Tv China Menyempit Kanan Kiri

Tampilan dilayar menyempit kanan kiri, gambar ada dan suara normal. Lebih tepatnya dapat dilihat di gbr.01 layar menyempit kanan kiri.. Kategori kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh rusaknya komponen dirangkaian horisontal, karena rangkaian ini bekerja untuk membuka layar kanan kiri adalah rangkaian horisontal.



Setelah penulis memastikan semua tegangan kerja terukur normal dan resolder ulang, penulis melanjutkan perburuan komponen yang diduga ada salah satu yang rusak.

Gbr.01 layar menyempit kanan dan kiri.

Kebetulan penulis memiliki skema yang sama, dimana rangkaian menggunakan EW circuit. Sehingga ini sangat membantu pengamatan. 


Sambil mengamati skema, seruput kopi dan menghisap rokok dahulu, hehe. Benar efek kopi memang luar biasa, kopi masuk keperut otak pun bekerja ,, tak lama kemudian diketemukan induktor L301 410uH. L301 mengalami kerusakan biasanya karena panas yang dihasilkan saat televisi bekerja. Bila komponen ini putus akan mengganggu kerja horisontal karena rangkaian sebelum dan sesudah pun terputus. Gambar yang dihasilkan menjadi tidak linear. Untuk perbaikan lilitan induktor bisa diganti dengan nilai yang sama. Jika tidak dapat maka bisa digulung ulang sampai nilai 410uH.


Berikut gambar potongan skema horisontalnya.

Gbr skema bagian horosontal.


Tambahan: Untuk kerusakan tampilan hanya bergaris tegak lurus dari atas kebawah (tiang listrik), biasa disebabkan oleh rusaknya kapasitor C441 dan C437. Demikian dahulu yang bisa dituliskan dimalam yang sedang gerimis ini.

Comments

  1. Tidak perlu di bawa ke service.cukup cek di pengaturan gambar cari kata ratio di situ ad pilihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tv lcd led plasma fitur ini tersedia. untuk tabung fitur ini belum ada.

      Delete
  2. Enter your comment...tukang servis ya ndk laku hhhhhh

    ReplyDelete
  3. salam sukses gan, saya mau tanya. berapa nilai resistor R412 pada skema??? saya lagi servis tivi cina 29 inci slim, merek mmrs Marushin. R 412 hangus. trim sebelumnya gan....

    ReplyDelete
  4. Gan mohon bantuan nya berapa nilai r 412

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. om r412 patah tv nyala tapi gambar tiang listrik...kl dpasang malah protek dioda aman a940 juga aman.ap lagi yg perlu dicek?

      Delete
    2. TV apa gan? kalau cina jarang protek (tidak tertanam sistem protek). kalau tv jadi gagal start maka periksa catudaya 115v dan rangkaian keseluruhan di horisontal.

      Delete
  6. Trimakasih banyak.sangat membatu.

    ReplyDelete
  7. mas, boleh minta skemanya yang diatas mas?? yang komplit,terimakasih

    ReplyDelete
  8. Punya sy jg sama gambar kayak tiang listrik, b+ pas standby normal, tp jika sdh start terus turun dan tr horizontal nya panas sekali, dan Yorke nya di tambah trafo gantung. Mohon bantuannya bosku spy gambarnya normal dan tr nya tdk terlalu panas. Terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih