Memperbaiki Xiaomi Redmi Note 3 hilang 4G setelah update miui 8 Fix.

Beberapa hari lalu electoro esse mendapat kesempatan untuk memperbaiki Redmi Note 3 Chipset Snapdragon yang hilang sinyal 4G. Tepatnya menu Preferred LTE tidak ada lagi setelah update rom OTA menjadi V8.0.6.0.



Sebelum eksekusi lebih lanjut electoro esse mencari tahu lebih dahulu apakah yang menyebabkan itu terjadi setelah update. Penjelahan ke simbah dan hasil informasi yang  didapat ; Rom asli bawaan pabrik redmi note 3 adalah MIUI 7 4G LTE. Redmi Note 3 masuk ke pasar Indonesia sejak 2014-2015. Dimana saat itu TKDN untuk ponsel 4G belum dicanangkan negara kita. Nah,, sekarang 2017 TKDN sudah resmi jadi otomatis ketika dilakukan Update MIUI maka terkena  otoritas TKDN. Untuk info lebih lanjut silahkan search saja.

Selanjutnya, electoro esse memutuskan bahwa ini hilangnya 4G fix karena sofware ponsel tersebut yang diupdate. Dan,,eksekusi,,wajib diketahui yang akan disampaikan ini bukan tutorial namun hanya share pengalaman saja. Tidak dianjurkan untuk coba-coba, yang kami lakukan adalah permintaan pemilik ponsel karena yang punya ponsel sudah pasrah paket internet 4Gnya tidak terpakai.

Berikut  electoro esse sampaikan perbedaan hasil flashing rom berbagai versi dengan ROM Global Stabil. Untuk rom global stabil xiaomi melakukan update hampir setiap bulan dalam bentuk versi release (v).
  • Flashing rom v7.3.6.0 sampai v8.5.2.0. Hasil 4G tetap tidak muncul, prioritas jaringan hanya tersedia 3G dan 2G , untuk fungsi fitur lainnya normal semua.
  • Flashing rom v7.1.7.0 sampai v7.2.3.0. Hasil 4G bisa digunakan dengan baik, 3G GSM juga dapat difungsikan dengan baik. Akantetapi indikator baterai tidak ada, jika charging hanya tampil mines dua persen (-2%) dan tidak berubah dalam kondisi baterai kosong maupun penuh. Jadi tidak tahu kapasitas baterai yang tersimpan ada berapa volt (%).
  • Flashing rom  v7.3.2.0. Hasil semua sinyal tidak ada ( tidak ada semua 4G, 3G, GSM). Indikator baterai tampil normal.
  • Khusus  flashing rom v7.3.6.0. Hasil 3G dan 2G normal. Indikator baterai normal. Untuk 4G tidak ada menu, hanya masih bisa diseting manual melalui kode *#*#4636#*#* dial phone. Namun ada kekurangan: ketika ponsel direboot maka setingan hilang, ketika kartu SIM diganti setingan 4G hilang, saat diset 4G tidak dapat digunakan untuk menelepon, SMS dan cek pulsa. Tentu sangat menyulitkan penggunaan dan tidak efektif.
Melihat hasil flashing diatas cukup membuat putus asa rasanya. Namun setelah minum kopi didapatlah pencerahan dan menemukan celah apakah gerangan yang membuat bisa begitu berpengaruh. Fokus electoro esse ada di rom v7.3.6.0 dan v7.3.2.0, yang lainnya kami kesampingkan dahulu.

Dalam gambar dibawah ini adalah hasil ekstrak rom v7.3.6.0 dan v7.3.2.0. Hampir semua file sizenya sama hanya NON_HLOS.bin yang berbeda. NON_HLOS adalah tempat menyimpan pengaturan modem dan jaringan (perhatikan yang diberi tanda kotak merah). Berdasar hasil flashing kami putuskan untuk mengganti file NON_HLOS.bin rom v7.3.2.0 dengan file NON_HLOS.bin rom v7.3.6.0. Sesudah diganti selanjutnya kami gunakan rom v7.3.2.0 untuk falshing ke ponsel.
 
non_hlos.bin redmi note 3
Hasil flashing ini cukup memuaskan seperti yang diharapkan, pengaturan jaringan LTE preferred ada, 3G 2G ada, indikator baterai normal, fungsi fitur lainnya juga berfungsi dengan baik. Kuncinya jika menggunakan rom ini yaitu jangan diupdate, karena setelah diupdate pasti jaringan 4G terkunci kembali.
Catatan:
  • Kasus ini hp kondisi belum Unlock bootloader dan tidak perlu melakukan unlock bootloader dahulu.
  • Proses  flashing dilakukan melalui fasboot dan edl mode.
  • Khusus Chipset Snapdragon Qualcomm bukan MTK.
  • Rom Global Stabil.
  • Semua link belum diupload, untuk informasi rom  dan cara flash fasboot silahkan kunjungi en.miui*com.
  • Tidak dianjurkan untuk coba-coba, resiko kerusakan ponsel menjadi lebih parah(matitotal) karena membaca kiriman ini dan atau kesalahan human error bukan merupakan tanggung jawab kami.



Comments