Pengalaman migrasi template blog dari Awesome Inc menjadi Contempo.

Sebulan sudah blog electoro esse ini menggunakan template Contempo terhitung sampai terbitnya artikel ini. Template ini merupakan template bawaan blogger yang gratis untuk digunakan blog dengan platform blogger. Sebelumnya blog ini menggunakan Awesome inc, kurang lebih 3 tahun setia tidak pernah ganti. Loading awesome cukup ringan, tampilan simpel dan sudah bisa diatur tampilan mobile walau belum responsive.


Oiya posting kali ini tidak membahas elektronik ya, sekali-kali posting tentang dunia blogging agar refresh. heehee. Ada banyak pertimbangan ketika hendak merubah template ini, tidak tiba-tiba electoro esse langsung klik ganti template ok dan selesai. Teman-teman pasti sudah tahu efeknya jika ganti template sembarangan. Pertimbangan itu diantaranya ingin mengubah tampilan agar responsive di semua browser dan perangkat. Ingin ganti suasana tampilan blog agar fresh. Ingin mengikuti perkembangan jaman, sebulan lalu simbah google melakukan update alogaritma yang tampaknya cukup berpengaruh pada blog yang belum responsive.

Gbr.01


Setelah telusur kesana kemari mencari review template bawaan blogger terbaru seperti contempo, soho dan emporio. Prinsip electoro esse memang akan terus menggunakan template bawaan blogger, selain templatenya stabil, mudah untuk dipercantik dan juga karena blog electoro esse yang masih menggunakan hosting dan domain blogger. Hehe biar klop.. haha.  Akhirnya electoro esse fix migrasi ke template contempo. Berikut beberapa alasan lain dan hasil setelah memakai template contempo.

Gbr.02


  • Desain contempo simpel dan responsive. Template yang simpel ini tidak jauh berbeda dengan awesome dan itu seperti yang diharapkan. Sehingga tidak perlu sibuk untuk melakukan modifikasi ini itu tampilan sudah cantik. Tinggal fokus untuk membuat artikel saja. Contempo menurut electoro esse sangat cocok untuk blog ini yang membahas tentang elektronika.
  • Loading blog menjadi sangat cepat. Seperti terlihat pada gbr.01 dan gbr.02. Tampilan skor mobile hijau di skor 98/100 dan dekstop pun hijau skor 95/100. Template awesome sebelumnya masih diangka 80an. tentu contempo ini sangat cepat.
  • Struktur data penyusun template bagus. Hasil perubahan terlihat di search console dalam sebulan terakhir setelah ganti template (gbr.03). Markup data yang error mulai turun dan semoga menjadi 0 error. Dalam template sebelumnya error lebih dari 100. Ini menjadi penyemangat tersendiri buat electoro esse dalam mengelola blog.
Gbr.03
  • Template sudah menyediakan ruang khusus untuk iklan yaitu dua buah di sidebar kanan. Jika memiliki akun adsense dan ingin memasang iklan maka tinggal mengaktifkan melalui pengaturan layout dasbord blogger.
Demikian dahulu untuk kisah pengalaman electoro esse setelah mengganti template menjadi contempo. Untuk teman-teman yang ingin mengganti template usahakan untuk membackup dahulu template yang lama. Agar sewaktu-waktu ada kesalahan atau ketidak cocokan template bisa dikembalikan lagi. Jangan lupa juga untuk memasang kode penting semisal pelacakan analytics dan webmaster yang terpasang ditemplate sebelumnya ke template yang baru. Hal ini untuk mempercepat proses simbah mengupdate pergantian template. Terimakasih

Comments