LG Slim 21FU6AD Gambar Garis Horisontal.

 Sudah lama sekali tidak update postingan blog. Kali ini Electoro akan berbagi pengalaman service tv tabung LG slim model 21FU6AD dengan keluhan gambar hanya garis horisontal protek standby ketika garis mulai tampil.

Awal pemeriksaan dari tegangan supply vertikal VCC 26VDC ( catu daya tunggal) yang terukur normal. Kemudian mencoba mengganti IC vertikal LA78141 berikut elko pumpout 100uF50V dan elko filter input 1uF50V tetapi belum membuahkan hasil.

Setelah memastikan semua solderan dengan resoldering dan unit dinyalakan eee hasil masih sama saja. Dilanjutkan dengan pengukuran jalur pcb dan komponen resistor.

Berikut potongan skema bagian vertikal tv LG 21fu6ad.

skema bagian vertikal lg 21fu6ad


Hasil pengukuran resistansi ditemukan resistor R30B sudah putus tidak terhubung sama sekali.
Karena di TKP dan sulit sinyal, awalnya penulis mencoba mengganti dengan nilai 100k. Tetapi hasil seperti foto dibawah ini.


Hasil R30B dengan nilai 100k



Mau tidak mau mencari sinyal dan meminta pasword wifi tuan rumah. Setelah mendapat sinyal dan mencari skema tv ini. Kemudian mengganti nilai resistor R30B diskema tertulis 43k. Penulis mengganti dengan nilai 47K dan hasilnya gambar pas.

Resistor ini berfungsi sebagai feedback output vertikal atau bias atau gain atau mungkin apa,, hehehe.
dan penyebab kerusakan kemungkinan karena over heat karena posisi R tersebut dibawah pendingin vertikal yang cukup panas.

Demikian kisah electoro hari ini ketikan menghadapi panggilan service di Dusun keceme yang berada persis dibawah puncak Suroloyo. Terimakasih salam solder dan senangnya berbagi.








Comments