disetiap jalur. Tv ini menggunakan chipset utama MST9A884 dan untuk skema persamaan bisa diunduh dari halaman download skema tv dari blog ini. Tegangan 5VDC dibagian standby yang diturunkan menjadi 3.3VDC kemudian menuju ic spi flash dan ic utama. Hasil pengukuran tegangan standby ini terukur bagus saat standby maupun on, dalam artian stabil saat tanpa beban maupun ada beban. Bagian ini vitalnya ada di fet Q2304 dan u2401.

Potongan skema 32AV700E bagian standby on.


Selanjutnya mengukur dibagian on.  Muara tegangan 5VDC standby dan on dari tv ini berasal dari supply yang sama. Tahap on 5VDC diturunkan menjadi 3.3VDC dan 2.6VDC supply chipset. Tegangan 3.3VDC diturunkan oleh ic u2402. Hasil pengukuran dibagian ini diperoleh hasil tegangan 3.3VDC on berayun turun menjadi 3.2VDC kemudian naik lagi 3.3VDC ketika lampu hijau (on). IC penurun tegangan sudah menurun kinerjanya karena beban kerja dibagian ON cukup berat. Tegangan kerja yang turun 0.1VDC sudah cukup untuk membuat komponen aktif gagal bekerja.  Penggantian part seperti terlihat dalam foto dibawah ini.

mainboard 32AV700E

Dan sepertinya sudah cukup, penggantian part telah dilakukan dan televisi sudah kembali hidup. Tinggal menutup kesing kembali. Berhubung ini pekerjaan dikerjakan ditempat user  alias panggilan maka tidak sempat banyak foto sana sini. Terimakasih salam jumpa kembali.

Comments