Iphone 3GS lampu led lcd mati

Beberapa waktu lalu penulis berkesempatan membenahi ponsel iphone 3gs dengan keadaan gambar ada, layar sentuh bekerja namun lampu led lcd tidak menyala.

yang dilingkari lingkaran merah adalah induktor dan ic driver led lcd 

Setelah googling kesana kemari akhirnya nemu skema dan setelah diperhatikan ternyata sistem kerja driver led ponsel iphone ini menyerupai sistem kerja pada ponsel blackberry.

Led Lcd dirangkai seri dengan 6 buah led, sesuai rujukan datasheet lampu led untuk satu led akan bekerja/menyala jika mendapat tegangan sekitar 2v. Dengan begitu layar keseluruhan lampu led ini akan menyala jika tegangan ada berkisar 9-12v karena dirangkaikan seri.


Sementara saat dilakukan test point di ujung led ini hanya mendapat tegangan 3v, sesuai skema tegangan 3v ini hanya tegangan standby. Pengukuranku pun berlangsung merujuk ke induktor dan IC driver led. Dimana induktor berfungsi sebagai tranformator penaik tegangan, sementara ic driver sebagai oscilator dan juga control besar kecil tegangan output berdasar perintah cpu.


Benar saja setelah diukur hambatan induktor sudah berubah nilai, setelah penggantian induktor tegangan saat ponsel on pun keluar 12v sehingga lampu led lcd menyala. Induktor dan Ic driver led lcd digambar ditunjukkan oleh lingkaran merah.





Comments

  1. Gan jadi kalo saya kena kasus yang sama saya harus gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diservis gan kalau ingin benar kembali, hehe. Cek jalur, led lcd, komponen dan tegangan kerjanya. Terimakash

      Delete
  2. Mas saya juga mengalam hal serupa. Iphone 6, tapi saya disurih ganti ic lightnya. Kira2 kalo diganti udah pasti balik lagikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sudah diperiksa oleh teknisi dan sudah diketahui penyakitnya ada di ic tersebut maka bisa dipastikan setelah pergantian akan normal kembali. Terimaksih.

      Delete

Post a Comment

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, mohon untuk tidak menyertakan nomor telepon, alamat, email dan link aktif didalam komentar, karena akan dihapus. Terimakasih