Memperbaiki TV LED Ada Suara Tidak Ada Gambar.

Kerusakan yang sering dijumpai dalam perbaikan tv led salah satunya adalah problem ada suara tidak ada gambar. Layar led bila diberi penerangan dari luar atau dari depan akan terlihat bahwa gambar ada dan terlihat samar. Jika diperhatikan seksama tanpa penerangan pun akan terlihat bayangan gambar. Kerusakan seperti ini pada tv led umumnya dikarenakan bagian penerangan (backlight) tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Entah itu lampu LED rusak, inverter/modul mesin LED bermasalah, power supply backlight yang bermasalah dan masalah lain.

Sebagai contoh ketika electoro esse memperbaiki tv LG 32LN5100 didaerah jamal km10 Yogyakarta yang mengalami kendala kerusakan demikian. Pemeriksaan menemukan kerusakan ada dilampu layar. Keseluruhan jumlah lampu adalah 19pcs dibagi menjadi 3 jalur dengan rangkaian sistem seri dan voltase 3V perbuah. Sistem rangkaian lampu seri seperti yang digunakan dalam tv LG model ini, jika salah satu lampu rusak semisal putus maka akan membuat seluruh lampu menjadi padam. Keadaan demikan jika diukur tegangan output di modul backlight akan keluar tegangan sesaat kemudian drop. Jangan sampai salah diagnosa lalu mengira kerusakan ada dimodul pengendali backlight padahal sebenarnya karena putusnya lampu led. Modul pengendali bekerja pada beban (mA) dan tegangan (V), jika tidak ada beban maka akan kembali off. Lampu putus berarti tidak ada beban sehingga tegangan akan terukur  ada sesaat lalu drop.

Pengukuran lampu led bisa dilakukan perbaris dengan menggunakan led tester, bisa juga dengan multimeter x1 dan mengukur satu per satu. Dengan multimeter juga akurat dan bisa menemukan lampu mana yang bisa menjadi penyebab. Dalam kesempatan ini electoro menemukan lampu yang rusak dengan posisi acak jumlahnya 6 buah. Jumlah lampu yang rusak sudah banyak ada kemungkinan lampu yang lain juga melemah sehingga penulis menyarankan untuk mengganti saja keseluruhan lampu dengan yang baru agar lebih terjamin keawetannya. Karena jika hanya diganti yang rusak saja biasanya akan berpindah ke lampu lain yang tidak diganti, dan itu tidak dapat di prediksi keawetannya. 

Setelah mendapat persetujuan pemilik penulis pun langsung bergegas ke toko limasatu dibarat tugu untuk membeli part, karena stok yang dibawa hanya cukup untuk mengganti yang rusak. Setelah kembali dari toko langsung merakit lampu yang baru dan setelah hasil sesuai dilanjutkan dengan merakit layar dan kesing tv.

Bilamana pembaca mendapati keluhan serupa maupun keluhan tv lainnya bisa menghubungi electoro esse. Bisa untuk tanya-tanya telebih dahulu. Jangkauan serviskami mencakup seluruh area yogyakarta. Terimakasih

Comments