Televisi Digitec Ninja 14 inch Susah Menyala

Cerita penulis ini sebenarnya sudah lebih dari dua tahun yang lalu. Namun karena masih ada di dalam catatan kecil akhirnya penulis sempatkan untuk menuliskannya ke dalam blog electoro esse ini. Ketika itu mendapat servis panggilan untuk memperbaiki televisi digitec ninja 14inchi . Tv ini menggunakan ic chroma stv2282. Dengan keluhan susah dinyalakan.


Langkah yang saya lakukan.
  • Buka kesing.
  • Membersihkan debu dengan kuas.
  • Sambil bersih-bersih terlihat kaki elko 22uF160v basah yang paralel dengan elko 100uF160v. ( elko ini berada dijalur b+ 115v).
  • Sesudah bersih, saya lakukan pengukuran nilai resistansi setiap bagian output sekunder regulator terhadap ground. Hal ini selalu saya lakukan untuk mengetahui apakah tegangan keluaran regulator mengalami korsleting atau tidak.
  • Setelah pasti tidak ada hubung singkat di output regulator kemudian saya mengganti elko 22uF160v dikarenakan sudah bocor.
  • Kemudian saya menghidupkan pesawat televisi sambil melakukan pengukuran tegangan.
  • Belum sempat melakukan pengukuran seluruh tegangan kerja mesin,, mesin hidup 3 detik kemudian kembali standby.
  • Kemudian saya test ukur tegangan disaat standby dan saat bisa on selama 3 detik. 
  • Hasil pengukuran posisi standby. 115V standby = ok. 5V standby = ok.
  • Hasil pengukuran posisi power on. 115V on = ada, tetap tidak drop. 5V on = ada tetap. +14V on = ada (vcc vertikal) ada sesaat 3 dtk. -14V on = ada (vcc vertikal) ada sesaat 3 detik. 50V on = terukur 30v,,,,
  • Akhirnya ketemu juga yang menjadi penyebab 3 detik standby lagi, yaitu bagian 50V dimana dibagian ini ditemukan 2 buah elko 10uF63v dan 22uF 63v yang kering sehingga tidak mampu lagi menjadi filter tegangan AC yang telah disearahkan. Tegangan 50v ini digunakan untuk horisontal driver Transformator. Setelah  penggantian ketiga elko tersebut diatas akhirnya televisi dapat menyala dengan normal.
Demikian dahulu untuk kisah memperbaiki televisi digitec ninja dengan keluhan sulit dinyalakan. Semoga membantu untuk yang sedang membutuhkan. Jangan lupa juga untuk membaca kiriman lain dari blog electoro ini.

Comments

  1. Slm knl smua
    Saya adh masl dgn tv digitec awalx normal setlh off 3 jm tvx stanbay terus
    Saya servis begitu jg kejdianx
    Mhon bntuanx

    ReplyDelete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih