LG Plasma 42PJ350 Ada Suara tidak Ada Gambar.

Tv lg plasma 42PJ350 merupakan salah satu jenis tv yang menggunakan layar PDP plasma. Layar plasma umumnya dipakai pada tv dengan ukuran diatas 42inchi. Sampai kiriman ini diterbitkan electoro baru mengetahui dan pernah memperbaiki 4 jenis televisi model baru selain tv tabung CRT. Yaitu tv lcd, tv led, tv plasma dan tv oled atau amoled.

Dalam kesempatan ini blog electoro ingin membahas ketika memperbaiki tv plasma LG 42PJ350 yang mengalami keluhan ada suara namun tidak ada gambar sama sekali. Perbaikan tv plasma dengan keluhan seperti ini tidak mengarah ke lampu backlight seperti tv lcd atau led yang sangat identik kerusakannya dari lampu. Sehingga kemungkinan karena rusaknya lampu itu tidak ada. Yang perlu diperiksa yaitu layar plasma, blok mesin dan softwarenya. Perlu diketahui bahwa jenis plasma  dan oled amoled tidak memakai lampu backlight seperti lcd atau led.


LG 42PJ350 memiliki beberapa blok utama seperti tv plasma lainnya. Yaitu blok power supply, motherboard (mainboard), logicboard ( timming control / t-con), y-sustain driver seri EAX61332701, y-buffer, z-sustain driver dan x-sustain driver yang menyatu dengan panel layar pdp.

Langkah awal pemeriksaan, setelah melakukan pembersihan electoro memeriksa komponen secara fisik. Dari hasil pemeriksaan ditemukan sebuah kapasitor keramik nilai 220picoFarad mengalami keretakan dibodinya, kapasitor ini terletak diblok y-sustain driver. Dilanjutkan mengukur komponen yang terhubung dengan kapasitor tersebut. Hasil pengukuran ditemukan Resistor pembatas arus VSC putus, IGBT seri 30J124  y-sustain driver short 2 buah, dioda ultra fast  seri RG2006 short 1 buah.

Blok y-sustain LG 42PJ350

Setelah melepas komponen yang rusak tersebut electoro mengukur tegangan kerja. Perlu diingat, pengukuran tegangan kerja dan uji coba unit wajib memasang baut blok mesin untuk menhindari kerusakan yang lebih parah. Hasil pengukuran bagian standby  5Vstb ada. Bagian kontrol M5Von ada, RLon ada, VSon ada. Bagian ON 15V ada, 16V ada, VSC 205V ada, VA 55V ada. Dari hasil pengukuran ini menyimpulkan bagian mainboard dan power supply bekerja dengan baik. Selanjutnya memikirkan perbaikan ( penyebab kerusakan) dibagian z-zustain , y-sustain ataupun x sustain.

Diawal pemeriksaan sudah diketemukan beberapa komponen rusak. Setelah menemukan pengganti maka waktunya mengganti komponen tersebut. Sebagai antisipasi dan hasil yang lebih aman electoro juga mengganti semua kapasitor nilai 220pico diblok y-sustain. Pemasangan semua komponen selesai dan tinggal mencoba unit tv. Saat dihidupkan terdengar pelan bunyi terrrr  cessss dari blok y-sustain.  Amin. Ini tanda pergantian komponen yang rusak berhasil. Dan benar layar pdp sudah menampilkan gambar kembali.


Kesimpulan dari perbaikan jenis plasma ini dan model plasma lainnya. Kerusakan ada di blok ysustain dan khusus ini penyebab awalnya dikarenakan berubah nilai atau usangnya kapasitor disalah satu titik sehingga berbeda dengan titik lainnya di rangkaian blok y-sustain. Kapasitor disini berfungsi meredam sekaligus clamping menjaga IGBT tidak kelebihan muatan dan tetap stabil. Mengingat prinsip kerja blok y-sustain adalah sistem on off atau low high atau push pull. Ketika ada salah satu titik dari rangkaian berlebihan maka sistem on off menjadi tidak imbang( stabil) dan titik tersebut biasanya IBGT menjadi rusak dan rectifier juga rusak.

Comments

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih