Manfaat Media Blog Dalam Kehidupan Modern.

Bisa dikatakan beruntung kita hidup dimasa perkembangan teknologi yang begitu pesat. Ada banyak sekali hal-hal yang didapatkan dari kemajuan teknologi ini, salah satunya dalam hal internet sang jendela dunia. Mau tidak mau ya harus mengikuti atau akan ketinggalan dengan yang lain, lagipula gengsi dong,,, hehe.  Pengguna internet dari tahun ke tahun semakin meningkat. Jika Anda adalah seorang pelaku wirausahawan, ini adalah media pemasaran yang sangat bagus, media pengenalan produk dan jasa kepada customer.


Dalam kurun waktu lima tahun terakhir saja misalnya, banyak orang yang sukses karena internet, tidak sedikit juga yang dapat penghasilan utama hanya dari internet. Tapi disisi lain juga bagi sebagian sedikit orang mengatakan merasa dirugikan karena internet khususnya di jejaring sosial. Sering penulis baca curhat-curhatan mereka. Tapi bagi siapa saja yang membaca artikel electoro esse ini tidak perlu khawatir, mungkin saja karena mereka belum begitu mengerti cara memakai internet dengan baik dan benar. Sehingga yang diperoleh adalah dampak negatif bukan positif. Atau mungkin saja persepsi ini salah besar. Kalau sudah begitu jangan lanjutkan membacanya sampai bawah ya, nanti pusing,,Hehehe.



Berikut beberapa keuntungan dengan memanfaatkan jaringan internet melalui blog.

  1. Blog dapat menjadi media pemasaran dan pengenalan produk atau jasa melalui internet. Langkah ini bisa dimulai dengan membuat blog sederhana dan mulai menulis. Dalam blog tersebut kita dapat memaparkan secara detail tentang produk dan usaha kita didalamnya. Untuk sebuah langkah percobaan awal mulai saja dengan blog hosting gratisan seperti milik saya ini. Cara ini cukup ampuh karena jangkauan pemasaran produk atau usaha kita menjadi lebih luas. Tidak hanya berkutat diruang lingkup sekitar saja. 
  2. Blog dapat menjadi media penyampaian informasi yang sangat baik, menambah rekan baru dan menambah pengalaman baru. Seperti kita tahu, Google merupakan search engine terbesar yang ada saat ini. Bagi pengguna internet, kata kunci tertentu selalu mereka masukkan dalam kolom search engine google. Saat google mempertemukan blog kita dengan pembaca dan pembaca tersebut tertarik atau merasa terbantu dengan artikel kita, sangat mungkin sekali mereka akan meninggalkan komentar, mengajak kita berteman, berlangganan artikel dan membeli produk dan jasa kita.
  3. Blog dapat menjadi tempat berlatih menulis dan mencerdaskan otak. Jika teman-teman memiliki kegemaran menulis maka tidak ada salahna untuk menuliskan dalam blog. Berlatih menulis disini bisa dari gaya penulisan, cara pandang penulisan, dan juga berlatih bagaimana cara menulis dengan cepat. Seperti saya ini, blog ini saya gunakan untuk belajar menulis. Walaupun sampai saat ini saya masih belum bisa membuat kalimat yang tidak membingungkan. Dan menulis pun masih menggunakan teknik 11 jari.
  4. Blog dapat menjadi ajang pengenalan diri dan membangun komunitas. Ini sangat mungkin terjadi bila blog sudah menjadi terkenal. Blog yang banyak dikunjungi akan disukai oleh search engine, karena robot akan menganggap blog tersebut terpercaya. Dari banyaknya pengunjung tersebut tentu mereka ingin mengetahui siapa sih pemilik blog tersebut? :), blog terkenal biasanya pemilik juga ikut terkenal.
  5. Blog dapat digunakan untuk media pendapatan. Seperti poin nomor 1, kita bisa menjual produk jasa dan juga kita bisa menjual tempat iklan dihalaman blog kita. Misalkan saja kita menjual ruang kosong berukuran 300x300pixel dari halaman kita untuk para pemasang iklan dengan harga sewa tertentu. Selain itu juga kita bisa memasang iklan lain seperti PPC misalnya, banyak para blogger yang sudah sukses dengan menekuni bisnis iklan ini.
Demikian dahulu sedikit ulasan mengenai manfaat blog dalam kehidupan modern. Lima poin diatas adalah beberapa pengalaman yang sudah electoro esse alami sehingga berani berbagi. Memang blog bukan kegiatan instan yang cepat menghasilkan seperti pekerjaan didunia nyata, tetapi blog merupakan kegiatan online yang membutuhkan ketekunan kesabaran yang akan ada hasilnya dalam jangka panjang.

Comments